Tanggal:29 April 2024

Tips Memulai Bisnis Nail Art

Dunia bisnis selalu menyuguhkan beragam subjek bisnis yang sangat menarik dikulik. Misalnya saja mengenai bisnis kecantikan. Baik kaum adam hingga hawa, semuanya suka dengan bidang ini. Terlebih lagi di era modern seperti sekarang, semuanya ingin tampil modis dan terlihat fashionable. Kamu pun bisa memulai ide bisnis kecantikan dari hal sederhana, yakni bisnis nail art. Bisnis nail art merupakan jenis usaha yang menyediakan jasa untuk melukis, menghias, dan mempercantik kuku. Kamu yang suka dengan bidang fashion atau kecantikan patut mencoba bisnis ini.

Memoles kuku tak hanya sekedar membersihkannya saja. Dalam jenis usaha ini, seluruh komponen kecantikan kuku perlu ditampilkan. Kamu perlu memilih model gambar yang cocok pada kuku setiap konsumennya. Pemilihan model gambar bisa disesuaikan dengan tingkat kegemaran konsumen. Kamu hanya perlu bermain imajinasi dalam bidang seni untuk memoles hasil akhirnya. Bisnis nail art sangat menjanjikan di era sekarang, loh. Pasalnya, tak sembarang orang mampu melukis di atas kuku dengan lebar yang cukup minim. Tak seperti melukis pada umumnya di atas canvas, membuat nail art memerlukan keahlian dan kesabaran ekstra.

Baca Juga : 

Cara Memulai Bisnis Nail Art

1. Membuat Rancangan/Perencanaan Bisnis

Ilustrasi Perencanaan Bisnis (pexels)

Langkah pertama dalam cara memulai usaha nail art adalah membuat rancangan atau perencanaan bisnis. Ini akan memudahkan kamu untuk memetakan kebutuhan dalam membangun bisnis nail art. Kamu perlu melakukan perancangan dengan baik agar semua komponen bisnis tak ada yang terlewat. Membuat perencanaan bisnis akan membantu kamu mengetahui kelemahan dan kelebihan bisnis. Sehingga, kamu bisa mengatur strategi yang lebih efisien dan efektif untuk bisnis yang dimiliki.

Baca Juga :

2. Lengkapi Sertifikat Nail Art

Ilustrasi Sertifikat (pexels)

Kamu sebagai pemula bisa belajar lebih dalam mengembangkan keahlian di bidang kecantikan ini. Kamu pun bisa mengikuti beragam uji sertifikasi di bidang usaha kecantikan, terutama nail art. Tak hanya itu, hal ini pun bisa memberikan nilai tambah dan daya jual usaha yang kamu rintis. Pasalnya, konsumen akan merasa lebih percaya pada jasa nail art yang kamu tawarkan. Pelatihan ini pun akan membantu menambah skill, kreativitas, dan teknik nail art yang kamu miliki. Kamu juga bisa memamerkan hasil sertifikat yang didapat pada sudut ruangan bisnis nail art yang sedang digeluti.

Baca Juga :

3. Merekrut Karyawan yang Kompeten

Ilustrasi Perekrutan Karyawan (pexels)

Cara memulai usaha nail art selanjutnya adalah dengan merekrut karyawan yang kompeten. Saat kamu memulai sebuah bisnis tentu tak bisa berjalan sendiri. Kamu membutuhkan karyawan yang siap sedia membantu kapan pun. Untuk menjaga reputasi bisnis kamu, perlu adanya karyawan yang berkompeten di bidangnya. Hal ini juga akan berpengaruh pada pelayanan dan kepuasan konsumen nantinya. Dalam proses perekrutan ini, kamu bisa meminta bukti karya, melihat latar belakang pekerjaan sebelumnya, ataupun mencari tahu seberapa kreatif kandidat tersebut dengan mengetesnya secara langsung.

Baca Juga :

4. Memilih Lokasi yang Tepat

Ilustrasi Mall (pexels)

Lokasi juga menentukan kesuksesan bisnis yang kamu bangun. Mencari lokasi yang tepat dan strategis akan membawa banyak keuntungan. Sebelum memilih tempat, kamu bisa melakukan riset terhadap target pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan mengetahui tempat seperti apa yang banyak dikunjungi dan paling memungkinkan untuk membuka bisnis nail art. Misal saja pada mal ataupun daerah yang dekat dengan ritel-ritel kosmetik. Dengan begitu, kamu akan mampu menarik lebih banyak konsumen untuk mengunjungi dan menggunakan jasa nail art yang sedang ditawarkan.

Baca Juga :

5. Gunakan Media Sosial untuk Promosi

Ilustrasi Media Sosial (pexels)

Kegiatan promosi sekarang bisa dilakukan dengan lebih efisien dan efektif lewat media sosial. Media sosial dinilai lebih hemat dan sangat terjangkau bagi para pelaku bisnis. Melalui media online pun kamu bisa menjangkau target pasar yang jauh lebih besar dan potensial. Promosi ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis usaha, termasuk pada bisnis nail art yang ingin kamu dirikan. Kamu hanya perlu menyuguhkan tampilan visual dan review yang menarik. Tujuannya agar pengguna media sosial bisa lebih percaya dan ingin mencoba nail art yang kamu buat.

Baca Juga : 

6. Selalu Ikuti Tren Desain dan Warna Cat Kuku

Ilustrasi Pembuatan Nail Art Trend Terbaru (pexels)

Terakhir, cara bisnis nail art selanjutnya adalah aktif mengikuti tren desain dan warna cat kuku yang sedang booming. Sebagai seniman, kamu tidak bisa menjiplak karya orang lain begitu saja. Kamu hanya perlu membuat modifikasi baru dan menjadikannya sebagai referensi. Selain itu, mengikuti tren cat kuku pun akan membuat desain menjadi lebih beragam. Kamu bahkan bisa memilih jenis dan warna produk sesuai dengan selera konsumen. Kamu juga bisa lebih bebas untuk berekspresi dalam menciptakan hasil karya yang unik dan memukau.

Baca Juga :

Nah, itulah penjelasan mengenai bisnis nail art. Kamu bisa memulainya dengan penuh perencanaan yang matang, ya. Jangan lupa untuk selalu update dan mengikuti tren. Fokuslah pada inovasi dan kreasi agar konsumen semakin tertarik dengan bisnis yang kamu luncurkan.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *