Tanggal:04 May 2024
Skill Bertambah Dengan Mengikuti Kursus Online Bersertifikat

Skill Bertambah Dengan Mengikuti Kursus Online Bersertifikat

Siapa bilang untuk dapat kerja kamu wajib memiliki pendidikan formal? Di era saat ini untuk mencari pekerjaan sudah mulai sulit. Persaingan yang semakin ketat ditambah dengan kompetensi yang semakin hari semakin berkembang. Kalau cuma mengandalkan ijazah perguruan tinggi ataupun ijazah sekolah, itu tak lagi cukup. Ijazah tingkat sekolah, bahkan ijazah pada tingkat perguruan tinggi pun belum menjamin seseorang memiliki kompetensi teknikal pada bidang tertentu yang dibutuhkan oleh pasar

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Para pemangku pasar pada massa ini memiliki anggapan bahwa lulusan perguruan tinggi rata-rata belum siap tempa. jadi, kalau kamu ingin lebih kompetitif di pasar tenaga kerja, kamu harus memiliki kompetensi tertentu yang dapat dibuktikan melalui selembar sertifikat.

Masih banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk dapat meningkatkan peluang untuk meraih pekerjaan yang diimpikan! Salah satunya caranya adalah dengan berpartisipasi pada kursus online bersertifikat.

Untuk saat ini sudah banyak platform kursus online yang sudah menyediakan berbagai pelatihan dan juga kursus yang bersertifikat. Akan lebih baik kalau kamu untuk dapat mengikuti kursus online sesuai keterampilan atau skill yang kamu minati untuk kamu pelajari serta dalami; dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Berpartisipasi dalam kursus online, kamu tidak hanya menambah ilmu, tapi juga mendapatkan sertifikat online yang dapat diakui secara nasional maupun internasional untuk kamu tambahkan ke dalam CV dan resume untuk dapat meningkatkan Value diri kamu di pasar 

Penasaran dengan manfaat kursus online bersertifikat untuk membangun impianmu? Langsung saja telusuri artikel dibawah ini!

Manfaat mengikuti kursus online bersertifikat

Kursus online tidak hanya berguna untuk orang-orang yang sedang membangun karir, namun para pelajar juga dapat mengikuti kursus online bersertifikat untuk menambah wawasan mereka. Dari hari ke hari, ada banyak sekali pengetahuan-pengetahuan baru yang bermunculan. Oleh karena itu, penting rasanya agar tidak ketinggalan zaman dengan selalu mengasah kemampuan dan wawasan melalui kursus online bersertifikat.

Menambah wawasan dan mendapatkan sebuah sertifikat yang dapat memvalidasi kemampuanmu bukanlah satu-satunya manfaat dari mengikuti kursus online. Masih ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus online!

Memperbesar Peluang Kerja

Sekarang ini, perusahaan-perusahaan selalu mencari orang-orang dengan sertifikasi untuk bekerja di perusahaan mereka, khususnya dalam bidang teknologi. Biasanya, setelah mengikuti serangkaian kegiatan kursus online, kamu akan diberikan sertifikat yang dapat kamu cantumkan pada CV maupun resume.

Dengan adanya sertifikat resmi dari kursus online tersebut, kamu dapat bersaing dan bisa jadi lebih menonjol dari para pelamar lainnya. Peluang kamu juga akan lebih meningkat, jika kursus online yang kamu ikuti tersebut dapat memberikan sertifikat yang diakui secara internasional

Menambah Koneksi

Kursus online akan berlangsung secara online dan dapat menghubungkan beberapa orang dari berbagai daerah, bahkan dari berbagai orang di belahan dunia. Nantinya, kamu akan dapat berinteraksi dengan orang baru dari daerah yang berbeda, budaya yang berbeda, latar belakang berbeda, juga bahasa yang berbeda. Tak jarang, kamu akan mendapatkan teman baru dari kursus online tersebut. Dari kegiatan interaksi tersebut, kamu akan menambah link koneksi baru dan akan berguna suatu saat nanti untuk membangun karir kamu kedepannya.

Lebih Praktis

Pada saat massa pandemi, sebagian besar manusia melakukan aktivitas yang berlangsung secara online, termasuk kegiatan belajar mengajar. Inilah hal yang membuat kursus online diminati daripada kursus konvensional yang mengharuskan pesertanya untuk tatap muka secara on site

Selain itu, kursus online biasanya memiliki jadwal yang cenderung fleksibel dan tidak kaku. Kamu bisa mempelajari materi yang diberikan serta dapat mengikuti ujiannya kapanpun dan dimanapun.

Dengan mengikuti kursus online, kamu tidak perlu memikirkan untuk menyeimbangkan jadwal pekerjaanmu  atau kuliahmu dengan jadwal kursus online. Kamu masih bisa belajar pada kursus online sambil bekerja ataupun sambil menimba ilmu di perkuliahan atau sekolah.

Terbiasa dengan Teknologi

Persaingan dunia kerja yang makin hari makin ketat membuat banyak perusahaan makin jeli untuk dapat mencari bibit-bibit unggul yang ada. Salah satu hal yang bisa membuat dirimu dapat terlihat oleh perusahaan adalah kemampuan dalam pemahaman mengenai teknologi. Mengikuti kursus online membuatmu makin terbiasa dan terekspos dengan teknologi digital yang marak digunakan sekarang ini.

Memupuk Kebiasaan untuk Disiplin

Yang membedakan kursus online dengan kurtosis pada biasanya adalah tidak akan ada orang yang memantau maupun mengingatkanmu untuk mengikuti kursus online. Hanya dirimu sendiri yang dapat memotivasi untuk dapat mengikuti pembelajaran dan mengatur dirimu agar tetap disiplin untuk menyelesaikan semua kegiatan pada kursus tersebut. 

Secara tidak langsung, kamu juga melatih dirimu sendiri untuk menjadi orang yang lebih disiplin dan teguh. Kualitas pekerja yang seperti itu sering dicari orang perusahaan dan hal tersebut dapat menambah value dirimu pada CV ataupun ketika saat wawancara kerja kamu nanti. 

Mengasah Skill di bidang Teknologi

Jika kamu mengikuti serangkaian kegiatan pada kursus online. Secara tidak langsung, kamu harus mempelajari dasar-dasar teknologi, seperti mempelajari dasar komputer, mengoperasikan e-mail dan dapat menggunakan beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi konferensi video untuk dapat mengakses platform kursus online bersertifikat yang kamu jalani. Kamu juga akan  dalam menggunakan software tertentu untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan mentor maupun dengan teman pada kursus tersebut.

Penulis: Chifny Vanisha Stephany (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *