Tanggal:21 February 2024
Investasi Tanpa Perlu Ribet

Investasi Tanpa Perlu Ribet

Aplikasi Bibit adalah platform investasi online yang memungkinkan pengguna untuk memulai investasi dengan modal kecil dan tanpa harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pasar saham, pasar saham, dan obligasi. Bibit menyediakan pilihan reksa dana terbaik, semua produk yang disediakan oleh bibit sudah teruji dan berkualitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang aplikasi Bibit dan bagaimana aplikasi ini dapat membantu para investor untuk memulai investasi dengan lebih mudah.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Bibit adalah kemudahan dalam penggunaanya. Dalam beberapa langkah mudah, pengguna bisa membuka rekening investasi dan memulai investasi. Pengguna juga juga bisa memilih portofolio investasi sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi yang diinginkan. Bibit juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya seperti fitur auto-invest yang memungkinkan pengguna untuk melakukan investasi secara otomatis setiap bulan, jadi kalian gaperlu khawatir lupa investasi. Fitur yang satu ini sangat cocok bagi para investor yang ingin memulai investasi secara rutin namun tidak memiliki waktu untuk memantau pasar secara teratur. Jadi semua kegiatan investasi kalian jadi benar-benar mudah dengan aplikasi Bibit.

Baca Juga: Cara Memulai Investasi di Bibit

Lanjut ke pembahasan lebih dalam. Bibit adalah aplikasi yang menyediakan berbagai macam instrument investasi seperti reksa dana pasar uang, reksa dana saham, dan reksa dana obligasi. Selanjutnya kita bahas tentang profil risiko, bibit menyediakan menu ini dengan tujuan membantu para investor memiliki managemen keuangan yang tepat selaras dengan tujuan investasi mereka. Ada 3 tipe investor nantinya yang akan muncul pada menu profil resiko.

  1. Konservatif tipe investor yang mempunyai toleransi terhadap risiko yang cenderung rendah dimana investor mengharapkan return yang minimal setara dengan suku bunga deposito dengan fluktuasi nilai pasar yang minimal.
  2. Moderat tipe investor yang mempunyai toleransi terhadap risik yang tidak terlalu tinggi dimana investor tipe ini mengharapkan return diatas suku Bungan deposito dengan fluktuasi nilai pasar yang moderat.
  3. Agresif tipe investor yang mempunyai toleransi terharap risiko yang cenderung tinggi dimana tipe investor ini dapat menerima fluktuasi pasar yang tinggi untuk mencapai return tertinggi.

Baca Juga: Apa Saja Keuntungan Investasi Reksadana di Bibit?

Secara otomatis bibit akan menunjukan jenis reksa dana sesuai dengan profil resiko kita dan menunjukan persenan alokasi dana yang akan kita investasikan pada setiap jenis reksa dana pilihan bibit. Nantinya profil resiko kita akan disesuaikan dengan tujuan investasi kita, sebagai contoh jika memiliki tujuan jangka panjang seperti persiapa dana pensiun. Secara otomatis profil risiko kita akan tersetting moderat. Dengan alokasi dana 12% investasi reksa dana pasar uang, 70% reksa dana obligasi, 18% reksa dana saham. Aplikasi yang benar-benar memudahkan pemula untuk mulai investasi.

Investasi di Bibit bisa mulai dari 10.000 saja. Namun Jika kita ingin menggunakan fitur rekomendasi dari reksa dana Robot Bibit maka minimal deposit yang perlu dilakukan adalah Rp 100.000. Jadi kita bisa menentukan sendiri jumlah investasi yang diinginkan sesuai dengan keadaan keuangan kita.

 Namun, sebelum anda memulai berinvestasi , ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pastikan bahwa anda memahami risiko dari instrumen investasi yang akan dipilih, meskipun semua diatur secara otomatis oleh Bibit dengan Robo Advisor. Karena bagaimanapun risiko dari investasi adalah tanggung jawab pribadi. Bibit hanya membantu memberikan kemudahan dalam berinvestasi.
  2. Lakukan diversifikasi portofolio Anda sehingga risiko dapat dikecilkan. Jangan hanya berinvestasi pada satu instrumen saja. Berinvestasi pada lebih dari satu instrumen lebih baik dibandingkan hanya investasi pada satu sumber.
  3. Selalu periksa kinerja investasi anda secara berkala dan lakukan penyesuaian jika diperlukan. Dalam artian meskipun semua sudah dijalankan secara otomatis oleh bibit kita tetap harus memantau bagaimana keadaan investasi kita, apakah sudah sesuai dengan yang kita harapkan atau tidak.

Baca Juga: Apa Saja Keuntungan Investasi Reksadana di Bibit?

Dalam hal kemanan, Bibit menggunakan teknolgi keamanan terbaru untuk melindungi data pengguna dan data pengguna. Jadi selain investasi mudah, Bibit juga memberikan rasa aman dan nyaman pada setiap pengguna Aplikasinya. Selain itu, Bibit juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memastikan bahwa aplikasi ini mematuhi regulasi yang berlaku. Dengan secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin meyakinkan para pengguna aplikasi Bibit. Secara keseluruhan, Bibit adalah aplikasi investasi yang sangat baik bagi para pemula yang ingin memulai investasi degan mudah dan aman. Dengan berbagai macam instrument investasi dan minimum investasi yang rendah, Bibit dapat diakses oleh siapa saja. Namun seperti semua investasi pada umumnya, memastikan bahwa anda memahami risiko dalam berinvestasi juga sangat penting. Melakukan diversifikasi portofolio adalah sebuah hal yang harus dilakukan saat berinvestasi, jika kita ingin mengecilkan risiko dari investasi yang kita lakukan

Penulis: Mohamad Taruna Aji (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *