Tanggal:30 May 2024
SiCepat Dan Tokopedia

SiCepat Dan Tokopedia

SiCepat merupakan salah satu layanan pengiriman yang tersedia di Tokopedia. Kamu dapat memilih jenis layanan pengiriman yang disediakan seperti Reguler Service, Next-day Service, Cargo Service (SiCepat Gokil) dan SiCepat Halu (Ekonomi).

Apabila kamu ingin menggunakan SiCepat sebagai layanan pengiriman dengan sistem pick up, kamu diharapkan telah membaca dan memahami syarat ketentuan yang berlaku sebelum menggunakan layanan kurir yang terkait.

Untuk saat ini sicepat  menggunakan layanan manual karena layanan tersebut hanya tersedia di Tokopedia sehingga pengirimannya dapat menggunakan kode booking dari Tokopedia saja.

Dengan fitur AWB otomatis, penjual tidak lagi perlu menginput resi. Karena resi akan ter input secara otomatis.

Ongkos kirim dan area jangkauan layanan dapat berbeda sesuai dengan kesepakatan promosi dan kerjasama yang berlaku.

Label pengiriman dapat memudahkan proses scan pickup oleh kurir. Apabila penjual tidak mencetak label pengiriman, penjual dapat menuliskan nomor resi booking pada paket.

Penjual dapat tetap mengikuti jadwal pickup yang sudah ada tanpa melakukan request pickup di sistem Tokopedia dengan proses pickup maksimal 3 jam sebelum pesanan batal. Selama nomor resi booking tertulis pada paket ataupun berhasil di-scan dari label pengiriman, status pengiriman akan ter-update pada sistem Tokopedia.

Penjual bisa melakukan drop off langsung ke gerai SiCepat maksimal 3 jam sebelum pesanan batal. Selama penjual sudah melakukan request pickup dan nomor resi booking tertulis pada paket ataupun berhasil di-scan dari label pengiriman, status pengiriman akan ter-update pada sistem Tokopedia.

Pengiriman kamu akan dianggap terlambat apabila pengiriman melebihi batas waktu pengiriman sebagai berikut:

SiCepat Dan Tokopedia

Sumber: Tokopedia

SYARAT DAN KETENTUAN

Umum

  1. Pengiriman dengan SiCepat di Tokopedia bekerja sama dengan PT Semangat Logistik Andalan, yakni perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa pengangkutan, di mana salah satu kegiatan usahanya mencakup manajemen pengurusan jasa transportasi barang.
  2. PT Semangat Logistik Andalan bertindak sebagai pihak yang menghubungkan antara SiCepat dengan Tokopedia dalam menyediakan layanan pengiriman barang kepada pengguna di Situs/Aplikasi Tokopedia.
  3. Paket pengiriman SiCepat di Tokopedia terdiri dari tiga pilihan, yaitu Reguler Service, Kargo (SiCepat Gokil) dan BEST (Besok Sampai Tujuan).
  4. Untuk skema pembulatan berat SiCepat dapat dilihat di table berikut: 
  5. Perhitungan kilogram didasarkan atas berat ditimbang atau berat secara volumetrik (diambil yang terberat). Rumus penghitungan volumetrik adalah (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6000. Misalnya, suatu paket memiliki volume 50 cm x 50 cm x 50 cm. Maka perhitungan beratnya adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm dibagi 6.000 = 20.83 Kg, dibulatkan menjadi 21 Kg.
  6. SiCepat hanya akan mengangkut dokumen atau barang pada syarat dan ketentuan yang berlaku di SiCepat.
  7. SiCepat berhak untuk menolak atau menerima dokumen transportasi atau item tertentu dari penjual, sesuai dengan ketentuan yang ada di SiCepat.
  8. SiCepat berhak membawa dokumen atau barang milik penjual menggunakan penanganan, penyimpanan, dan transportasi yang cocok sesuai kebijakan SiCepat.
  9. Dokumen atau barang kemasan penjual adalah tanggung jawab penjual, SiCepat tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dokumen atau ketidaksempurnaan kemasan barang yang disebabkan oleh penjual. Ketentuan barang yang dapat diklaim adalah barang yang rusak dengan ketentuan bahwa barang yang rusak telah dikemas sesuai dengan standar yang dimiliki oleh SiCepat diantaranya:
    • Menggunakan kemasan (packing) kayu dengan ketentuan jarak antar satu kayu ke kayu lainnya padat dan kayu tertempel rapat sehingga kuat. Apabila ternyata ditemukan barang yang dikemas dalam kemasan kayu tersebut rusak, namun kemasan kayu tidak rusak, maka SiCepat tidak dapat menerima klaim ganti rugi tersebut;
    • Lapisan terluar barang terdapat kardus yang dilapisi kembali oleh plastik dan/atau bubble wrap agar tidak tembus air;
    • Barang dibungkus kardus dengan ketebalan kardus minimal 2 (dua) lapis; 
    • Menggunakan bubble wrap untuk membungkus barang yang berada di dalam kardus dan melapisi kembali permukaan luar kardus tersebut dengan bubble wrap; dan
      Tidak terdapatnya celah ataupun rongga pada sisi kardus sehingga barang yang berada pada dalam kardus tetap berdiri kokoh.
  10. Penjual bertanggung jawab untuk menyertakan nama dan alamat lengkap tujuan pengiriman, jenis atau isi dokumen atau barang kiriman sehingga pengiriman bisa dilakukan dengan benar.
  11. SiCepat tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerugian, kerusakan dan biaya yang timbul dari kelalaian dan kesalahan penjual dalam memenuhi kewajiban-kewajiban di atas.

Larangan pengiriman

  1. SiCepat tidak menerima pengiriman barang sebagai berikut:
    • Barang berbahaya yang mudah meledak dan terbakar, Alkohol, obat-obatan terlarang, minuman keras, dan/atau barang-barang yang menurut pihak berwajib dilarang diproduksi dan diedarkan;
    • Barang perhiasan dan/atau barang berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada emas, perak dan berlian;
    • Binatang dan tumbuhan hidup, termasuk namun tidak terbatas pada hasil olahan binatang dan tumbuhan yang dilindungi, dan bagian-bagian dari hewan langka yang telah mati/diawetkan;
    • Barang ilegal termasuk namun tidak terbatas pada organ manusia, barang curian, peralatan dan/atau perlengkapan judi, senjata api, senjata tajam, dan airsoft gun; 
    • Uang tunai dan surat atau dokumen berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada cek, surat warkat pos, kartu pos, buku nikah asli, paspor, ijazah asli, dokumen tender, giro, efek, obligasi, saham, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, dan/atau BPKB asli;
    • Barang cetakan, rekaman atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas, keamanan dan ketertiban umum;
    • Barang berbahaya dan beracun (B3) yang dapat membahayakan kurir saat proses pengiriman termasuk namun tidak terbatas pada bahan kimia yang mudah terbakar atau meledak, sianida, bahan yang menimbulkan iritasi dan beracun pada tubuh manusia, cairan kimia korosif, bahan beracun dan barang berbahaya lainnya;
    • Barang-barang yang terbuat dari bahan gelas, keramik, dan pecah belah;
    • Benda cair dalam bentuk apapun;
    • Makanan dan minuman yang mudah rusak, basi, atau basah;
    • Voucher telepon seluler yang tanpa menggunakan fitur Tokopedia Insurance;
    • Komoditi yang bernilai tinggi termasuk namun tidak terbatas pada sarang burung walet, bulu binatang, dan/atau sutra yang tidak menggunakan fitur Tokopedia Insurance;
    • Barang yang dianggap bernilai sejarah tinggi kecuali pengiriman menggunakan fitur Tokopedia Insurance;
    • Jenazah dan/atau abu jenazah; 
    • Organ tubuh manusia; 
    • Limbah; dan
    • Barang yang dilarang untuk diperjualbelikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia yang dapat dilihat DISINI.
  2. Apabila penjual mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan SiCepat, SiCepat dibebaskan dari segala tuntutan ganti rugi, biaya dan tuntutan yang mungkin timbul dari pihak mana pun.
  3. SiCepat berhak untuk mengambil semua langkah yang diperlukan sesegera SiCepat mengetahui adanya pelanggaran kondisi ini, termasuk untuk menjalankan hak-hak yang diatur dalam undang-undang perlindungan konsumen.

Inspeksi

  1. SiCepat berhak tetapi tidak berkewajiban untuk memeriksa barang atau dokumen yang dikirim oleh penjual untuk memastikan bahwa pengiriman dokumen atau barang benar-benar memenuhi syarat untuk diangkut ke alamat tujuan pada ketentuan prosedur operasi standar dan metode penanganan SiCepat.
  2. SiCepat dalam melaksanakan hak-hak mereka tidak menjamin atau menyatakan bahwa seluruh pengiriman layak untuk transportasi.
  3. SiCepat tidak bertanggung jawab atas isi dari kiriman yang tidak cocok dengan deskripsi yang diberikan penjual kepada SiCepat.

 Jaminan Kepemilikan

  1. Penjual dengan ini menjamin bahwa yang bersangkutan adalah pemilik yang sah dan berhak atas penyerahan dokumen atau barang yang akan disampaikan oleh SiCepat dan telah setuju untuk terikat dengan syarat dan kondisi.
  2. Penjual menyatakan SiCepat dibebaskan dari tuntutan pihak manapun dan dari semua biaya dan kerusakan atau biaya lainnya dalam hal pelanggaran jaminan ini.
  3. SiCepat hanya bertanggung jawab untuk membayar kerugian yang diderita sebagai akibat dari kerusakan atau kerugian pengiriman dokumen atau barang yang terjadi ketika barang atau dokumen masih di bawah kontrol dari SiCepat, dengan catatan hanya jika kerusakan tersebut semata-mata karena kelalaian SiCepat.
  4. SiCepat tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kerugian, termasuk dan tidak terbatas pada kerugian komersial, kerugian tidak langsung atau keuangan lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam transportasi atau pengiriman yang disebabkan oleh hal-hal yang berada di luar kemampuan kontrol SiCepatatau kompensasi untuk kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam atau Force Majeure.
  5. Nilai ganti rugi sesuai dengan syarat dan ketentuan SiCepat. Dalam menentukan nilai akuntabilitas SiCepat mempertimbangkan nilai dari dokumen atau penggantian barang pada waktu dan tempat pengiriman, tanpa 
  6. menghubungkan dengan nilai komersial dan konsekuensi kerugian.

Prosedur Klaim

  1. Setiap klaim sehubungan dengan kewajiban dan tanggung jawab SiCepat harus disampaikan secara tertulis dan diterima oleh kantor SiCepat paling lambat 10 (sepuluh) hari setelah tanggal di mana semestinya dokumen atau barang sudah sampai.
  2. Jumlah klaim tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan jumlah tagihan yang tertera.
  3. Apabila Pembeli tidak menggunakan asuransi pada saat pengiriman, maka Penjual hanya berhak mendapatkan biaya penggantian sebesar 10 (sepuluh) kali dari biaya pengiriman dengan jumlah maksimal Rp1.000.000,- (satu juta Rupiah) atau seharga nominal barang, dengan pemilihan nominal paling rendah diantara keduanya per transaksi yang menggunakan layanan pengiriman dengan SiCepat.

Penggunaan Data

  1. Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan, membagikan dan meneruskan informasi dan/atau data pengguna kepada SiCepat dan PT Semangat Logistik Andalan yang berkaitan dengan kepentingan layanan pengiriman.
  2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan terkait data-data dari profil pengguna yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Republik Indonesia.
  3. Penggunaan data pengguna sehubungan dengan Pengiriman dengan SiCepat akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.

Penulis: Dimas Galih Argi Pangestu (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *