Tanggal:17 June 2024

Toyota New Yaris : Fitur dan Performa Mobil Hatchback Kekinian

Toyota Yaris adalah salah satu mobil hatchback yang cukup populer di Indonesia dan juga di dunia. Mobil ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1999 dan telah mengalami beberapa kali facelift sejak saat itu. Mobil ini memiliki tampilan yang sporty dan modern, serta performa yang handal.

Desain Toyota Yaris

Toyota Yaris memiliki desain eksterior yang terkesan sporty, futuristic, stylish, elegan, dan aerodinamis. Mobil ini memiliki garis-garis tegas yang memberikan kesan dinamis dan agresif. Bagian depan mobil ini memiliki grille yang besar dengan logo Toyota yang menonjol di tengah-tengah. Lampu depan mobil ini juga memiliki desain yang tajam dan modern.

Bagian belakang Toyota Yaris juga memiliki desain yang sporty dengan spoiler yang terpasang di atas kaca belakang. Lampu belakang mobil ini juga memiliki desain yang menarik dengan bentuk yang segitiga dan dikelilingi oleh aksen hitam.

Interior dan Eksterior Toyota Yaris

Interior Toyota Yaris didesain dengan ergonomis dan modern. Mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap seperti head unit berukuran 7 inci dengan fitur layar sentuh, sistem audio yang berkualitas, serta AC otomatis. Tersedia juga berbagai pilihan menu hiburan, seperti Radio, DVD Player, USB, AUX, Bluetooth, dan sebagainya.

Lalu seluruh tipe juga sudah dilengkapi dengan fitur tambahan yakni Miracast dan enam buah speaker. Khusus tipe GR Sport, Head Unit dapat difungsikan juga sebagai Rear Parking Camera yang untuk melihat keadaan area parkir lebih jelas. Kursi-kursi di dalam mobil ini juga dilengkapi dengan bantalan yang nyaman sehingga membuat pengendara dan penumpang merasa nyaman saat berkendara.

Eksterior Toyota Yaris juga terlihat tampak terkesan stylish, futuristic, dan sporty. Dilihat dari bagian depan, terdapat LED Headlamp (tipe GR) yang bentuknya menyipit tajam. Disematkan pula LED Fog Lamp berbentuk bulat yang akan membantu Anda berkendara saat hujan lebat dan berkabut.

Juga, sudah dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL) yang didesain menyatu dengan grille. Pada sisi samping, mobil Yaris memiliki desain side skirt ditambah dengan energetic Alloy Wheel dengan velg berukuran 16 inci dan bergaya Two Tone Machining. Ditambah fitur Dynamic Shark Fin Antenna dengan desain yang elegan dan aerodinamis.

Performa Toyota Yaris

Toyota Yaris dilengkapi dengan mesin 1.5L yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 Hp. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan atau transmisi otomatis CVT yang membuat mobil ini memiliki akselerasi yang cukup responsif dan bertenaga.

Didukung dengan dua transmisi, yakni manual (MT) dengan 5 percepatan dan otomatis (CVT) dengan 7 percepatan. Tenaga yang dikeluarkan sama besar antara kedua transmisi, yaitu 107 PS per 6.000 RPM dan torsi maksimum 14.3 Kgm per 4.200 RPM. Selain itu, bahan bakar Toyota Yaris terbaru ini menggunakan Fuel Injection yang membuatnya lebih irit.

Fitur Keselamatan Toyota Yaris

Toyota Yaris dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap seperti rem ABS, airbag, serta fitur keselamatan lainnya yang membuat mobil ini aman untuk dikendarai di jalan raya. Untuk Airbags, terdapat 2 pilihan, dengan 3 airbags atau 7 airbags. Tipe 7 airbags akan melindungi penumpang dari cedera parah.

Posisi airbags terletak pada dua di depan (pengendara dan penumpang), dua di samping (pengendara dan penumpang), kaca jendela depan hingga belakang (kanan dan kiri), dan di lutut (pengemudi).

Selain itu, ada juga fitur Whiplash Injury Lessening Seat yang akan meminimalisir risiko cedera pada leher saat mobil melaju kencang atau berhenti tiba-tiba. Tersemat fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist (HSA) untuk menjaga kestabilan kendaraan ketika berbelok dan juga melaju di jalan menanjak.

Serta, pengereman berteknologi canggih seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA) yang mampu memberi hasil pengereman yang super andal dan mampu mencegah ban terkunci saat rem mendadak. Terdapat pula radius putar sebesar 5,1m yang memudahkan ketika bermanuver maupun melakukan putar balik di jalanan yang sempit.

Harga Toyota Yaris

Harga Toyota Yaris cukup bervariasi tergantung pada tipe dan varian mobil ini. Harga mobil ini berkisar antara Rp 250 juta hingga Rp 300 juta. Namun, harga ini dapat berbeda-beda tergantung pada dealer dan lokasi pembelian mobil.

Kesimpulan

Toyota Yaris adalah mobil hatchback yang sporty dan modern dengan performa yang handal. Mobil ini memiliki desain yang menarik dan interior yang nyaman. Toyota Yaris juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap. Harga mobil ini juga cukup bersaing dengan mobil sekelasnya. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari mobil hatchback yang handal dan berkualitas, Toyota Yaris dapat menjadi pilihan yang tepat.

Ditulis Oleh FATCHIYA AYU WULANJANI (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *