Tanggal:03 May 2024

Bingung Memilih Sepeda Motor yang Cocok untuk Anda? Ini dia Tips Memilih Sepeda Motor yang Tepat

Meski sudah banyak pilihan transpostasi di Indonesia, tapi masih banyak saja orang yang memutuskan memakai sepeda motor demi menunjang mobilitas sehari-hari. Sepeda motor adalah salah satu kendaraan roda dua yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Alasan mereka memilih sepeda motor dibandingkan mobil sebagai kendaraan pribadinya karena sepeda motor adalah kendaraan yang terbilang cukup fleksibel untuk dikendarai. Selain itu, motor juga adalah kendaraan yang cukup gesit untuk dikendarai ditengah kemacetan jalan dan sangat nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti pergi bekerja, mengantar anak pergi ke sekolah, pergi berbelanja, atau kegiatan lainnya.

Ada banyak jenis sepeda motor yang dapat ditemui di Indonesia. Sepeda motor yang tersedia disesuaikan berdasarkan kebutuhan, hobi, ataupun karakter diri Anda. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin memiliki sepeda motor, namun masih bingung sepeda motor apa yang cocok untuk Anda.

Hal-hal dalam Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Motor

Jangan khawatir! Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli sepeda motor:

  1. Pengalaman Anda dalam berkendara, hal ini menjadi faktor utama untuk Anda dalam memutuskan membeli kendaraan sepeda motor karena pengalaman Anda akan menjadi tolak ukur motor seperti apa yang Anda butuhkan.
  2. Jika Anda memutuskan membeli sepeda motor baru dari dealer resmi, maka Anda perlu melakukan survey. Survey dilakukan untuk membandingkan kecocokan harga dan kebijakan pembelian sepeda motor.
  3. Pilihlah motor yang sesuai dengan karakter Anda, karena masing-masing orang pasti memiliki selera yang berbeda. Pastikan motor yang Anda pilih sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan pastinya sesuai dengan postur tubuh Anda karena untuk memaksimalkan fungsi dan keselamatan. Anda juga dapat menyesuaikan jenis sepeda motor yang akan Anda gunakan, seperti motor bebek, motor matic, motor sport, ataupun motor trail.
  4. Tentukan frekuensi pemakaian, karena hal ini berkaitan dengan seberapa sering Anda menggunakan kendaraan, yang nantinya akan memengaruhi biaya bahan bakar yang digunakan. Jadi, jika Anda cukup sering melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor maka pilihlah kendaraan yang irit bahan bakarnya karena dapat meringkan biaya pembelian bahan bakar.
  5. Anda perlu mengecek garansi mesin & suku cadang yang di berikan oleh pabrikan. Dan perhatikan mengenai berapa lama garansi yang diberikan oleh pabrikan.
  6. Pastikan suku cadang sepeda motor yang Anda pilih mudah didapatkan & ada ketersediaan suku cadang yang asli untuk menjaga performa motor tetap optimal selama beberapa tahun kedepan.
  7. Pilihlah kapasitas mesin yang tidak terlalu kecil, karena performa mesin yang terlalu kecil bisa menjadi kendala di kemudian hari apalagi untuk area yang banyak tanjakan.
  8. Pastikan kenyamanan saat menggunakan motor, karena hal ini akan memengaruhi keselamatan Anda. Untuk dapat memastikannya, Anda bisa melakukan uji coba kendaraan.
  9. Pilihlah kualitas cat pada motor yang baik, karena hal ini dapat mempengaruhi penampilan sepeda motor dalam jangka waktu panjang.
  10. Pilihlah sepeda motor dengan inovasi & pengembangan product yang terbaru. Dengan demikian sepeda motor yang Anda pilih tidak ketinggalan jaman secara teknologi & model.
  11. Pilihlah harga sepeda motor terbaik dengan membandingkan kualitas dari sepeda motor tersebut dan budget yang Anda miliki.

Nah di atas sudah dijelaskan beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli sepeda motor. Namun, selain hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan pendaftaran asuransi sepeda motor yang sangat penting. Mengapa Anda perlu mendaftarkan asuransi sepeda motor? Karena dengan mendaftarkan kendaraan Anda ke dalam asuransi, maka Anda bisa menghemat biaya apabila terjadi resiko, Anda juga dapat mengurus kendaraan Anda dengan cepat dan mudah ketika mengalami kecelakaan kendaraan, dan yang paling pasti Anda akan menjadi lebih aman ketika berkendara.

Dan sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih dan langsung mendaftarkan kendaraan Anda ke dalam asuransi kendaraan dan juga mendaftarkan diri Anda ke dalam asuransi kecelakaan diri yang ada di Indonesia untuk menghindari keadaan yang tak terduga. Jadi, sudah siapkah memiliki kendaraan baru?

Penulis Asli: Ranti Lisna Wati [Kelompok D – Studi Independen Vocasia]

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *