Tanggal:19 May 2024
transaksi tanpa kartu bca

Cara Transaksi Tanpa Kartu di ATM BCA

ATM BCA (Bank Central Asia) telah menjadi salah satu layanan perbankan yang sangat populer di Indonesia. Namun, tidak semua orang membawa kartu ATM setiap saat dan dalam beberapa situasi, mungkin ingin melakukan transaksi di ATM tanpa kartu (cardless). Beruntung, BCA menawarkan solusi untuk ini.

BCA menyediakan fitur untuk melakukan transaksi tanpa kartu di ATM melalui aplikasi BCA Mobile dan e-BCA. Sebelum memulai, pastikan Anda sudah terdaftar dan memiliki akun e-BCA, karena Anda akan membutuhkannya untuk menggunakan fitur ini.

Sebelum melakukan transaksi tanpa kartu, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa poin yang diperlukan. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan fitur transaksi tanpa kartu di ATM BCA, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan: 

  1. Pastikan Anda telah mendaftar dan memiliki akun e-BCA terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar melalui situs resmi BCA atau datang ke cabang terdekat. 
  2. Pastikan nomor rekening dan nomor identitas yang Anda masukkan sudah benar. Jika Anda salah memasukkan nomor rekening atau nomor identitas, transaksi Anda bisa gagal atau uang Anda bisa dikirim ke rekening yang salah. 
  3. Pastikan Anda mengingat atau mencatat nomor transaksi. Nomor transaksi diperlukan jika terjadi masalah atau keluhan terkait dengan transaksi yang dilakukan. 
  4. Jangan memberikan informasi rekening atau nomor identitas kepada orang yang tidak dikenal. Pastikan Anda memeriksa identitas seseorang sebelum memberikan informasi pribadi Anda. 
  5. Jaga kerahasiaan PIN dan data pribadi Anda. Jangan membagikan PIN atau data pribadi Anda kepada orang lain, termasuk petugas bank atau pihak yang mengaku dari bank. BCA tidak akan pernah meminta informasi pribadi Anda melalui telepon atau email. 
  6. Pastikan Anda berada di lokasi yang aman saat melakukan transaksi. Hindari menggunakan mesin ATM di tempat yang sepi atau terpencil. 
  7. Simpan bukti transaksi dengan baik. Bukti transaksi diperlukan sebagai bukti pembayaran dan sebagai alat untuk melakukan klaim jika terjadi masalah dengan transaksi. 

Untuk melakukan transaksi tanpa kartu di ATM BCA, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi BCA mobile dan pilih menu e-BCA. 
  2. Pada halaman utama e-BCA, pilih menu “ATM BCA”. 
  3. Masukkan nomor rekening dan nomor identitas Anda pada kolom yang disediakan. 
  4. Pilih jenis transaksi yang ingin dilakukan, seperti tarik tunai, transfer, pembayaran, dan lain-lain. 
  5. Masukkan jumlah uang yang akan Anda transaksikan. 
  6. Ikuti instruksi yang muncul pada layar untuk menyelesaikan transaksi. 
  7. Ambil bukti transaksi yang keluar dari mesin ATM sebagai bukti pembayaran.

Dengan Transaksi cardless BCA ini nasabah bisa menggunakan aplikasi BCA mobile atau e-BCA untuk melakukan berbagai jenis transaksi seperti:

1) Penarikan Tunai (Cash Withdrawal) 

Nasabah bisa melakukan penarikan tunai tanpa dengan mudah melalui smartphone tanpa harus khawatir kartu ATM tertelan.

2) Transfer (Fund Transfer) 

Nasabah juga bisa melakukan transfer melalui fitur cardless BCA. Hal ini tentunya sangat praktis dan bisa dilakukan di unit ATM BCA mana saja.

3) Pembayaran (Payment) 

Nasabah juga bisa melakukan pembayaran melalui fitur cardless BCA. Beberapa jenis pembayaran yang bisa dilakukan melalui fitur ini antara lain pembayaran tagihan listrik, air, telepon, kartu kredit, dan pembelian tiket pesawat. 

4) Top up e-wallet 

Selain itu, nasabah juga bisa melakukan top up saldo e-wallet seperti OVO, GoPay, dan lainnya melalui fitur cardless BCA. 

5) Cek saldo dan mutasi rekening 

Nasabah juga bisa menggunakan fitur cardless BCA untuk mengecek saldo dan mutasi rekening. 

Mungkin Anda bertanya-tanya apa manfaat dari melakukan transaksi tanpa kartu di ATM BCA. Selain praktis, transaksi cardless ini sangat memudahkan kita di saat-saat tertentu ketika lupa membawa kartu ATM. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan fitur transaksi tanpa kartu: 

  1. Tidak perlu membawa kartu ATM. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu membawa kartu ATM fisik, yang berarti Anda tidak akan kehilangan kartu dan tidak akan khawatir kartu Anda dicuri. 
  2. Lebih aman. Ketika menggunakan kartu ATM, ada risiko bahwa kartu Anda tertelan, dicuri atau disalahgunakan. Namun, dengan menggunakan transaksi tanpa kartu, risiko ini dapat dihindari. 
  3. Tidak perlu mengantri di cabang. Dengan transaksi tanpa kartu di ATM BCA, Anda tidak perlu mengantri di cabang dan dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. 
  4. Dapat menghemat waktu. Anda dapat melakukan transaksi tanpa kartu di ATM BCA dalam waktu yang lebih singkat daripada jika Anda harus mengantri di cabang atau mencari mesin ATM lain. 
  5. Dapat dilakukan di mesin ATM mana saja. Fitur ini tersedia di semua mesin ATM BCA yang tersedia di seluruh Indonesia, sehingga Anda dapat melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. 

Maka dari itu transaksi tanpa kartu di ATM BCA dapat menjadi fitur yang sangat berguna bagi mereka yang tidak ingin membawa kartu ATM fisik atau ketika kartu ATM hilang. Fitur ini dapat dilakukan melalui aplikasi BCA mobile dan e-BCA. Namun, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan Anda telah mendaftar dan memiliki akun e-BCA, dan selalu perhatikan keamanan data pribadi dan kerahasiaan PIN Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat melakukan transaksi dengan mudah dan aman. 

Sekian artikel cara transaksi ATM di BCA tanpa kartu.

Penulis Asli: Puspa Dewi Syifa [Kelompok D – Studi Independent Vocasia]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *