Tanggal:21 February 2024
11 Alasan Mengapa Harus Pakai Aplikasi Bibit

11 Alasan Mengapa Harus Pakai Aplikasi Bibit Untuk Investasi bagi Pemula

Masa muda umumnya identik dengan bersenang-senang. Jika keuangan sudah dikelola dengan baik, maka hal tersebut bukanlah masalah serius. Akan tetapi, jika belum dapat mengelola keuangan dengan baik dan tidak memikirkan bagaimana cara mendapatkan pemasukan tambahan, maka hal tersebut dapat menjadi masalah yang serius di kemudian hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah ini di kemudian hari adalah dengan melakukan investasi sejak dini.

Sebagai generasi yang melek teknologi, maka generasi Z tidak akan asing dengan aplikasi-aplikasi investasi yang marak dibicarakan beberapa tahun belakangan. Selain melek teknologi, saat ini generasi Z juga diharapkan untuk melek finansial dan memahami perencanaan keuangan dengan baik. Melek finansial dan paham perencanaan keuangan dengan baik akan berguna sebagai bekal di hari tua nanti. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mulai belajar investasi sejak dini, salah satunya adalah aplikasi Bibit.

Bibit merupakan salah satu aplikasi reksa dana yang berfungsi untuk membantu para investor pemula yang ingin mulai berinvestasi. Mengapa harus pakai Bibit?

  1. Berpihak Kepada Investor Ritel

Dengan menggunakan Bibit, para pengguna tidak perlu membayar mahal untuk jasa financial planner. Para pengguna dapat mengandalkan Bibit untuk berinvestasi tanpa perlu pusing memikirkan untuk mengikuti seminar-seminar tentang finansial. Hal ini karena Bibit memiliki teknologi yang dapat menyesuaikan investasi yang cocok dengan profil risiko para penggunanya. Bibit dapat menyesuaikan investasi reksa dana sesuai dengan usia, toleransi risiko, dan keadaan finansial para penggunanya.

Baca Juga: Cara Memulai Investasi di Bibit

  1. Kemudahan dalam Pemilihan Investasi bagi Investor Pemula

Teknologi Bibit yang dinamis dapat menyesuaikan investasi yang akan dilakukan oleh para pengguna sesuai dengan profil risiko secara otomatis. Para pengguna dapat langsung melakukan investasi tanpa perlu pengalaman profesional. Para pengguna hanya perlu mengklik pilihan “Investasi Sekarang” pada aplikasi Bibit, maka secara otomatis Bibit akan memilihkan reksa dana yang sesuai dengan profil risiko.

  1. Reksa Dana yang Terseleksi dan Berkualitas

Bibit hanya menganalisis dan menyeleksi manajer investasi yang memiliki track record dan reputasi yang baik. Bibit membantu riset dan menyeleksi reksa dana yang cocok bagi para pengguna yang merupakan investor pemula dengan memasukkan ke dalam daftar Top Reksa Dana. Hal ini untuk memudahkan para investor pemula dalam memilih reksa dana yang dipercaya.

  1. Biaya Transaksi yang Gratis

Dengan proses transaksi jual beli reksa dana yang dilakukan secara online, maka Bibit tidak mengenakan biaya transaksi bagi pengguna yang ingin berinvestasi, baik transaksi beli maupun transaksi jual.

  1. Kemudahan dalam Pembayaran Reksa Dana

Bibit memudahkan para penggunanya dalam proses pembayaran reksa dana. Pembayaran dapat dilakukan melalui GoPay, LinkAja, Virtual Account, dan Bank Jago tanpa adanya biaya transfer.

Baca Juga: Apa Saja Keuntungan Investasi Reksadana di Bibit?

  1. Customer Service dengan Kualitas Baik

Jika para pengguna memiliki pertanyaan dan keluhan terkait aplikasi Bibit, pengguna dapat menghubungi Tim Support Bibit yang selalu aktif setiap hari. Tim Support Bibit aktif sejak pagi hingga malam setiap hari Senin hingga hari Minggu.

  1. Tech Team yang Berpengalaman

Bibit terdaftar sebagai satu grup dengan salah satu aplikasi saham di Indonesia yang memiliki rating tertinggi sejak 2012, yaitu Stockbit. Teknologi yang didesain untuk para investor pemula dan sistem reliabilitas yang sangat stabil membuat pengalaman para pengguna Bibit akan menjadi mulus.

  1. Dukungan Investor Ternama

Selain Tech Team yang berpengalaman, Bibit juga didukung oleh investor-investor ternama, seperti East Ventures, Convergence Venture, 500 Startups, yang merupakan investor perusahaan Tokopedia, Traveloka, Ruangguru, dan Grab.

  1. Dapat Cairkan Dana Investasi Kapan Saja

Dana investasi dapat dicairkan kapan saja tanpa adanya penalti atau denda bagi para pengguna Bibit yang membutuhkan dana darurat.

  1. Bebas dari Pajak

Keuntungan yang diperoleh dari investasi reksa dana bukan merupakan objek pajak, sehingga para investor tidak perlu membayar pajak dari keuntungan reksa dana yang mereka peroleh.

  1. Fitur-fitur yang Bermanfaat

Bibit memiliki fitur-fitur yang dapat meningkatkan semangat para penggunanya untuk berinvestasi, antara lain:

(1) Goal Settings

Fitur Goal Settings berfungsi untuk membantu para pengguna Bibit dalam mewujudkan keuangan mereka. Dengan fitur Goal Settings, para pengguna Bibit dapat merencanakan investasi untuk berbagai keperluan, misalnya rencana pernikahan, rencana pendidikan anak, dan sebagainya.

(2) Nabung Rutin

Fitur Nabung Rutin berfungsi untuk membantu para pengguna Bibit dalam mengatur jadwal dan waktu menabung investasi. Dengan menggunakan fitur Nabung Rutin, para pengguna Bibit akan mendapatkan notifikasi berupa peringatan untuk menabung reksa dana sesuai jadwal yang sudah diatur.

(3) Bibit Bareng

Fitur Bibit Bareng berfungsi untuk membantu para pengguna Bibit dalam mencapai tujuan investasi bersama, misalnya bersama keluarga, teman, pasangan, atau bahkan partner bisnis. Dengan menggunakan fitur Bibit Bareng, para pengguna Bibit dapat saling menyemangati ketika menabung dan mengelola investasi bersama. Para pengguna juga dapat memantau riwayat transaksi dari masing-masing anggota.

Penulis: Mohamad Taruna Aji (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *