Tanggal:30 May 2024

Sakuku: Tunjang Gaya Hidup bersama Dompet Digital BCA

 

 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat pada era ini, proses transaksi pun semakin dimudahkan dengan munculnya beragam dompet digital di Indonesia. Dompet digital adalah layanan yang memungkinkan pengguna menyimpan uang dalam akun atau aplikasi di ponsel atau di device lainnya. Dengan dompet digital, pengguna bisa melakukan transaksi keuangan seperti mentransfer uang, membayar tagihan, ataupun membeli produk atau layanan. Dompet digital ini juga sangat berpengaruh bagi gaya hidup modern yang sangat terhubung dengan teknologi digital dan internet. Orang-orang dengan lifestyle ini biasanya sering melakukan berbagai kegiatan seperti berbelanja online, mengakses konten digital seperti buku, koran elektronik, film, musik, serta melakukan interaksi sosial dan membagikan aktivitas hidupnya dengan teman dan keluarga melalui berbagai media sosial yang sudah ada. Dalam berbagai kegiatan yang telah disebutkan, tidak jarang terjadi aktivitas transaksi. Sehingga, dapat dikatakan dompet digital saat ini juga menjadi bagian hidup bagi semua orang.

Maraknya dompet digital atau e-wallet dikarenakan berbagai manfaat yang diberikan oleh aplikasi serba bisa ini. Kemudahan disajikan dalam melakukan transaksi yang cepat dan aman, sehingga pengguna tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang besar dalam sehari-hari. Pada setiap transaksi, pengguna juga dapat melakukan tracking atau melihat riwayat transaksi yang membuat pengguna tidak perlu repot-repot mencatat dan mengingat-ingat setiap transaksi yang dibuat. Selanjutnya, karena berbentuk digital, pengguna bisa mengakses akun, melihat saldo, dan bertransaksi kapan saja dan dimana saja melalui smartphone atau device lain tanpa harus ke cabang bank terdekat. Kemudian, keuntungan berikutnya yang paling diminati oleh banyak pengguna, dompet digital pada umumnya sering mengadakan berbagai promo, diskon spesial, ataupun cashback yang beragam pada setiap merchant bagi pemilik akun. Hal ini menjadi poin menarik karena dengan adanya berbagai macam promo, pengguna bisa termotivasi untuk semakin sering menggunakan dompet digital karena mereka bisa menjangkau produk atau layanan dengan harga yang lebih murah. Melalui penawaran-penawaran tersebut, pengguna dapat memenuhi kebutuhan sekaligus juga menghemat pengeluaran.

Apa itu Sakuku?

Mengikuti jejak dari dompet digital terkenal lainnya, bank ini mengeluarkan layanan dompet digitalnya yang disebut BCA Sakuku. Sakuku adalah layanan dompet digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi elektronik/online. Layanan e-wallet yang disediakan BCA ini memfasilitasi kebutuhan nasabahnya seperti berbelanja, mengisi pulsa, transfer uang, membayar listrik dan masih banyak lagi. Dompet digital Sakuku memiliki kemudahan yang tak kalah banyak dibanding pesaingnya. Proses registrasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan cara mengunduh aplikasinya pada perangkat Android maupun iOS. Tak memiliki banyak persyaratan yang rumit, pengguna hanya perlu menyiapkan data diri nya dan nomor telepon yang aktif untuk pendaftaran. Transaksi melalui Sakuku juga lebih cepat dan praktis untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sakuku juga bisa diakses di luar negeri selama smartphone Anda dapat mengakses jaringan internet dan roaming SMS telah aktif (khusus diperlukan untuk registrasi awal Sakuku). Kemudian, yang tidak kalah penting, pengguna Sakuku berkesempatan besar untuk mendapatkan berbagai promo potongan harga menarik sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan berkesan.

Jenis Program Sakuku BCA

Sakuku sendiri memiliki dua jenis program, yaitu Reguler dan Plus. Keduanya program tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran secara online, juga membeli pulsa dan mengecek mutasi pengeluaran. Namun, yang membedakan antara program Reguler dan Plus adalah jenis fitur yang lebih banyak. Program Sakuku Plus memiliki fitur transfer, split bill, dan tarik tunai yang tidak dimiliki oleh program Reguler. Selain itu, program Reguler hanya bisa menampung saldo sebesar Rp2.000.000, sedangkan program Plus bisa menampung saldo sampai dengan Rp10.000.000.

Cara Registrasi Sakuku BCA

Setelah mengetahui manfaat dan jenis program dari dompet digital keluaran BCA ini, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mendaftarkan akun di Sakuku. Sebagai informasi, Sakuku dapat digunakan oleh siapapun tanpa harus menjadi nasabah dari BCA. Cara mudah registrasi akun di Sakuku adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, pastikan Anda memiliki perangkat Android dan/atau iOS
  2. Unduh aplikasi Sakuku di Play Store untuk android, atau Apple Store untuk pengguna iOS.
  3. Setelah mengunduh, buka aplikasi dan isi data diri Anda dengan lengkap.
  4. Lakukan verifikasi dan buatlah 6 digit PIN.
  5. Setelah Anda membuat PIN, Anda bisa melakukan top-up saldo dengan total maksimal Rp2.000.000.
  6. Setelah memiliki saldo, maka aplikasi dompet digital BCA sudah dapat Anda gunakan.

Dalam proses registrasi tersebut, pengguna akan dikenakan biaya SMS yang berbeda tergantung jenis operator. Biaya SMS akan memotong pulsa (prabayar) atau masuk ke tagihan bulanan (pascabayar). Untuk mengisi saldo akun Sakuku, Anda bisa memilih berbagai pilihan cara untuk melakukan top-up. Top-up dapat dilakukan melalui mobile banking BCA, ATM BCA, ataupun lewat merchant yang telah bekerja sama seperti Alfamart.

Itulah tadi informasi sekilas mengenai dompet digital BCA. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Sakuku, kunjungi website bca.co.id.

Penulis: Valentina Chrysanti Herjanto

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *