Tanggal:22 April 2024
paklaring adalah

Paklaring : Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Mengurai Paklaring

Paklaring atau Surat Keterangan Kerja adalah surat yang penting bagi perusahaan dan karyawan. Surat ini berisi informasi mengenai posisi dan jangka waktu bekerja, serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan di perusahaan lain, mengajukan pinjaman, dan mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah fungsi dan syarat pembuatan paklaring.

Pengertian

Paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di suatu perusahaan atau instansi. Surat ini berisi informasi mengenai posisi dan jangka waktu bekerja. Paklaring dapat digunakan sebagai persyaratan dalam mengajukan beasiswa, baik beasiswa pemerintah maupun swasta. Selain itu, paklaring juga dapat digunakan sebagai bahan penilaian kualitas dan kapasitas seorang pelamar kerja. Paklaring harus dibubuhi tanda tangan berstempel dari pihak-pihak yang berwenang untuk menunjukkan keabsahan yang kuat.

Fungsi

Paklaring memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Memudahkan proses pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Melamar pekerjaan di perusahaan lain.
  3. Mengajukan beasiswa baik dari pemerintah maupun swasta.
  4. Mengajukan pinjaman.
  5. Mengajukan kartu kredit.

Selain itu, paklaring juga dapat digunakan sebagai bahan penilaian kualitas dan kapasitas seorang pelamar kerja. Paklaring harus dibubuhi tanda tangan berstempel dari pihak-pihak yang berwenang untuk menunjukkan keabsahan yang kuat.

Syarat

Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuat paklaring:

  1. Minimal bekerja selama satu tahun di perusahaan atau instansi tersebut.
  2. Mengundurkan diri dengan baik-baik.
  3. Memiliki performa kerja dan relasi yang baik.
  4. Telah memenuhi dan menyelesaikan syarat serta kewajiban kerja.
  5. Menjelaskan tujuan dibuatnya surat paklaring secara jelas.

Paklaring harus dibubuhi tanda tangan berstempel dari pihak-pihak yang berwenang untuk menunjukkan keabsahan yang kuat.

Struktur

Berikut adalah struktur paklaring yang dapat dijadikan acuan:

  1. Kop surat perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja.
  2. Nomor surat untuk memudahkan identifikasi surat.
  3. Isi surat yang mencakup informasi mengenai identitas diri, informasi perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja, posisi dan jangka waktu bekerja.
  4. Pengesahan yang mencakup tanda tangan dan stempel perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja untuk menunjukkan keabsahan dokumen paklaring.

Pastikan bahwa informasi yang tertera pada paklaring sudah benar dan sesuai dengan data yang ada. Jika perlu, Anda dapat meminta bantuan dari pihak HRD atau atasan langsung untuk memastikan kebenaran informasi yang tertera pada paklaring.

Perbedaan dengan Surat Rekomendasi Kerja

Meskipun seringkali disamakan dengan surat rekomendasi kerja atau surat keterangan kerja, paklaring memiliki perbedaan dengan kedua surat tersebut. Berikut adalah perbedaan antara paklaring dengan surat rekomendasi kerja dan surat keterangan kerja:

  • Tujuan Pembuatan Surat: Paklaring dibuat untuk menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di suatu perusahaan atau instansi, sedangkan surat rekomendasi kerja dibuat untuk memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan karyawan tertentu, dan surat keterangan kerja dibuat untuk memberikan informasi mengenai status karyawan di perusahaan tersebut.
  • Isi Surat: Paklaring berisi informasi mengenai posisi dan jangka waktu bekerja, sedangkan surat rekomendasi kerja berisi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan karyawan, dan surat keterangan kerja berisi informasi mengenai status karyawan di perusahaan tersebut.
  • Penggunaan Surat: Paklaring dapat digunakan sebagai persyaratan dalam mengajukan beasiswa, melamar pekerjaan di perusahaan lain, mengajukan pinjaman, mengajukan kartu kredit, dan memudahkan proses pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan surat rekomendasi kerja umumnya digunakan untuk melamar kerja atau mengajukan program beasiswa, dan surat keterangan kerja tidak memiliki fungsi khusus.
  • Syarat Pembuatan Surat: Syarat pembuatan paklaring adalah minimal bekerja selama satu tahun di perusahaan atau instansi tersebut, mengundurkan diri dengan baik-baik, memiliki performa kerja dan relasi yang baik, telah memenuhi dan menyelesaikan syarat serta kewajiban kerja, dan menjelaskan tujuan dibuatnya surat paklaring secara jelas. Sedangkan syarat pembuatan surat rekomendasi kerja dan surat keterangan kerja tidak memiliki ketentuan yang khusus.

Cara Membuat Paklaring

Berikut adalah cara membuat paklaring:

  • Siapkan kertas surat dan pastikan memiliki kop surat perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja.
  • Tuliskan nomor surat pada bagian atas kertas surat.
  • Tuliskan tanggal pembuatan surat.
  • Tuliskan perihal surat, yaitu “Surat Keterangan Kerja” atau “Paklaring”.
  • Harap berikan informasi tentang diri Anda, seperti nama lengkap, nomor identifikasi, dan alamat.
  • Tuliskan informasi mengenai perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email.
  • Tuliskan informasi mengenai posisi dan jangka waktu bekerja, seperti tanggal masuk dan keluar, jabatan, dan gaji.
  • Bubuhkan tanda tangan dan stempel perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja untuk menunjukkan keabsahan dokumen paklaring.

Pastikan bahwa informasi yang tertera pada paklaring sudah benar dan sesuai dengan data yang ada. Jika perlu, Anda dapat meminta bantuan dari pihak HRD atau atasan langsung untuk memastikan kebenaran informasi yang tertera pada paklaring.

Contoh

Berikut adalah contoh surat paklaring yang dapat dijadikan referensi:

  1. ABCD

Jl. Merdeka No. 1, Jakarta Pusat

(021) 1234567

email: [email protected]

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Kepada Yth.

Pimpinan PT. XYZ

di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Ani

Tempat/Tgl. Lahir : Bandung, 1 Januari 1995

Alamat : Jl. Merdeka No. 1, Bandung

Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi

No. KTP : 1234567890

No. NPWP : 1234567890

Dengan surat ini, saya mengonfirmasi pengalaman kerja saya di PT. XYZ selama 2 tahun, dari tanggal 1 Januari 2021 sampai dengan 31 Desember 2022 dengan posisi sebagai Akuntan.

Surat keterangan ini saya buat dengan jujur dan dapat digunakan sesuai keperluan.

Hormat saya,

Ani

Pastikan bahwa informasi yang tertera pada paklaring sudah benar dan sesuai dengan data yang ada. Jika perlu, Anda dapat meminta bantuan dari pihak HRD atau atasan langsung untuk memastikan kebenaran informasi yang tertera pada paklaring.

Dalam pembuatan paklaring, pastikan bahwa informasi yang tertera sudah benar dan sesuai dengan data yang ada. Jika perlu, mintalah bantuan dari pihak HRD atau atasan langsung untuk memastikan kebenaran informasi yang tertera pada paklaring. Dengan memiliki paklaring, karyawan dapat memanfaatkan surat tersebut untuk berbagai keperluan, sementara perusahaan dapat memastikan keabsahan data karyawan yang pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Penulis : Asep – Vocasia

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *