Tanggal:20 May 2024
mobil matic dan manual

Masih Bingung Mau Beli Mobil Matic atau Manual? Inilah Perbedaan Antara Keduanya

Mobil Matic atau Manual adalah dua jenis mobil transmisi mobil yang paling banyak digunakan di Indonesia. Lantas apa yang membedakan antara kedua transmisi mobil tersebut? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh calon pembeli mobil. Oleh karena itu pada artikel ini kita akan mengupas tuntas mengenai perbedaan antara mobil matic dan mobil manual.

mobil matic dan manual

Sumber: Moladin

Mobil Matic dan Manual Apa Bedanya?

Secara fisik perbedaan mobil matic dan manual tidak begitu terlihat. Anda akan mengetahui perbedaan secara jelas setelah anda masuk ke dalam mobil dengan posisi pengemudi maka anda akan melihat pedal dan tuas pada kabin pengemudi. Inilah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh mobil matic dan mobil manual di antaranya : 

1. Sistem Transmisi yang Berbeda

Mobil Matic dan Mobil Manual sudah disampaikan di awal keduanya memiliki sistem transmisi yang berbeda. Untuk mobil matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang dapat melakukan perpindahan gigi secara otomatis sesuai dengan tekanan pedal gas dan kecepatan mobil. Sedangkan untuk mobil manual menggunakan sistem transmisi yang dimana perpindahan gigi dilakukan dengan cara menginjak kopling dan menggeser tuas persneling.

2. Cara Mengoprasikan Mobil Berbeda

Perbedaan lainnya antara mobil matic dan manual adalah cara mengoperasikan mobile tersebut. Mobil Matic jauh lebih praktis dibandingkan dengan manual karena mobil matic hanya menyediakan dua pedal gas saja yaitu rem dan gas. Oleh karena itu pada saat anda menggunakan mobil matic anda hanya perlu menggeser tuas transmisi tanpa harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu. Sedangkan untuk mobil manual anda perlu mengoperasikan tiga pedal yaitu kopling, rem dan juga gas. 

3. Penggunaan Bahan Bakar 

Perbedaan selanjutnya yaitu pada penggunaan bahan bakar. Perlu diketahui bahwa mobil manual cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Mengapa seperti itu? karena rotasi per-menit (RPM) yang dihasilkan oleh mobil matic umumnya lebih tinggi dapara transmisi manual sehingga penggunaan bahan bakarnya menjadi lebih banyak.

4. Sistem Pengereman

Perbedaan mobil matic dan manual juga bisa dilihat dari sistem pengereman mobil. Untuk mobil matic rem akan menjadi tumpuan utama yang akan selalu digunakan pada mobil matic. Sedangkan pada mobil manual pengereman dapat dilakukan dengan mengandalkan engine break juga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mobil matic lebih sering menggunakan rem dibandingkan dengan mobil manual.

5. Kenyamanan

Mobil Matic memiliki kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini disebabkan karena mobil matic dapat dikemudikan hanya dengan menggunakan satu kaki saja dan tidak perlu koordinasi antara tangan dan kaki. Sedangkan jika anda menggunakan mobil manual anda perlu melakukan koordinasi tangan dan juga kedua kaki saat mengemudi, ini akan menyulitkan untuk pengemudi yang masih belajar mengemudi mobil dan jika menggunakan mobil matic akan lebih mudah bagi pemula.

 6. Perawatan 

Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi perawatan yang dimana mobil matic pada umumnya membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi daripada mobil manual. Karena mobil dengan sistem transmisi otomatis memiliki sistem mekanisme dan kompeten yang lebih rumit dan banyak selain dua hal tersebut mengganti oli transmisi otomatis harus dilakukan secara rutin.

7. Dari Segi Harga

Perbedaan lainnya yaitu mobil matic dan manual memiliki sedikit selisih harga. Hal ini disebabkan karena harga jual transmisi otomatis cenderung lebih mahal ketimbang dengan manual. Perbedaan harga antara mobil manual dan matic bisa memiliki selisih sekitar 10 juta sampai dengan 30 juta.

Jadi lebih baik beli mobil matic atau manual?

Dari penjelasan diatas mengenai perbedaan di atas baik dari mobil matic maupun mobil manual memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing. Agar bisa lebih mempermudah anda dalam memilih mobil impian yuk simak kelebihan dan kekurangan yang dapat diambil dari perbedaan yang dimiliki oleh mobil matic dan mobil manual.

Mobil Matic

Kelebihan

  • Mobil matic lebih mudah dioperasikan
  • Lebih nyaman digunakan untuk pemula
  • Tidak terlalu pegal di perjalanan karena cukup menginjak pedal rem dan gas
  • Lebih praktik dengan sistem transmisi otomatis

Kekurangan

  • Harga mobil yang lebih mahal 
  • Bahan Bakar Boros
  • Perawatan mahal

Mobil Manual

Kelebihan

  • Harga mobil yang lebih murah
  • Irit bahan bakar
  • Perawatan yang murah
  • Mempunyai engine brake sehingga aman untuk digunakan pada jalanan menanjak atau menurun.

Kelebihan

  • Mobil lebih rumit dioperasikan
  • Kenyamanan yang ditawarkan kurang
  • Pengemudi mudah lelah dan pegal saat mengoperasikan mobil apalagi dalam keadaan macet

Jadi Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih mobil impian Anda? 

Dari pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mobil matic dan mobil manual diharapkan bisa membantu anda dalam memilih mobil impian anda. Anda harus mempertimbangkan dan menyesuaikan jenis mobil seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sampai Jumpa di Artikel Berikutnya sobat Vocasia

Penulis: Lulu Anisa Kamilun (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *