Tanggal:02 May 2024

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan 5 Cara Ampuh Belajar Grammar untuk Pemula

Kemampuan membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis dalam Bahasa Inggris adalah hal-hal yang membutuhkan kemampuan grammar. Dalam mempelajari grammar Bahasa Inggris bukan sesuatu yang mudah untuk seorang pemula. Butuh penguasaaan 16 tenses atau perubahan kata kerja berdasarkan kondisi dan waktu yang terjadi.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Grammar menjadi suatu hal dasar yang wajib dikuasai ketika belajar bahasa Inggris. Berikut cara mudah belajar grammar untuk pemula!

Baca Juga: 7 cara promosi makanan lewat instagram maksimalkan berbagai peluang

Tips Belajar Grammar untuk Pemula

Tips belajar grammar. Sumber: pexels.com

Mempelajari grammar sebagai tata bahasa dalam Bahasa Inggris adalah hakikat sebuah bahasa yang perlu tersusun dengan pola tertentu. Grammar memiliki 8 bagian yang biasa disebut part of speech. 

Banyak yang beranggapan bahwa memahami grammar dan part of speech adalah hal yang sulit. Padahal, mempelajari grammar adalah modal awal yang diperlukan untuk menguasai Bahasa Inggris. 

Bagi kamu yang sedang mempelajari grammar secara mendalam, berikut ada beberapa cara ampuh untuk menguasai grammar bahasa Inggris yang bisa kamu praktikkan, simak yuk!

Baca Juga: 5 jenis konten video yang dapat menghasilkan uang

1. Pelajari Materi Dasar

Mempelajari grammar bisa dimulai dari hal dasar yang menjadi pondasi. Kamu bisa mencari lebih lanjut materi dasar yang akan menjadi bekal untuk mempelajari materi berikutnya secara berkala.

Kamu bisa mulai dengan menghafal dan memeriksa berbagai kosakata bahasa Inggris beserta to be apa saja yang digunakan. Selain itu, kamu juga dapat memulai untuk memahami 16 tenses yang terdapat di Bahasa Inggris. 

2. Pahami Struktur Bahasa Inggris

Memahami struktur penting diterapkan saat mempelajari Bahasa Inggris. Misalnya dengan mengetahui formula atau rumus yang terdapat dalam 16 tenses bahasa Inggris. Cobalah untuk mempelajari dan menguasai masing-masing tenses.

Memahami penggunaan 16 tenses bahasa Inggris dapat memudahkanmu dalam mengaplikasikan grammar. Struktur yang berupa rumus tidak harus selalu kamu hafalkan, tetapi kamu dapat melihat dari contoh kalimat yang digunakan. 

3. Jadikan Kebiasaan

Terapkan grammar dalam setiap kalimat yang kamu gunakan secara berulang kali, maka hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Hal ini akan mempengaruhi mindset atau cara berpikirmu.

Jika biasanya kamu hanya menonton film dan mendengarkan lagu bahasa Indonesia saja, coba untuk memulai biasakan diri menonton film dan mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Sambil sesekali kamu melihat dialog dan lirik lagunya, jika ada kosakata yang tidak kamu ketahui maknanya kamu bisa membiasakan diri untuk menerjemahkannya sendiri.

Selain itu, hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca buku atau artikel berbahasa Inggris untuk menguasai grammar Bahasa Inggris. Buku atau artikel memiliki susunan kalimat yang baku, sehingga saat membaca dan mengerti setiap kalimatnya kamu akan terbiasa dengan grammar yang benar

Apabila kamu sudah memiliki kebiasan yang berhubungan dengan bahasa Inggris sehari-hari, kamu bisa meningkatkan effort dari kebiasaan itu menjadi sesuatu yang menyempurnakan usahamu untuk menguasai grammar bahasa Inggris. Ketika sudah menjadi kebiasaan, usahakan untuk mempraktikkannya secara langsung dalam setiap kesempatan baik secara lisan ataupun tulisan.

4. Sediakan Kamus

Kamus bagian penting yang akan menemani kamu menguasai grammar bahasa Inggris. Ketika kamu dihadapi dengan grammar Bahasa Inggris yang belum kamu kamu kuasai, cari dan temukan kosakata melalui kamus. 

Kecanggihan teknologi saat ini menjadikan kamus bisa diperoleh dengan cara mudah. Kamu tidak lagi membawa kamus tebal kemana-mana, hanya dengan mengunduh aplikasi kamus dalam smartphone sudah dapat digunakan secara online/offline. Kemajuan teknologi bisa memudahkan jalanmu dalam mendapatkan informasi apa saja.

Selain kamus, manfaatkan juga kecanggihan teknologi ini untuk membantu kamu belajar grammar bahasa Inggris lebih mudah. Dunia pendidikan saat ini juga memanfaatkan teknologi, sehingga banyak sekali online course yang menyediakan berbagai kemampuan termasuk penguasaan grammar bahasa Inggris. 

5. Sharing bersama Rekan yang Pandai

Dalam memaksimalkan langkah belajar grammar Bahasa Inggris, kamu bisa melakukan sharing dengan teman yang pandai bahasa Inggris. Manfaat dari sharing dengan teman adalah membantumu mengetahui letak kesalahan yang dilakukan saat menyusun kalimat. Sharing dengan rekan sejawat atau teman yang pandai bahasa Inggris juga akan membuat wawasanmu lebih cepat berkembang dan meluas.

Selain itu, kamu bisa mencoba berteman dengan native speaker dari negara asalnya melalui media sosial. Lagi-lagi teknologi menyediakan banyak platform yang akan memudahkanmu untuk berteman dengan seluruh orang dari berbagai belahan di dunia. 

Baca Juga: 8 tips promosi minuman di sosial media dagangan auto laris manis

Itu dia 5 cara ampuh belajar grammar untuk pemula. Pentingnya grammar akan berpengaruh terhadap penguasaan Bahasa Inggris kamu kedepannya. Untuk itu, belajarlah dengan sungguh-sungguh agar kamu mendapatkan ilmu yang berguna selanjutnya, 

Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar grammar bahasa Inggris kamu dapat mempersiapkan kursus grammar bahasa inggris di Vocasia. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%! 

Share

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *