Tanggal:28 April 2024

Seberapa Pentingkah Kaca Spion untuk Kendaraan Anda?

Dalam berkendara baik itu menggunakan mobil atau motor, sebaiknya Anda perlu memperhatikan faktor-faktor keselamatan dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan ketika hendak berkendara adalah mengecek dan melengkapi alat-alat pendukung yang akan menunjang keselamatan Anda ketika berkendara. Oleh sebab itu, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah dengan melengkapi kendaraan Anda dengan menggunakan kaca spion.

Kaca spion adalah salah satu alat kelengkapan yang wajib ada pada kendaraan baik itu mobil ataupun motor. Kenapa kaca spion penting bagi kendaraan Anda? Karena kaca spion memiliki peranan cukup penting. Bukan hanya sekedar aksesoris saja, tapi kaca spion adalah alat kelengkapan yang wajib ada pada kendaraan yang fungsinya menjaga keamanan dalam berkendara.

Lalu apa saja sih fungsi dari kaca spion ini? Berikut adalah penjelasan dari fungsi kaca spion pada kendaraan :

Fungsi umum kaca spion kendaraan

  1. Menjaga body kendaraan, khususnya pada kendaran mobil agar tidak mudah disenggol atau diserempet oleh pengguna kendaraan lain.
  2. Mencegah terjadinya tindak kejahatan, karena dengan adanya spion kendaraan akan memudahkan Anda untuk tetap awas terhadap hal mencurigakan di jalanan seperti pelaku begal atau copet yang membuntuti kendaraan Anda dari arah belakang.
  3. Menjadi “mata” bantuan saat parkir paralel, karena hal ini akan memudahkan Anda dalam memposisikan kendaraan secara tepat agar tidak bersinggungan dengan kendaraan lain saat sedang parkir.
  4. Membantu merapikan diri ketika selesai berkendara, khususnya bagi kendaraan motor yang fungsinya untuk bercermin setelah menggunakan helm motor yang membuat kondisi rambut menjadi berantakan.

Fungsi kaca spion bagi mobil

1) Spion luar

Jenis spion kendaraan ini pasti sudah dikenal banyak orang. Spion mobil luar ini sama seperti spion motor yang berjumlah 2 buah yaitu kiri dan kanan. Dengan spion kendaraan ini, pengguna mobil akan melihat sisi belakang kiri dan kanan mobil sehingga dapat mengetahui kondisi atau kendaraan di area belakang mobilnya. Fungsi lain spion luar mobil yaitu mampu memperlihatkan seperempat bodi mobil. Spion luar mobil ini memiliki 2 sistem pengaturan yaitu cara manual dan elektrik.

2) Spion dalam

Spion kendaraan ini letaknya berada di dalam kendaraan mobil atau sering disebut interior mobil. Umumnya spion kendaraan ini diletakkan di plafon mobil bagian depan dekat kaca depan kendaraan. Namun, terdapat pula spion kendaraan yang ditempatkan secara menempel dengan kaca depan seperti menyatu. Fungsi dari spion kendaraan dalam ini biasanya digunakan saat akan melakukan parkir mundur agar dapat melihat kondisi belakang mobil apakah terdapat kendaraan lain atau tidak. Spion dalam ini dapat ditambahkan dengan pengaturan jarak menggunakan sistem manual atau digerakkan menggunakan tangan.

3) Spion tambahan

Spion kendaraan jenis ini adalah pelengkap dari spion kendaraan yang sudah ada pada kendaraan. Spion mobil ini dikenal dengan nama blind spot mirror yaitu spion yang digunakan untuk melihat objek di area blind spot atau titik buta yang biasanya tidak bisa diperlihatkan oleh spion standar. Umumnya, spion tambahan ini diletakkan pada bagian spion luar dengan cara ditempelkan. Namun, terdapat pula spion tambahan ditempatkan di atas fender ban depan yang fungsinya untuk mengetahui jarak antara roda mobil dengan pembatas jalan, got atau trotoar.

Fungsi kaca spion bagi motor

  1. Pada kendaraan beroda dua atau motor, spion kendaraan motor berjumlah dua buah yaitu kiri dan kanan. Fungsi dari kedua spion kendaraan ini hampir sama yaitu untuk melihat kondisi lalu lintas di belakang Anda saat berkendara. Saat Anda akan pindah jalur, Anda pasti perlu menggunakan spion kendaraan untuk mencegah terjadinya tabrakan. Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, Anda dapat menempatkan posisi motor yang dikemudikan agar tidak menghalangi kendaraan lainnya yang ada di belakang. Penggunaan spion kendaraan akan meminimalisir terjadinya kecelakaannlalu lintas.
  2. Kepadatan lalu lintas menyebabkan motor sering berhimpitan dengan kendaraan lainnya. Disaat kondisi seperti ini, Anda dapat memanfaatkan kaca spion kendaraan untuk melihat sisi kendaraan dan memastikan kendaraan motor Anda tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain.

Nah di atas sudah dijelaskan mengenai fungsi dari kaca spion. Lalu setelah dijelaskan seberapa pentingnya kaca spion bagi kendaraan, apakah Anda akan merasa aman jika berkendara tanpa adanya kaca spion? Yuk lengkapi kendaraan Anda dengan alat-alat pendukung seperti kaca spion yang dapat menjaga keselamatan Anda selama perjalanan.

Penulis Asli: Ranti Lisna Wati [Kelompok D – Studi Independen Vocasia]

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *