Tanggal:16 May 2024

Retinol : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Efek Samping

Untuk kamu kaum wanita, menjaga penampilan penting bukan? Penampilan tidak hanya pada pakaian saja, loh! Melainkan penampilan wajah juga sangat penting. Terutama menjaga perawatan kulit wajah kamu perlu diperhatikan! Pasti kamu ingin wajah kamu sehat dan berkilau tentunya, kamu harus menggunakan skincare rutin agar kulit wajah kamu sehat.

Salah satu trend skincare yang belakangan ini semakin populer yaitu mengandung retinol. Sebenarnya kamu tahu tidak retinol itu apa? Lalu kandungan apa saja yang dimiliki retinol? Memang kebanyakan orang tidak tahu manfaat retinol itu apa. Jangan khawatir! Simak berikut penjelasan retinol secara lengkap!

Apa Itu Retinol? 

Apa itu retinol? (Sumber: Freepik)

Retinol adalah bahan aktif dari retinoid atau vitamin A yang banyak digunakan dalam produk skincare. Vitamin A memiliki banyak jenis turunan, namun, retinol turunan vitamin A yang masih murni. Kandungan senyawa ini memiliki banyak fungsi tentunya! Mulai dari mengatasi jerawat hingga kerutan pada kulit wajah kamu, loh!

Dilansir dari Health Harvard Edu awalnya pada 1970-an retinol digunakan sebagai obat jerawat, tapi belakangan ini para peneliti menemukan bahwa retinol bisa memudarkan bintik keratosis, meratakan warna kulit, dan mempercepat pergantian sel kulit.

Retinol menjadi salah satu produk anti-aging yang memiliki kemampuan merangsang produksi kolagen, produk ini juga memiliki kandungan yang dapat dibeli secara bebas, yang artinya tanpa resep obat. Tidak seperti obat jerawat turunan vitamin A lainnya, seperti adapalene dan tretinoin. Lalu apa saja fungsi serta manfaat dari retinol? Simak berikut ini!

Fungsi Dari Retinol 

Ilustrasi fungsi dari retinol (Sumber: Freepik)

Terdapat beberapa fungsi dari retinol sebagai kandungan dalam perawatan kulit, diantaranya: 

  1. Mengurangi munculnya garis-garis halus, keriput, pori-pori membesar yang dialami kulit wajah kamu 
  2. Mengurangi bintik hitam akibat paparan sinar matahari dan tanda-tanda kerusakan kulit lainnya yang biasa disebut photoaging 
  3. Meratakan tekstur kulit tidak merata, melasma, dan jenis hiperpigmentasi lainnya
  4. Membantu mengobati kulit berjerawat 

Nah, untuk kamu yang ingin mencapai hasil terbaik dari produk perawatan kulit yang mengandung retinol, gunakan secara rutin, ya! Agar menghasilkan peningkatan yang signifikan hasil akhir wajah kamu.

Manfaat Retinol

Mengoleskan vitamin A ke wajah kamu, memiliki banyak manfaat yang akan kamu rasakan, loh! Diantaranya:

Baca Jugahttps://vocasia.id/blog/manfaat-retinol-untuk-kulit-berjerawat/

1. Mengatasi kulit berjerawat

Manfaat retinol untuk kulit berjerawat (Sumber: Freepik)

Manfaat utama dari retinol adalah mengatasi jerawat. Perlu kamu ketahui, jerawat terjadi akibat adanya komedo yang mengalami peradangan. Dengan begitu, menggunakan retinol dapat membuat kulit bekerja dengan cara membersihkan pori-pori tersumbat yang meradang. 

Cara kerja retinol dengan membuka pori-pori kulit sehingga obat jerawat dapat meresap dengan baik ke kulit wajah, jadi tidak terjadi penyumbatan pori-pori yang menimbulkan jerawat. Untuk kamu yang mengalami kulit wajah berjerawat, boleh banget, nih, cobain produk retinol ini!

Baca JugaCara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Bahan Alami!

2. Mengontrol minyak berlebihan

Retinol juga salah satu produk yang cocok untuk kulit berminyak. Karena retinol memiliki kandungan yang bisa menurunkan aktivitas enzim pembentukan lemak, dengan begitu akan diproses menjadi minyak alami kulit atau sebum. Selain itu, kandungan dari retinol dapat membantu mengendalikan kelenjar minyak, sehingga produksi sebum tetap terkontrol dan kesehatan kulit wajah kamu tetap terjaga.

Baca JugaRekomendasi Skincare Lokal Untuk Berminyak dan Kusam!

3. Menunda penuaan pada kulit wajah

Retinol memiliki manfaat sebagai penundaan penuaan (Sumber: Freepik)

Seiring dengan pertambahan usia kamu, membuat produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, manfaat kolagen bagi kesehatan kulit untuk membuat kulit terasa lebih kenyal dan tampak awet muda tentunya. Jika kamu menggunakan retinol dengan sangat rutin, maka hasilnya akan kamu rasakan, seperti menghaluskan garis-garis halus, kerutan pada wajah, serta menghambat tanda-tanda penuaan pada kulit wajah kamu, loh! 

Dengan begitu, kandungan yang dimiliki retinol dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen dan merangsang aliran darah di bawah kulit. Selain itu, kandungan ini akan merangsang sel-sel kulit baru, yang akan membuat kulit semakin tebal sehingga tidak rentan berkerut dan timbul garis-garis halus tentunya!

4. Mencerahkan kulit wajah

Selain memiliki kandungan anti-aging, retinol juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah kamu, loh! Dengan cara meratakan melanin atau pewarnaan asli kulit sehingga melanin tidak menumpuk di satu area kulit tertentu yang dapat membuat kulit tampak lebih kusam. 

Selain itu, kandungan retinol juga dapat membantu menghambat pembentukan melanin dan menghalangi agar tidak menyebar ke sel-sel kulit. Dengan begitu, membuat kulit wajah tampak cerah dan memudarkan flek hitam pada wajah kamu.

5. Mengendalikan gejala psoriasis

Retinol merupakan jenis tazarotene yang memiliki manfaat khusus untuk para penderita psoriasis. Dengan cara, memperlambat pertumbuhan sel kulit, meredakan bengkak dan kemerahan, mengatasi psoriasis pada kuku, menipiskan lapisan kulit yang tebal dan bersisik tentunya!

6. Menghilangkan milia 

Retinol dapat menghilangkan milia (Sumber: Herstory)

Apakah kamu tahu apa itu milia? Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang tumbuh di sekitar dahi, hidung, dan kelopak mata. Retinol ini, dapat membantu menghilangkan milia sehingga tekstur kulit akan lebih merata karena milia telah terkikis dan mencegah timbulnya benjolan-benjolan baru. Lalu, ketika kamu memakai produk retinol ini, apakah akan muncul efek sampingnya? Simak berikut ini, ya! 

Efek Samping Dari Retinol

Memang betul, retinol disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), namun, penggunaannya tidak bebas dari efek samping. Pada umumnya, untuk yang baru pemula dan memakainya tidak sesuai aturan, jika memakai retinol kulit akan menjadi kering dan teriritasi. Selain itu ada beberapa efek samping yang sering terjadi, diantaranya:

  • Kulit kemerahan
  • Rasa gatal
  • Kulit mengelupas

Untuk menghindari efek samping seperti itu, perhatikan cara pemakaian guna mengurangi efek samping pada retinol ini. Gunakan retinol dua atau tiga hari sekali di malam hari, karena risiko sensitivitas matahari maka retinol sebaiknya digunakan dimalam hari.

Kamu bisa ikuti cara berikut untuk pemakaian retinol dengan baik, diantaranya: oleskan secukupnya diseluruh permukaan kulit wajah, pakaikan pada kulit yang kering, gunakan di malam hari, perhatikan kandungan yang tidak boleh dipergunakan retinol, dan hentikan penggunaan dimasa kehamilan.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai retinol, untuk kamu yang ingin mempercantik kulit wajah dan merawatnya agar kulit wajah tetap sehat, perhatikan produk yang kamu gunakan, ya! Jangan asal pilih dalam penggunaan produk skincare. Jaga kesehatan kulit wajah kamu, semangat!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *