Tanggal:21 February 2024

Kpopers Wajib Lihat! Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan

Annyeonghaseyo chingudeul! Teman-teman disini adakah yang suka k-drama atau boygroup girlgroup yang berasal dari negeri gingseng? Korean Wave memang sudah lama terkenal banget Indonesia. Bisa dibilang bahwa negara Korea Selatan dikatakan berhasil karena sudah menjadi pusat perhatian di dunia karena mereka berhasil memperkenalkan budayanya ke kancah internasional termasuk ke negeri kita Indonesia itu sendiri. Di Indonesia itu sendiri, terlihat banyak sekali orang-orang yang tergila-gila tentang hal yang berbau korea selatan itu. Hingga tak jarang dari salah satu penggemar tersebut yang rela menghabiskan uang mereka untuk menyaksikan sendiri langsung ke asalnya. Fenomena tersebut menjadikan kesempatan negara Korea Selatan untuk membuat berbagai destinasi wisata bagi para penggemar luar yang ingin berkunjung. Di tempat tersebutlah tak jarang kita temui turis asing yang bukan berasal dari benua asia saja, tetapi dari benua lainnya juga datang berkunjung untuk menonton Korean Pop sendiri. 

Bagi penggemar Korean pop sendiri tentunya pasti memiliki keinginan untuk mendatangi secara langsung idola mereka bukan? Dalam hal ini biasanya wisatawan berdatangan pada musim semi ataupun gugur. Tak jarang juga banyak wisatawan berdatangan pada musim dingin. Padahal biaya yang dikeluarkan saat berlibur pada musim dingin lebih besar. Hal itu rela dilakukan demi merasakan sensasi salju di negeri ginseng yang sangat cantik dan indah.

Namun jika teman-teman berencana untuk liburan tetapi bingung mau ke tempat wisata mana saat di Korea Selatan nanti. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Korea Selatan untuk Kpopers. Berikut rekomendasi dari tempat wisata di Korea Selatan menurut sahabat Vocasia!

1. SMTown Family Wajib ke SMTown Coex Artium

Bagi teman-teman yang sudah kenal dengan SM Entertainment mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa group terkenal seperti Super Junior, SNSD, EXO, Red Velvet, NCT, Aespa dan banyak lainnya yang menjadi idola setiap Kpopers. Gedung yang didirikan oleh SM Entertainment terletak di tengah pusat kota Seoul memberikan kesempatan bagi fans yang ingin berjumpa ataupun melihat museum barang-barang yang berkaitan dengan idolanya. Gedung yang terdiri dari enam lantai tersebut juga menyediakan SMTown Studio untuk melihat secara langsung bagaimana penampakan dari ruang rekaman, ataupun studio untuk latihan menari bagi artisnya.

2. Memandangi Kota Seoul dari Namsan Tower

Selanjutnya tempat yang wajib dikunjungi oleh fans Kpop adalah Namsan Tower. Tidak hanya untuk fans Kpop saja, tetapi pecinta Kdrama juga wajib mengunjungi tempat tersebut karena tempat tersebut merupakan tempat yang seringkali terlihat pada drama korea yang sering kita lihat. Namsan tower seringkali digunakan sebagai tempat lokasi shooting untuk drama korea dan juga acara reality show. Tak hanya itu, menara dengan tinggi 240 meter juga memiliki cerita unik yang berkembang. Konon katanya jika kita memasangkan gembok yang bertuliskan nama kita dan pasangan kita maka akan dipercaya hubungannya akan langgeng. Oleh karena itu, Namsan Tower juga menjadi spot romantis bagi pasangan yang sedang mencari tempat bulan madu di Korea Selatan.Namsan Tower akan terlihat sangat cantik ketika malam hari karena disini kita bisa melihat penampakan lampu dari gedung-gedung tinggi kota seoul. Untuk itu waktu yang tepat untuk berkunjung ke Namsan Tower adalah pada sore menjelang malam hari.

3. Cheongdam Village Tempat Berkumpulnya Gedung Agensi Terkenal

Tempat selanjutnya yang wajib didatangi adalah Cheongdam Village. Mungkin salah satu alasan kalian untuk datang ke negeri gingseng tersebut untuk bertemu idola kalian bukan? tentunya lokasi Cheongdam Village ini merupakan tempat dimana perusahaan dan juga entertainment di Korea Selatan berkumpul. Letaknya yang berada di Seoul menjadikannya lokasi strategis dimana perusahaan seperti SM Entertainment, CUBE dan juga ada JYP Entertainment didirikan. Perusahaan tersebutlah yang menaungi para idola kalian bukan? Hal inilah menjadi alasan tempat yang wajib dikunjungi di Seoul dan jika beruntung maka kalian bisa saja bertemu dengan artis idolamu itu.

4. Pusat Perbelanjaan Terkenal di Myeongdong

Selanjutnya yaitu spot favorite yang tak hanya kpopers ataupun kdrama lovers saja yang wajib dikunjungi tetapi seluruh wanita yang gemar berbelanja juga harus datang mengunjungi. Myeongdong itu sendiri merupakan salah satu tempat distrik di pusat kota Seoul yang merupakan pusat untuk membeli baju fashion ataupun pernak pernik lainnya di Korea Selatan. Disini tidak hanya brand-brand terkenal saja yang tersedia tetapi banyak juga brand lokal yang menarik dengan tentunya harga yang lebih murah. 

Ada begitu banyak pedagang yang menjajakan barang dagangannya untuk ditampilkan ke para pembeli. Tidak hanya fashion baju saja yang dijual disini, tetapi kalian juga bisa menemukan kosmetik, make up untuk memanjakan mata para wanita yang ingin memiliki kosmetik sama dengan idola nya. Pernak-pernik kecil untuk buah tangan untuk dibawa pulang.

5. Taman Bersantai Yeouido Hangang

Taman Yeouido adalah taman yang terkenal di Seoul. Hal ini dikarenakan letaknya bersebelahan dengan sungai Han. Taman ini juga merupakan taman terbesar di kota Seoul. Pada taman tersebut juga terdapat taman hijau , gedung milik pemerintahan, pusat keuangan, gedung perusahaan, dan juga stasiun penyiaran media. Taman ini juga menyediakan berbagai acara yang menarik pada tiap tahunnya. Seperti festival kembang api dunia pada musim gugur, festival bunga cherry pada musim semi, konser artis kpop.

Taman Yeouido juga sangat terawat dan juga menjadi salah satu pusat pembelajaran bagi siapa saja yang berkeinginan untuk belajar tentang alam dan ekologi. Lalu selanjutnya terdapat proyek pembangunan sungai Hangang dalam membuat wahana atraksi baru seperti lapangan cahaya air, pertunjukan pesisir, air mancur pesisir, lapangan festival, jalanan air piano, cahaya air terjun, yacht marina dan masih banyak lagi. Jika berkesempatan untuk mendatangi Taman Yeouido Hangang maka sangat disarankan untuk menyewa sepeda untuk menyusuri sepanjang sungai Han. Hal ini akan menghilangkan beban stress melalui udara di sekitar Taman Yeouido dan sungai Han yang segar.

6. Tempat Bersejarah di Istana Gyeongbokgung

Istana Gyeongbokgung merupakan salah satu istana terbesar dari lima istana yang pernah dibangun oleh Dinasti Joseon. Gyeongbokgun terletak di sebelah utara kota Seoul ini merupakan salah satu tempat bersejarah karena dibangun pada tahun 1395. Gyeongbokgung juga memiliki pemandangan yang indah karena berhadapan dengan Gunung Baegaksan.

Lalu di sebelah selatan dari istana tersebut terdapat salah satu tempat bersejarah juga yaitu Gwanghwamun square. Gwanghwamun square hanya berjarak kurang dari 100 meter dari Gyeongbokgung. Hal tersebut dianggap bersejarah karena pada Gwanghwamun square terdapat monumen patung Raja Sejeong. Raja Sejeong adalah raja yang menciptakan tulisan aksara hangul yang digunakan sebagai penulisan bahasa korea. Karena itulah, Raja Sejeong  dianggap sebagai tokoh militer dan pahlawan bagi negara Korea Selatan. Bagi yang suka pada wisata sejarah maka Gyeongbokgung Palace sangat cocok sekali karena disini kita bisa menyewakan pakaian adat (hanbok) untuk merasakan sensasi hidup di zaman Dinasti Joseon.

Mungkin cukup sekian dari rekomendasi tempat wisata di Korea Selatan untuk Kpopers. Tentunya jika kalian ingin berkunjung ke negeri ginseng tersebut pasti harus memiliki bekal minimal menguasai bahasa korea itu sendiri bukan? buat kalian yang tertarik dalam belajar bahasa korea maka kalian bisa menggunakan kursus disini https://bit.ly/42uXnJE dan untuk mendapatkan pelatihan skill lebih kalian bisa kunjungi ke https://vocasia.id/

Penulis : Elsha Eriadisvi – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *