Tanggal:21 February 2024

Mobil Toyota Raize

Toyota Raize merupakan salah satu model mobil SUV pabrikan Toyota. Mobil SUV dengan model 5 pintu ini merupakan hasil produksi Toyota yang bekerjasama dengan Daihatsu, dimana untuk produk yang dijual oleh

Daihatsu disebut dengan nama Daihatsu Rocky. Toyota Raize secara resmi telah diluncurkan di Indonesia, sebelum membeli Toyota Raize ini alangkah lebih baiknya mengetahui beberapa fakta mengenai mobil ini, yuk simak fakta di bawah ini : 

Mesin yang terdiri dari 1.0L dan 1.2L

Nah jadi Toyota Raize itu, memiliki 2 pilihan mesin yaitu yang pertama adalah 1.000cc yang dikombinasikan dengan turbo, lalu untuk pilihan mesin lainnya, yakni Toyota Raize 1.200cc. Baik Toyota Raize yang mesin 1.0L dan 1.2L, transmisinya ada matic (CVT) dan manual.

Model SUV compact pertama bermesin turbo

Toyota Raize ini hadir di Indonesia pada 30 April 2021, hal ini menjadi salah satu sejarah yang terukir dalam perjalanan Toyota, karena Mobil Toyota Raize ini adalah model pertama Toyota Indonesia dalam kelas compact SUV

Secara dimensi, spesifikasi Toyota Raize hanya 4.030 mm dan dengan lebar 1.710 mm saja. Tentunya Raize menghadirkan pilihan baru dalam deretan SUV Toyota.Sebelumnya belum pernah ada segmen SUV seperti Raize yang dihadirkan Toyota Indonesia.

Pertama kalinya mesin turbo kecil dalam sejarah Toyota

Sepanjang sejarahnya Toyota, belum pernah ada model yang dibekali dengan turbo dalam mesin berkubikasi kecil. Toyota Raize lah yang pertama mengusungnya.

Walaupun hanya bermesin 1.000 cc dengan konfigurasi tiga silinder namun berkat penggunaan turbocharger, tenaga yang bisa dihasilkan justru cukup besar. Toyota Raize 1.0 Turbo dapat merilis tenaga hingga 88 PS dengan torsi mencapai 11,5 Kgm.

Berbagai Pilihan Warna

Pilihan warna mobil matic Toyota Raize berjumlah 12 warna. Dari belasan warna yang bisa kita pilih Toyota Raize ini ada yang single tone dan two tone.

Adapun deretan pilihan warna Toyota Raize single tone, ada Black, Grey Metallic, Red, Silver Metallic, Turquoise MM, White dan Yellow SE. Sedangkan untuk Toyota Raize yang two tone, terdiri dari Black-Red, Black-Silver Metallic, Black-Turquoise MM, Black-White dan Black-Yellow SE

Toyota Safety Sense paling ekonomis

Pecinta Toyota tentu saja tidak asing lagi dengan yang namanya Toyota Safety Sense. Fitur ini merupakan penunjang keselamatan dengan teknologi terkini.

TSS di Toyota Raize terdiri dari Front Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring

Toyota membekali Raize dengan sebuah fitur yang tergolong canggih yaitu Toyota Safety Sense, fitur ini biasanya hanya ditemukan pada mobil Alphard dan Corolla Altis.

Mobil praktis Raize jadi model paling ekonomis yang dilengkapi Toyota Safety Sense. Adapun tipe yang dibekali fitur canggih ini adalah Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS.

Model Pertama 1.200 cc 3 Silinder

Selain menjadi model pertama yang mengusung turbo dengan kubikasi kecil, Raize juga jadi yang pertama menggunakan mesin tiga silinder 1.200 cc. Mesin tersebut dapat ditemui pada Raize tipe 1.2 G, tersedia dalam opsi transmisi CVT maupun manual.

Kode mesin 1.200 cc ini sendiri adalah WA-VE, belum pernah ada dan belum pernah digunakan sebelumnya di mobil Toyota Indonesia manapun. Ini merupakan mesin 1.200 cc generasi terbaru yang siap memberikan performa terbaiknya.

Pertama setelah Jepang

Suatu kehormatan bagi Toyota Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang yang meluncurkan Toyota Raize. Tidak lain karena pasar domestik di Indonesia sangat penting bagi Toyota sekaligus sebagai hadiah istimewa di perayaan 50 tahun eksistensi Toyota di tanah air.

Toyota Raize pertama kali diluncurkan di negara asalnya Jepang, pada akhir tahun 2019 silam. Di negeri Sakura tersebut, Toyota Raize mendapat sambutan yang sangat baik oleh konsumen Jepang.

Harga Matic Mulai Rp243 Jutaan

Toyota Raize matic yang harganya tidak sampai Rp 250 juta itu yang mesin 1.200cc (1.2 G CVT One Tone). Nah kalau Toyota Raize matic 1.0 L, harganya start from Rp266,9 juta (1.0T G CVT One Tone). Pilihan selanjutnya berdasarkan harga termurah, Toyota Raize 1.0T G CVT Two Tone Rp269,5 juta. Varian GR pada Toyota Raize matic single tone, harganya Rp280,8 juta. Sedangkan harga Rp 283,4 juta, untuk Toyota Raize varian GR two tone. Varian GR Toyota Raize masih ada pilihan lainnya nih, yakni yang sudah pakai TSS (Toyota Safety Sense). Soal harga, single tone Rp302,5 juta dan two tone Rp305,1 juta.

Ditulis Oleh IRA AULIA PUSPITASARI (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *