Tanggal:14 June 2024

Tentang Vocasia, Perusahaan Edutech di Indonesia

Apa itu Edutech

Edutech atau Teknologi Pendidikan adalah gabungan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran. Edutech mencakup alat materi, proses, dan landasan teoretis untuk mendukung pembelajaran dan pengajaran. Di Indonesia, Edutech telah berkembang sejak sekitar tahun 2015, dan saat ini banyak startup Edutech yang menawarkan berbagai platform pembelajaran online.

Jenis Edutech

Berikut adalah beberapa jenis Edutech yang dapat ditemukan:
1. E-learning: Jenis Edutech yang menyediakan platform daring untuk menyajikan materi pembelajaran secara online dengan berbagai konten interaktif, video on demand, dan live tutoring. Layanan e-learning paling banyak digunakan oleh masyarakat umum di Indonesia.
2. Learning Management System (LMS): Jenis Edutech yang menyediakan sistem manajemen pembelajaran untuk mengatur dan mengelola materi pembelajaran, tugas, dan interaksi antara pengajar dan peserta didik.
3. Software as a Service (SaaS): Jenis Edutech yang menyediakan perangkat lunak sebagai layanan untuk mendukung pembelajaran, seperti aplikasi pembelajaran interaktif, platform kolaborasi, dan alat evaluasi.
4. Massive Open Online Course (MOOC): Jenis Edutech yang menyediakan kursus online yang terbuka untuk umum. MOOC memungkinkan akses ke materi pembelajaran dari berbagai universitas terkenal di Indonesia dan luar negeri.
5. Test Preparation Platform: Jenis Edutech yang menyediakan platform persiapan ujian untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ujian, seperti ujian masuk perguruan tinggi atau ujian sertifikasi.

Manfaat Edutech

Edutech memiliki banyak manfaat dalam kegiatan pembelajaran. Berikut adalah beberapa manfaat Edutech dalam pembelajaran:

1. Membalik ruang kelas: Gaya belajar yang diperkenalkan oleh Edutech dapat membantu siswa untuk menumbuhkan kebiasaan belajar mandiri, kreativitas, dan rasa kolaborasi di antara siswa.
2. Pelajaran yang menarik perhatian: Edutech dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah diingat. Dengan berbagai konten interaktif, video on demand, dan live tutoring, siswa dapat lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar.
3. Meningkatkan kolaborasi: Edutech dapat meningkatkan kolaborasi antara siswa dan pengajar. Dengan adanya platform daring, siswa dapat berinteraksi dengan pengajar dan teman sekelas secara online.
4. Akses pembelajaran kapan saja dan di mana saja: Edutech memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Hal ini memudahkan siswa yang memiliki kesibukan di luar kelas untuk tetap belajar dan mengikuti perkembangan pembelajaran
5. Meningkatkan kesiapan siswa dalam berkarir: Edutech dapat membantu siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja. Dengan adanya kursus online dan platform persiapan ujian, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja.

Perusahaan Edutech di Indonesia

Berikut adalah beberapa perusahaan Edutech yang dapat ditemukan di Indonesia:
1. PT. SIPS Edutech Indonesia: Perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi pendidikan dan kesehatan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2015.
2. Ruangguru: Perusahaan Edutech yang menyediakan platform daring untuk belajar secara online. Ruangguru menyediakan berbagai konten pembelajaran, seperti video on demand, live tutoring, dan kelas daring.
3. Quipper: Platform belajar daring yang menyediakan konten pembelajaran untuk siswa dari tingkat SD hingga SMA
4. Zenius: Perusahaan Edutech yang menyediakan platform daring untuk belajar secara online. Zenius menyediakan berbagai konten pembelajaran, seperti video on demand, kelas daring, dan kelas privat.
5. Lingkaran: Wadah edukasi kreatif yang menawarkan program pengembangan kewirausahaan dan pelatihan keterampilan khusus dalam bidang kreatif dan digital.

Vocasia Sebagai Perusahaan Edutech

Vocasia adalah sebuah perusahaan Edutech yang menyediakan platform belajar daring (online learning) di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan kursus online bersertifikasi yang diklaim sebagai yang terbaik nomor satu di Indonesia.

Selain itu, Vocasia juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program magang di perusahaan mereka. Magang di Vocasia memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan berkontribusi di perusahaan Edutech ini. Vocasia juga dikategorikan sebagai lembaga Edutech profesional.

Visi dan Misi Vocasia

Visi:
“Menjadi platform kursus online terintegrasi yang terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara.”

Misi:
1. “Menghadirkan kursus online berkualitas tinggi yang terjangkau dan mudah diakses bagi semua orang.”
2. “Mengembangkan dan menyediakan konten pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pasar.”
3. “Menggunakan teknologi terbaru untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.”
4. “Mengembangkan kemitraan strategis dengan institusi pendidikan dan perusahaan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.”
5. “Mendorong pengembangan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja.”

Perkembangan Vocasia

Saat ini, Vocasia telah menyediakan kesempatan magang bagi mahasiswa untuk belajar dan berkontribusi di perusahaan mereka. Hal ini menunjukkan perkembangan Vocasia dalam memberikan peluang pengembangan bagi generasi muda.

Perusahaan ini melakukan seleksi ketat terhadap materi pembelajaran yang disediakan. Mereka memastikan bahwa materi yang disajikan relevan, terkini, dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemudian mereka bekerja sama dengan pengajar yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Pengajar tersebut memiliki pengetahuan dan keahlian yang mendalam dalam topik yang diajarkan, sehingga dapat memberikan pelatihan yang berkualitas.

Vocasia juga melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang disediakan dan menerima umpan balik dari peserta. Hal ini membantu mereka untuk terus meningkatkan kualitas pelatihan dan memastikan kepuasan peserta. Ini menunjukkan bahwa Vocasia terus berinovasi dan berusaha untuk menghadirkan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan pasar.

Penulis : Wafiq Azizah – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *