Tanggal:12 May 2024
Manfaat Investasi Untuk Kehidupan Jangka Panjang

Manfaat Investasi Untuk Kehidupan Jangka Panjang

Beberapa tahun belakangan ini, generasi muda semakin memiliki kesadaran akan pentingnya kondisi keuangan yang sehat, yang mana salah satunya melalui aktivitas investasi. 

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Sedangkan menurut wikipedia, Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Ada banyak contoh investasi seperti saham, deposito, sukuk, obligasi, tabungan, asuransi, reksadana, perusahaan fintech, crypto. Bentuk lainnya misalnya pembelian tanah, perhiasan dan emas, serta investasi pada bisnis yang dijalankan

Investasi memiliki manfaat yang bisa mengubah kehidupan seseorang secara drastis terlepas apapun instrumennya.

Berikut merupakan manfaat investasi jangka panjang :

1. Menghindarkan Kita dari Inflasinflasi terjadi hampir setiap tahun. Keadaan ini membuat nilai mata uang selalu mengalami penurunan.

Agar bisa menghindari keadaan tersebut, tingkat suku bunga tabungan harus lebih tinggi ketimbang persentase inflasi. Namun saat ini, tingkat suku bunga tabungan tergolong rendah dan tidak bisa mencukupi naiknya persentase inflasi. Oleh karena itu, investasi menjadi salah satu sarana buatmu agar terhindar dampak inflasi. Melalui manajemen investasi yang baik, kamu bisa meningkatkan pertumbuhan uang hingga mengalahkan tingginya laju inflasi.

2. Meningkatkan Nilai Uang

Masih melanjutkan topik di atas, investasi juga dapat meningkatkan nilai uang. Coba pikirkan hal ini: Ketika kamu menabung di bank, uang tersebut akan terus tergerus seturut waktu. Sebab, bunga yang diperoleh hanya cukup untuk membayar biaya administrasi. Ditambah lagi, uang yang kamu diamkan dalam tabungan akan berubah menjadi uang pasif.
Melalui investasi, kamu mengelola uangmu dan bisa meningkatkan nilai uang yang kamu miliki. Uangmu akan jadi lebih bermanfaat dan menguntungkan dalam jangka panjang. Contohnya, jika kamu berinvestasi emas, maka harga emas akan naik secara jangka panjang.

3. Menambah Sumber Penghasilan

Investasi tidak diragukan akan menambah penghasilan. Contoh, ketika kamu mendapatkan gaji bulanan, kamu bisa menyisihkan sedikit uangmu untuk berinvestasi.Sehingga, penghasilanmu nanti akan datang dari berbagai sumber. Kamu pun tidak lagi tergantung pada gaji bulanan. Jumlahnya bisa bervariasi tergantung seberapa pintar kamu mengaturnya. Semakin kamu paham dan mampu memprediksi peluang, semakin besar kemungkinan kamu dapat meningkatkan nilai uang melalui persentase keuntungan.

4. Mendapatkan Efek Compounding

Saat berinvestasi, kamu berpeluang memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan efek compounding. Efek compounding atau bunga bergulung adalah bunga yang diperoleh dari hasil investasi sebelumnya yang kamu investasikan lagi dan menghasilkan bunga kembali. Atau kondisi ketika kamu mendapatkan pengembalian modal beserta keuntungan dan bunganya, kamu bisa menginvestasikan modal itu lagi maka bunga yang tadi kamu peroleh akan kembali menghasilkan bunga. Dengan kata lain, melalui investasi jangka panjang kamu bisa menghasilkan pendapatan dari pendapatan sebelumnya.

5. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

Berinvestasi dapat membantumu mempersiapkan modal untuk kebutuhan di masa depan. Sebut saja biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain. Melalui investasi, kamu bisa mengatasi peningkatan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

6. Pensiun Lebih Siap

Tentu kita tidak akan bekerja seumur hidup. Maka dengan investasi kamu bisa mempersiapkan masa depanmu. Selagi muda, persiapkanlah masa depanmu dengan baik. Selain menabung, kamu juga bisa berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding untuk mempersiapkan dana pensiun.

7. Mencapai Financial Freedom

Financial Freedom adalah kondisi di mana kamu merdeka secara finansial. Artinya, penghasilanmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini bisa diraih dengan banyak cara. Salah satunya adalah investasi. Melalui investasi yang baik kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang sangat singkat. Namun, Ingatlah bahwa semakin tinggi untung semakin tinggi pula tingkat resikonya. Oleh karena itu, kamu harus mengatur investasimu sebaik mungkin ya!

8. Membuka Wawasan

Selain bermanfaat untuk finansialmu di masa depan, berinvestasi juga bermanfaat untuk dirimu sendiri sebagai individu. Menjadi seorang investor akan membuatmu memiliki banyak relasi. Wawasanmu tentang ekonomi dan finansial pun akan semakin luas. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan menjadi seorang perencana keuangan yang handal.

9. Melatih Mengambil Keputusan

Saat sedang berinvestasi, secara tidak langsung kamu akan mulai memikirkan prencanaan investasi. Kamu pun harus bisa mengambil keputusan finansial. Berbagai masalah yang akan kamu hadapi akan mengasah kemampuanmu analisamu. Wawasan dan pengetahuanmu tentang investasi pun akan bertambah seiring waktu.

10. Lebih Bertanggung Jawab

Tanggung jawab adalah salah satu hal yang bisa kamu asah ketika berinvestasi. Kamu akan dipaksa untuk bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang kamu buat. Contoh, ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi di salah satu perusahaan, maka kamu harus bisa bertanggung jawab bila terjadi kerugian dengan membuat back-up plan seperti cut loss atau diversifikasi investasi.

Penulis: Alya Febriyanti (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *