Tanggal:08 September 2024

Possessive Adjective dan 3 Kesalahan Umum Penggunaannya

Materi possessive adjective dalam bahasa Inggris dapat kamu temukan untuk yang menyatakan kata sifat dalam sebuah kepemilikan. Possessive adjective memiliki perbedaan dengan bahasa Indonesia yaitu pernyataan kepemilikan ini mengubah bentuk dasar kata-kata di dalam kamus.

Sudah tahu pengertian dan penggunaannya dalam suatu kalimat? Ternyata ada beberapa kesalahan umum penggunaannya juga, lho! Untuk tahu lebih lanjut, mari ulas possessive adjective di bawah ini.

Apa itu Possessive Adjective?

Pengertian possessive adjective. Sumber: pexels.com

Possessive adjective dalam istilah bahasa Inggris merupakan suatu determiner (special adjective) yang digunakan untuk menyatakan kepemilikan (possession) terhadap noun.

Beberapa kata yang termasuk kedalam possessive adjective terdiri dari myyourhisheritsour, dan their. Berikut masing-masing definisi kata possessive adjective

  • My memiliki arti kepunyaan saya.
  • His memiliki arti kepunyaan dia untuk laki-laki.
  • Her memiliki arti kepunyaan dia untuk perempuan.
  • Your memiliki arti kepunyaan kamu.
  • Our memiliki arti kepunyaan kami. 
  • Its memiliki arti kepunyaan dia yang berarti hewan atau benda mati.
  • Their memiliki arti kepunyaan mereka.  

Dalam penggunaannya, possessive adjective dalam suatu kalimat bisa digunakan sebagai sebagai subjek maupun objek. Hal ini bisa kita lihat ke dalam 2 kalimat di bawah ini:

  • My bags costs a lot
  • This is my new bangs

Berdasarkan dua contoh kalimat di atas, kalimat pertama “my bags” berperan sebagai subjek kalimat dan diartikan dengan “tas milik saya”, sedangkan pada kalimat kedua “my new bangs” berperan sebagai objek pada kalimat dan memiliki arti “poni baru milik saya”.

Adapun beberapa fungsi penggunaan possessive adjective beserta contoh kalimatnya antara lain sebagai berikut. 

  • Menunjukkan suatu kepemilikan seseorang 

That’s our car. (Itu mobil kita.)

My car is so dirty. (Mobilku sangat kotor.)

  • Menunjukkan hubungan relasi dan teman

My mother is a teacher. (Ibu ku adalah seorang guru.)

How old is your best friend? (Berapa usia sahabatmu?)

  • Mengungkapkan anggota tubuh

Look how she’s washing her hand. (Lihat bagaimana dia sedang mencuci tangannya).

I need to clean up my car. (Saya perlu membersihkan mobil saya)

Dalam materi kepemilikan bahasa Inggris mungkin kamu juga mengenal possessive pronoun dan possessive adjective. Apa kamu sudah tahu perbedaannya?

Possessive pronoun merupakan kata ganti kepunyaan yang digunakan untuk merujuk atau menggantikan kata kepemilikan atau kepunyaan dari suatu benda. Misalnya dalam kalimat “Your book is thick. Mine is thin”. Mine merupakan kata ganti “book” yang disebut sebagai possessive pronoun. 

Suatu pronoun berfungsi mengantikan noun yang dapat berupa singular (mine, yours, hers, his, its) atau plural (ours, yours, theirs). Jika pronoun berperan sebagai subjek dan kalimat berupa singular, verb yang diikuti juga berbentuk singular, begitu sebaliknya.

Possessive adjective dapat digunakan bersama singular maupun plural noun. Ketika noun yang berperan sebagai subjek kalimat berupa singular, maka diikuti verb berbentuk singular, juga berlaku sebaliknya.

Penggunaan keduanya hampir serupa tiap kalimat bahasa Inggris dan menjadi bagian dalam percakapan sehari-hari. Selain itu, penggunaan possessive adjective sering mengalami kesalahan-kesalahan umum dalam penulisannya. Apa sajakah kesalahan itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Penulisan its dan it’s

Penulisan “its” pasti digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Penggunaan “it’s” merupakan kependekan dari “it is” yang berarti ini atau itu adalah.

2. Penulisan “You’re” dan “your” 

Penulisan keduanya sering membuat orang bingung bagaimana menggunakannya. Kata “You’re” merupakan kependekan dari “you are” yang memiiki arti kamu adalah. Namun, untuk menyatakan sebuah kepimilikan penulisan yang benar adalah “your” yang memiliki arti milikmu.

3. Penulisan “There”, “their”, dan “they’re” 

Jika tujuan kalimat adalah untuk menyatakan kepemilikan, penulisan yang benar adalah “their” yang memiliki arti milik mereka. Kata “there” dan “they’re” memang terdengan memiliki bunyi yang hampir sama, tetapi mengandug makna dan tujuannya bukan untuk menyatakan kepemilikan. 

Itu dia penjelasan mengenai possessive adjective beserta 3 kesalahan umum penulisan yang sering dilakukan dalam mengungkapkan kepemilikan. Setelah ini, kamu tidak boleh keliru dan melakukan kesalahan yang umum terjadi dalam possessive adjective, ya!

Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%! 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *