Tanggal:22 February 2024
kegiatan saat menganggur

Lakukan Kegiatan Ini Agar Produktif Saat Menganggur!

Jumlah pengangguran di Indonesia terus bertambah di setiap tahunnya. Pengangguran ini biasanya berasal dari orang-orang yang baru lulus sekolah atau kuliah (fresh graduate), orang-orang yang baru saja resign dari pekerjaannya, ataupun yang baru di-PHK. Apakah kalian termasuk salah satu dari tiga tersebut?

Bagi sebagian orang, menjadi pengangguran merupakan ujian hidup yang cukup berat dijalani. Namun, kamu dapat mengambil hikmah dari masa-masa kelam tersebut. Kamu perlu mengubah masa pengangguran menjadi sebuah kesempatan untuk bisa fokus meningkatkan kualitas diri dan mencoba hal lain yang belum tentu bisa kamu coba saat sibuk sekolah atau bekerja.

Lalu, kegiatan apa yang harus dilakukan di saat menganggur supaya kita tetap produktif? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

1. Mengikuti kursus atau kelas pelatihan

kegiatan saat menganggur

Image Source: KitaLulus

Kegiatan produktif yang wajib kamu lakukan saat menganggur adalah mengikuti kursus atau kelas-kelas pelatihan. Selain untuk self-improvement, kamu juga dapat menambah kualitas CV-mu. 

Ikutilah kursus yang dapat menambah skill yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu incar. Kalau kamu sedang mengincar pekerjaan di suatu bidang, maka ikutilah kursus yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Keuntungan lain ikut kursus adalah bisa memperluas relasi yang sesuai dengan passion kamu.

Dengan kursus online di Vocasia, kamu bisa meningkatkan skill baru dalam bidang apapun karena pilihan kursusnya yang banyak. Untungnya, Vocasia saat ini memiliki promo JURAGAN (Juni Beragam Diskon) dari tanggal 8 – 21 Juni 2023 untuk berbagai kursus dengan hanya Rp26.000-, saja! Materinya juga sangat lengkap dan kamu akan mendapatkan sertifikat jika telah menyelesaikan kursus. Tunggu apalagi? Daftar sekarang sebelum promo berakhir! Klik gambar di bawah ini atau kunjungi vocasia.id untuk melihat kursus lainnya.

kegiatan saat menganggur

2. Mencoba hal-hal baru 

kegiatan saat menganggur

Image Source: Sodexo

Cobalah hal-hal yang selama ini tertunda atau belum pernah kamu lakukan karena kesibukanmu. Kamu bisa coba belajar menjahit, melukis, bermain musik, atau yang lainnya. Mungkin saja beberapa dari kegiatan yang kamu lakukan dapat menjadi hobi barumu dan nilai jual-mu sebagai seorang pencari kerja juga akan bertambah dengan menekuni hobi baru tersebut.

3. Menekuni Hobi

kegiatan saat menganggur

Image Source: KoinWorks

Kamu juga bisa mulai berbisnis dari hobi yang telah kamu miliki. Sudah banyak orang-orang yang sukses karena menyulap hobinya menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Jika kamu menjalin hubungan dengan orang-orang yang menekuni hobi yang sama, kamu dapat memanfaatkan hobi sebagai wadah mencari relasi. Atau bisa jadi, interviewer di tempat kamu melamar punya hobi yang sama denganmu dan kamu bisa lolos interview pekerjaan karena adanya ketertarikan personal antara interviewer dengan pelamarnya.

4. Menjadi volunteer

kegiatan saat menganggur

Image Source: Prisma Profesional

Isilah waktu senggang di saat menganggur dengan mendapat pengalaman berharga membantu sesama, seperti menjadi sukarelawan atau volunteer. Saat ini sudah banyak tersedia program volunteer di Indonesia, mulai dari yang diselenggarakan oleh organisasi non-profit, oleh pemerintah, ataupun oleh perorangan.

Banyak perusahaan yang menyukai pelamar dengan pengalaman volunteering, tidak hanya orang yang mampu bekerja dengan baik. Menjadi volunteer menunjukkan bahwa kamu adalah orang berkarakter, berintegritas, dan peduli terhadap orang lain.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapat pengalaman bekerja dalam tim, mengasah keterampilan komunikasi sekaligus memperluas jangkauan relasi.

5. Menyempatkan waktu untuk berolahraga

kegiatan saat menganggur

Image Source: Astronauts

Kegiatan satu ini juga menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menghabiskan hari-harimu saat menganggur. Berolahraga baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental-mu. Rutin berolahraga juga mampu menjaga pikiranmu untuk tetap positif. Saat olahraga tubuh-mu akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membuatmu merasa lebih baik.

6. Menjalin relasi dan menciptakan koneksi sebanyak mungkin

kegiatan saat menganggur

Image Source: Cermati

Luangkanlah waktumu untuk menemui teman-teman, jangan cuma berdiam diri dirumah. Berusahalah untuk menjaga hubungan dengan orang-orang di sekitarmu dan ciptakan kesan yang baik. Salah satu dari mereka mungkin saja memiliki lowongan pekerjaan yang cocok untukmu.

Selain itu, coba ikutilah beberapa komunitas atau organisasi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jangan malu untuk bertemu orang baru. Peluang karir dapat lebih terbuka seiring dengan kamu mengenal orang-orang baru.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi kamu yang masih mencari pekerjaan. Ingatlah, menganggur dapat menjadi sebuah kesempatan untuk kamu memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi, yuk coba lakukan beberapa hal di atas sambil terus mencari info lowongan pekerjaan! Tetap semangat, ya! Jika punya pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Penulis : Dwi Puspita Maharani – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *