Tanggal:22 February 2024
Jurusan Kuliah yang menawarkan gaji tinggi untuk wanita

15 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Mendapatkan gaji tinggi bukanlah perkara yang mudah, khususnya bagi wanita. Dikutip dari CNBC, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa wanita rata-rata mendapatkan gaji 23 persen lebih rendah dibandingkan laki-laki. Namun, hal ini tidak berarti bahwa wanita tidak memiliki kesempatan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada laki-laki. Dengan potensi yang dimiliki oleh wanita memungkinkan mereka untuk meraih penghasilan yang lebih tinggi. Dalam artikel ini, Minvo akan membahas beberapa sektor pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk wanita serta beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan prospek gaji tinggi untuk wanita. Yuk Disimak!

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita

1. Pengacara

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Pengacara bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mendapatkan gaji yang tinggi. Kamu bisa mendapatkan rata-rata gaji pertahun sekitar Rp400 juta hingga Rp600 juta untuk level associate dan jika sudah di level partner kamu bisa mendapatkan gaji hingga miliaran rupiah. Tentu saja kamu tidak langsung mendapatkan gaji yang tinggi, ini semua tergantung keterampilan kamu, di mana lokasi firma hukum, reputasi, dan kasus apa yang kamu tangani.

2. Software Developer

Walaupun pekerjaan ini masih di dominasi oleh laki-laki, saat ini pekerjaan sebagai software developer juga banyak diisi oleh perempuan. Sebagai seorang software developer kamu bertanggung jawab merancang program komputer, mulai dari merancang aplikasi, menganalisis kebutuhan pengguna, hingga membantu pengkodean. Banyak sekali perusahaan, institusi, dan lembaga yang membutuhkan software developer. Oleh karena itu, gaji pekerjaan ini rata-rata Rp240 juta hingga Rp500 juta per tahun.

Baca Juga: Jurusan Kuliah Yang Memiliki Peluang Menjadi PNS

3. Chemical Engineer

Chemical Engineer merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di industri pangan. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan merancang proses manufaktur kimia. Chemical engineer sangat cocok untuk wanita karena di pekerjaan ini menerapkan prinsip-prinsip seperti matematika, kimia, fisika untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan penggunaan kimia. Rata-rata gaji untuk pekerjaan ini adalah Rp 280 juta hingga Rp500 juta per tahun.

4. Apoteker

Seorang apoteker memiliki tanggung jawab untuk mengolah, meracik, dan menyediakan obat-obatan sesuai dengan petunjuk dokter. Perannya tidak terbatas pada lingkungan rumah sakit atau apotek saja, tetapi juga industri farmasi, terutama dalam pengembangan penelitian. Rata-rata pendapatan tahunan mereka berkisar antara Rp280 juta hingga Rp500 juta.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Wanita

1. Keperawatan

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus untuk wanita, karena permintaan industri dalam bidang ini cukup tinggi. Selain itu, setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi, kesempatan mendapat pekerjaan sangat luas. Kamu dapat menarik perhatian banyak rumah sakit, klinik, dan lembaga kesehatan lainnya.

2. Kebidanan

Jurusan ini secara eksplisit ditunjukkan untuk perempuan. Program studi kebidanan akan memberikan setiap mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan sebagai tenaga medis yang kompeten selama proses persalinan. Selain itu, dijurusan ini kamu akan mendapatkan pengetahuan secara teoritis dan pengalaman praktis dalam hal pemeriksaan dan perawatan selama kehamilan serta cara memberikan dukungan pada ibu setelah melahirkan.

3. Ilmu komunikasi

Jika kamu memiliki sifat terbuka, memiliki kreativitas tinggi, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, maka jurusan ini cocok untuk kamu. Ketika kamu lulus dari jurusan ilmu komunikasi, kamu bisa mendapatkan gaji yang tinggi sesuai dengan skala pekerjaannya.

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan Nantinya? Simak Jawabannya Di Sini!

4. Teknik Informatika

Tidak hanya laki-laki, wanita juga bisa lho masuk ke jurusan ini. Di jurusan teknik informatika, kamu akan mempelajari ilmu komputer lebih dalam. Teknik informatika menjadi salah satu jurusan kuliah yang cukup menjanjikan untuk wanita, karena gaji teknik informatika bisa membuat kamu ambil mengambil KPR tanpa ragu.

5. Akuntansi

Menjadi akuntan adalah pekerjaan yang menarik, terutama dengan mempertimbangkan jumlah kompensasi yang dapat diperoleh. Karena banyak bisnis masih membutuhkan layanan akuntan yang berkualitas, jurusan ini sangat diminati. Oleh karena itu, lulusan ini memiliki banyak peluang pekerjaan. Berbagai elemen seperti pencatatan, pembukuan, dan penyusunan laporan keuangan akan dibahas dalam jurusan ini. Setiap hari, kamu harus siap untuk berurusan dengan angka dan sepenuh hati mengerjakan tugas.

6. Arsitek

Tentu saja, perempuan juga dapat memilih jurusan arsitektur. Tidak ada batasan gender di bidang ini, jadi perempuan pun dapat memilih jurusan ini dan bersaing di pasar kerja dengan kemampuan mereka. Jika kamu seorang arsitek dengan pengalaman yang luas dan kemampuan desain yang luar biasa, kamu cenderung mendapatkan gaji yang tinggi dan banyak kesempatan untuk memulai karier sebagai arsitek.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu Si Introvert

7. Hukum

Saat ini, lulusan hukum masih sangat dihargai dalam masyarakat, dan pekerjaan dalam berbagai bidang seperti pengacara, hakim, jaksa, dan sebagainya masih sangat dibutuhkan. Hukum adalah pilihan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi bagi wanita berikutnya. Jenis pekerjaan ini biasanya menawarkan gaji yang cukup besar. Jurusan ini juga sangat direkomendasikan karena memiliki prospek karir yang cerah dan jalur kenaikan pangkat yang jelas.

8. Kedokteran

Jurusan kedokteran adalah salah satu pilihan yang sangat disarankan dalam bidang kesehatan. Tidak diragukan lagi, lulusan kedokteran memiliki peluang untuk menjadi dokter yang menguntungkan dan menghasilkan banyak uang. Namun, perlu diingat bahwa menjadi seorang dokter memerlukan banyak latihan yang sulit dan komitmen yang besar. Selain itu, kebutuhan akan dokter terus meningkat. Jika faktor-faktor ini digabungkan, profesi dokter memiliki kompensasi yang tinggi.

9. Psikologi

Jurusan psikologi juga sangat menjanjikan karena memiliki banyak peluang karir di berbagai bidang seperti psikolog, HR (Sumber Daya Manusia), dan bidang lainnya. Salah satu alasan mengapa gaji yang lebih tinggi ditawarkan untuk posisi yang membutuhkan lulusan psikologi adalah tingginya permintaan untuk pekerjaan di bidang ini, meskipun tidak semua orang memiliki keahlian yang diperlukan. Oleh karena itu, sangat layak untuk mempertimbangkan jurusan ini sebagai pilihan karir.

Baca Juga: 9 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Berbisnis

10. Matematika

Meskipun banyak orang berpikir bahwa jurusan matematika akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan di institusi pendidikan, lulusan matematika juga sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kerja. Mereka dapat bekerja sebagai business analyst, market researcher, atau dalam berbagai posisi lainnya di industri. Karena perusahaan menghargai kemampuan matematika yang dapat diterapkan secara langsung dalam pekerjaan, posisi ini seringkali termasuk dalam kategori pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Akibatnya, tidak mengherankan bahwa lulusan matematika sangat dicari di berbagai industri.

11. Manajemen

Salah satu jurusan lain yang dapat dipilih wanita untuk mendapatkan gaji tinggi adalah manajemen. Ini karena jurusan ini sangat terkait dengan sistem kerja, dan hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan dengan gelar ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lulusan ini menerima penawaran gaji yang tinggi. Meskipun jurusan manajemen sangat populer, masih ada banyak perusahaan yang ingin mempekerjakan mereka.

12. Sistem Informasi

Sistem informasi adalah jurusan kuliah yang menjanjikan penghasilan tinggi untuk wanita. Karena materi di jurusan ini rumit dan memerlukan pemikiran yang mendalam, kecerdasan intelektual lebih diutamakan daripada kekuatan fisik.

Baca Juga: Buat Pecinta Matematika 8 Jurusan Kuliah Ini Cocok Untuk Kamu!

13. Tata Rias dan Kecantikan

Jurusan tata rias dan kecantikan harus dipertimbangkan oleh wanita, karena akan selalu diperlukan di masa depan. Lulusan jurusan ini memiliki kesempatan untuk tetap mengikuti tren dan menerapkan kreativitas mereka.

14. Tata Boga

Jika kamu sudah memiliki pengalaman dan memiliki minat dalam memasak, masuk ke jurusan tata boga bisa menjadi pilihan yang bagus. Saat ini, permintaan akan lulusan jurusan tata boga untuk bekerja sebagai koki semakin meningkat, yang berarti gaji koki lebih tinggi.

15. Bahasa

Wanita juga dapat mempertimbangkan jurusan bahasa sebagai pilihan tambahan. Mengambil jurusan bahasa akan memberi Anda akses ke berbagai pekerjaan, seperti penerjemah, editor, penulis panduan, atau penulis konten.

Nah, itulah beberapa pekerjaan dan deretan jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita. Perlu diingat bahwa kesuksesan karier selain dari jurusan kuliah yang diambil, tetapi juga pada dedikasi, kerja keras, dan peningkatan keterampilan. Oleh karena itu, teruslah belajar dan berkembang serta jangan takut untuk mengambil peluang baru di dunia kerja.

Kamu bisa join kursus di Vocasia, di mana tersedia berbagai macam kursus yang dapat membantu kamu meningkatkan keterampilan kamu agar mencapai kesuksesan dalam karier.

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *