Tanggal:08 September 2024

Sudah Tahu Apa Manfaat SNI? Berikut Penjelasannya!

Pernahkah kamu mendengar istilah SNI? Mungkin selama ini kita seringkali melihat tulisan SNI tersemat di beberapa barang yang kita miliki, contoh paling umumnya adalah helm yang biasa kita pakai untuk berkendara motor. Sebagai seorang konsumen, kamu tentu akan memilih produk yang telah memiliki sertifikasi sehingga terjamin kualitas dan keamanannya. Sementara dari sisi penjual, tentunya kamu ingin menghasilkan produk yang dapat bersaing dengan produk lain serta memiliki keunggulan kualitas yang akan meningkatkan kepercayaan dan minat beli konsumen.

Lalu, sebenarnya apa itu SNI? Apa manfaat SNI yang akan kita dapatkan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian SNI

Standar Nasional Indonesia atau SNI adalah standar yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang mana berlaku di Indonesia. Untuk merumuskan standar tersebut, terdapat Komite Teknis Perumusan SNI yang berperan dibaliknya. Komite tersebut terdiri dari beberapa stakeholder mulai dari pemerintah, akademisi, para ahli, serta kalangan industri yang telah berkompetensi di bidangnya. Komite teknis ini juga didukung leh sekretariat komite teknis yang tersebar di semua lembaga serta kementerian pemerintah Indonesia.

Helm yang Sudah SNI (Sumber: freepik.com)

Apabila suatu produk masuk ke dalam daftar wajib SNI seperti helm, sepeda, dan lain sebagainya maka pelaku usaha harus mendapatkan sertifikasi SNI untuk produk tersebut sebelum dapat mengedarkannya. Apabila produk tersebut tidak memiliki sertifikasi SNI, maka pelaku usaha tidak diperbolehkan memperdagangkan produk tersebut di Indonesia. Sementara itu, untuk produk yang berada di luar daftar wajib SNI tidak ada larangan edar atau diperjualbelikan meski tidak memiliki sertifikasi SNI. Hanya saja penjual tetap harus memperhatikan kualitas produk agar tetap baik di mata konsumen.

Manfaat SNI Bagi Produk dan Perusahaan

Manfaat SNI Bagi Produk dan Perusahaan (Sumber: freepik.com)

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, produk yang sudah tersertifikasi SNI tentunya sudah terjamin mutu, kualitas, serta keamanannya. Hal ini akan memberikan angin segar serta citra yang baik bagi produk serta perusahaan. Secara lebih rinci, berikut adalah manfaat yang akan didapat jika suatu produk telah memiliki label SNI.

Baca juga: Rahasia Sukses Bisnis Franchise Mixue!

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Produk yang sudah jelas kualitasnya tentu akan membawa nama bik bagi perusahaan. Konsumen akan melihat perusahaan sebagai produsen yang mampu memproduksi produk-produk yang terpercaya dan berkualitas. Dengan begitu, citra perusahaan dapat meningkat. Hal inilah yang nantinya akan mampu menambah tingkat kepercayaan konsumen dengan produk berlabel SNI karena konsumen tidak perlu merasa ragu membeli produk yang sudah jelas kualitas dan keamanannya.

2. Mampu Meningkatkan Daya Saing Produk

Meningkatkan Daya Saing Produk dengan Sertifikasi SNI (Sumber: freepik.com)

Produk yang sudah berlabel SNI tentunya sudah boleh diedarkan dan diperdagangkan secara luas di Indonesia karena telah memenuhi kualitas standar Indonesia yang ditetapkan oleh komite teknis. Hal itu memberikan validasi serta sinyal bahwa produk tersebut mampu bersaing di dunia industri serta kompetitor dan tidak kalah dengan barang dari produsen yang lain.

3. Bisa Mengikuti Tender Pengadaan Barang dan Jasa

Perusahaan yang telah memiliki produk SNI akan mendapatkan peluang untuk bisa mengikuti tender pengadaan barang dan jasa yang ditawarkan oleh pemerintah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk para pelaku usaha yang ingin melebarkan sayap serta memperluas usahanya. Oleh karena itu, mengurus SNI bisa menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengembangkan bisnis kamu.

4. Menjamin Standar Keamanan dan Kesehatan Produk

Untuk bisa memiliki sertifikasi SNI, sebuah produk harus memiliki serta memenuhi standar keamanan dan kesehatan yang tinggi. Banyak di antara alat-alat yang berhubungan dengan kesehatan harus memiliki sertifikasi SNI. Begitu juga dengan produk-produk yang berkaitan dengan keselamatan seperti produk untuk pembangunan, produk untuk berkendara, dan lain sebagainya. Memiliki label SNI dapat memberikan jaminan keamanan dan kesehatan bagi produkmu sehingga mampu mendapat kepercayaan konsumen.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Nail Art

5. Berguna Bagi Keperluan Pengembangan Ekonomi Nasional

Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional dengan SNI (Sumber: freepik.com)

Dengan diterapkannya sistem wajib SNI bagi beberapa produk, pemerintah berharap mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal tersebut tidak lain lantaran para pelaku usaha akan berlomba-lomba untuk terus berusaha meningkatkan kualitas produknya agar bisa memperoleh sertifikasi SNI. Peningkatan kualitas inilah yang nantinya dapat menghidupkan persaingan dan geliat ekonomi nasional.

6. Peningkatan Keamanan Bagi Negara

Manfaat lain yang juga akan didapatkan dengan penggunaan label SNI adalah melindungi negara dari barang-barang asing yang masuk dan beredar di pasaran dengan kualitas yang belum diketahui secara jelas. Penggunaan label SNI secara tidak langsung menjadi cara bagi pemerintah untuk melakukan pembatasan agar barang dari luar negeri yang tidak jelas kualitasnya tidak sembarangan masuk dan diedarkan di Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Bisnis MLM?

7. Menciptakan Persaingan Usaha yang Lebih Sehat

Keuntungan yang didapatkan dari mengurus SNI ialah kemungkinan untuk terjadinya persaingan usaha yang lebih sehat khususnya untuk produk dan jasa dengan bidang yang serupa. Hal ini akan membuat para produsen yang menjual produk dengan syarat wajib SNI akan bersaing dalam memberikan yang terbaik agar dapat memenuhi standar SNI dan dapat diperjualbelikan. Sebagai contoh adalah produk helm yang wajib berlabel SNI.

Dari ulasan di atas kamu dapat menyimpulkan dengan jelas betapa banyak manfaat dari adanya sertifikasi SNI baik bagi produk maupun bagi perusahaan dan konsumen. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan strategi lain agar produk milikmu semakin dikenal dan dipercaya oleh konsumen melalui Strategi Pemasaran Digital Marketing berikut ini!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *