Tanggal:24 June 2024

5 Tips Mudah Mengerjakan Tes TOEFL

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes TOEFL ini merupakan tes digunakan untuk mengukur skill atau kemampuan bahasa Inggris seseorang.

TOEFL sendiri mencakup empat aspek yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English (TWE).

Tes TOEFL juga terdapat berbagai macam jenis tes yang beda-beda. Jenis tes ini dapat dipilih oleh seseorang yang ingin mengikuti tes sesuai kebutuhan, yaitu TOEFL iBT (Internet Based Test), TOEFL PBT ( Paper Based Test), TOEFL CBT (Computer Based Test), dan juga TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

Sudah bukan rahasia lagi kalau tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, apalagi untuk mencapai skor TOEFL yang maksimal agar dapat kuliah di luar negeri ataupun mendapatkan beasiswa

Image Source: Edugraph

Nah bagi kamu yang sedang berjuang untuk lulus tes TOEFL dengan skor yang maksimal, yuk simak artikel ini karena akan membahas 5 tips mengerjakan tes TOEFL yang dapat membantu kamu untuk lulus tes ini dengan skor yang maksimal.

1. Ketahui tes mana yang akan dipilih

Hal yang pertama kamu lakukan dalam mengikuti tes TOEFL ini adalah ketahui terlebih dahulu tes apa yang hendak kamu ikuti. Dari tiga jenis yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu dapat memilih akan mengikuti tes TOEFL iBT, PBT, CBT, atau ITP.

Pastikan dulu dengan format yang akan kamu jalani. Lalu pastikan juga tes kamu sudah pilih sesuai dengan kebutuhanmu, apakah untuk masuk kuliah atau mendapatkan beasiswa.

2. Memperbanyak vocabulary dan kelas kata

Untuk memperkaya vocabulary, sebenarnya, kamu tak harus membayangkan cara-cara sulit yang justru akan membatasi kamu dalam hal vocab. Kamu bisa mencoba dari contoh soal reading TOEFL.

Berlatih menerjemahkan passages, tentunya akan membantu memperkaya vocab sekaligus memahami artinya, bukan sekadar menghafal saja.

Kemudian mempelajari kelas kata bahasa Inggris seperti verbadverbnoun, dan sebagainya juga dapat membantu kamu untuk memperlancat ketika mengerjakan soal reading TOEFL.

3. Efisiensi Waktu Sebaik Mungkin

Kesalahan yang sering dilakukan orang saat mengerjakan tes TOEFL adalah terlalu terburu-buru dalam mengerjakan soal atau bahkan terlalu lama dalam mengerjakan soal.

Dalam hal ini, cara yang paling tepat untuk mengatasinya ialah untuk soal-soal yang sulit, kamu dapat melewatinya dan mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu agar dapat mengefisiensi waktu saat pengerjaan soal.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus belajar untuk mencari pokok permasalahan dan kata kunci pada suatu paragraf agar kamu dapat menghemat waktu khususnya dalam soal cerita.

Latihan yang sering dapat membantu kamu untuk mengatur waktu yang lebih efisien dan efektif.

4. Cobalah dengarkan podcast

Saat ini banyak podcast dengan bahasa Inggris yang dapat kamu akses secara gratis. Mendengarkan podcast bahasa Inggris secara terus-menerus akan mengembangkan pemahaman mendengarkan tes mendengarmu.

Kamu juga dapat meningkatkan keterampilan berbicara dengan memutar ulang bagian podcast dan meniru kembali pengucapan pembicara tersebut.

Memahami rekaman lebih sulit daripada memahami video karena tidak ada petunjuk konteks yang sama. Ini membuat mendengarkan podcast lebih baik untuk latihan pemahaman mendengarkan daripada menonton video atau film bahasa Inggris.

5. Rajin latihan

Pada dasarnya, semakin rajin kamu berlatih, maka semakin tinggi juga skor yang akan kamu raih. Namun ada tips & trik yang perlu kamu ketahui dalam melatih kemampuan berbahasa Inggrismu agar latihanmu dapat lebih efektif dan efisien lagi.

Salah satunya adalah dengan membuat studi planning yang baik dan menjalaninya secara tekun dan disiplin. Berlatihlah dengan berulang-ulang berdasarkan studi planning tersebut dan belajarlah dari pengalaman. Kamu dapat mencoba mengikuti salah satu latihan yang sediakan pada kursus untuk TOEFL di sini.

Nah, itu tadi 5 tips mudah untuk mengerjakan tes TOEFL. Bagaimana, sudah merasa lebih siap meraih skor yang maksimal dan menggapai harapan kamu?

Buat kamu yang ingin mempelajari TOEFL lebih lanjut, yuk daftarkan dirimu pada kursus vocasia “Belajar TOEFL Online Secara Efektif”.

https://bit.ly/3MGkAmv

Penulis : Ilham Mahdika Saputra – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *