Tanggal:25 May 2024

12+ Ide Konten Lebaran 2023

Ide konten lebaran adalah sebuah momen yang bagus untuk memikat para audiens dan kesempatan ini hanya ada setiap satu tahun sekali, banyak orang yang memanfaatkannya dengan cara membuat konten lebaran. 

Membuat ide untuk konten tentu tidak mudah, pastinya membutuhkan referensi untuk memulainya, kira-kira brand apa yang cocok untuk dijadikan konten? atau konten-konten apa yang sedang tren.

Temukan 12+ ide konten yang menarik untuk merayakan Lebaran 2023 dengan keluarga dan teman-temanmu. Jangan lewatkan inspirasi terbaru pada Artikel ini agar Lebaran kalian semakin seru tahun ini.

12+ Ide Konten Lebaran 2023

Apa saja sih ide yang bisa dijadikan konten lebaran 2023? Yuk! Lihat informasi selengkapnya di bawah ini.

1) Tutorial Memasak Makanan Khas Lebaran

Saat menjelang hari raya, orang-orang mulai sibuk mencari resep yang cocok untuk memasak makanan yang khas menjelang lebaran. Kamu bisa bagikan keseruan melalui tutorial memasak makanan khas lebaran. Biasanya makanan khas lebaran ada rendang, opor ayam, ketupat, sayur labu siam, semur daging, dan lainnya.

Ide konten ini sangat menarik audiens, apalagi yang suka memasak, siapa tahu ide ini banyak yang suka dan orang akan tertarik untuk membuatnya dirumah. 

2) Vlog Perjalanan Mudik Lebaran

Bagikan keseruan kamu saat mudik lebaran bersama keluarga dengan membuat video perjalanan seru. Vlog ini banyak jenisnya, kamu bisa membuat daily perjalanan mudik: a day in my life, get ready with me, vlog on the way ke kampung halaman, dan keseruan lainnya.

Ide konten ini sangat menarik, apalagi ada sebagian dari kita yang tidak mempunyai kampung halaman, tetapi mereka bisa melihat keseruan perjalanan mudik yang kamu bagikan di sosial media.

3) Konten Review Produk yang Menarik untuk Hadiah Lebaran

Kamu bisa membuat konten menarik dengan cara review produk yang menarik untuk dijadikan hampers lebaran. Pastinya sebagian besar orang ingin memberikan yang terbaik untuk kerabat, keluarga, dan lainnya. 

Nah, kamu bisa membuat hampers itu sendiri atau memesan pada outlet tertentu, setelah itu, buatlah video dengan durasi yang tidak terlalu panjang untuk review produknya itu, buatlah semenarik mungkin agar audiens tertarik untuk membelinya, dan viewers kamu akan banyak yang lihat.

4) Konten Tradisi atau Kebiasaan Unik Saat Lebaran

Di daerah kalian tinggal pasti memiliki keunikan yang tidak semua orang tahu, bukan? Pastinya kamu juga ingin membagikan keunikan yang biasa dilakukan pada saat lebaran.

Nah, ide ini sangat cocok untuk kamu yang suka membuat konten dengan tradisi tertentu yang dibagikan saat lebaran tiba, bagikan keseruan, keunikan, dan lainnya yang belum tentu orang lain lakukan.

5) Ide Dekorasi Rumah untuk Lebaran yang Bagus

Hal yang paling penting adalah mendekorasi rumah. Siapa sih yang tidak ingin melihat rumahnya rapi dan tertata dengan baik saat lebaran tiba? Pastinya kamu tidak ingin bila tamu yang datang merasa tidak nyaman, maka dari itu ide dekorasi rumah ini cocok untuk dilakukan.

Buatlah konten menarik tentang mendekorasi rumah agar terlihat bagus dan rapi, buat before dan afternya, isi rumah kamu dengan produk yang belum ada, ini menarik audiens untuk mengintip video yang kamu buat.

6) Konten DIY Membuat Kado atau Hiasan Lebaran Sendiri

Konten DIY ini untuk kamu yang suka berkreasi sendiri dalam membuat sesuatu yang kreatif. Mulailah dengan membuat kado yang menarik untuk lebaran, atau hiasan yang berguna. Buatlah konten dengan durasi sedang agar audiens tidak bosan untuk menonton videonya. 

7) Tutorial Makeup atau Fashion Lebaran yang Modis dan Kekinian

Nah, ini dia salah satu konten yang paling menarik dan paling ditunggu-tunggu! Siapa sih yang tidak ingin tampil memukau di hari raya? Pastinya kita semua ingin terlihat modis dan kekinian.

Pas banget, kamu bisa membuat konten dengan memberikan sebuah tutorial make up untuk lebaran yang mudah dan tidak berlebihan, selain itu kamu juga bisa membuat tutorial fashion ala kamu untuk referensi audiens yang sedang mencari baju lebaran. Buatlah semenarik mungkin, dan pastikan dibuat dengan konsep yang bagus untuk ditonton. 

8) Konten Seputar Aktivitas dan Games Seru untuk Keluarga Saat Lebaran

Ingin terlihat ramai dan memukau saat lebaran tiba? Kamu bisa bagikan aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga saat lebaran. Seperti membuat ide konten bermain games yang bisa dimainkan secara bersama-sama.

Ide konten ini seru dan bisa kamu jadikan referensi supaya lebaranmu semakin seru dan mengasyikan. Pilih games yang menarik dan buat kontennya untuk dibagikan di sosial mediamu.

9) Cerita Pengalaman Berbagi Kebahagiaan dengan Orang-Orang yang Membutuhkan di Lebaran

Siapa bilang kalau di hari raya tidak bisa berbagi? Tentunya ini ide yang bagus, kamu bisa ceritakan pengalaman untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang membutuhkan. 

Buatlah konten menarik di hari raya, karena momen ini tepat untuk memberikan kebahagiaan pada sesama, terutama mereka yang kurang beruntung. Carilah tempat-tempat yang membutuhkan bantuan. 

Setelah itu, kamu bisa berbagi dengan menghubungi pihak panti asuhan dan menawarkan bantuan. Pada hari Lebaran, kamu bersama keluarga dan teman-teman bisa pergi ke panti asuhan dengan membawa beraneka macam makanan, seperti ketupat, rendang, dan kue-kue Lebaran. 

10) Ide Mempersiapkan Diri untuk Siap Menyambut Tamu di Hari Lebaran

Buatlah konten ini untuk menambahkan reels di instagram, bagikan tips dan trik yang kamu lakukan sebelum menyambut hari lebaran. Apa saja yang yang akan kamu persiapkan ketika menyambut tamu.

11) Tips dan Trik Mengatasi Stres atau Kecemasan Saat Lebaran

Saat menjelang hari raya banyak dari kita yang mengalami stres dan cemas, takut tidak berjalan sesuai rencana, takut mengecewakan tamu yang datang, atau kecemasan lainnya.

Nah, kamu bisa membuat ide konten ini sebagai tips untuk membantu para audiens mengendalikan perasaannya saat menjelang hari raya.

12) Konten Perbandingan Antara Lebaran Tahun Kemarin dan Sekarang, dari Segi Tradisi Hingga Teknologi

Selanjutnya ada ide konten perbandingan, buat kamu yang daya ingatnya masih kental bisa banget untuk membuat ide konten perbandingan antara lebaran tahun kemarin dengan lebaran sekarang.

Buatlah video yang berisi tentang perbedaan lebaran tahun kemarin dari segi tradisinya, hingga teknologi. 

13) Ide Dekorasi Meja Makan yang Indah

Ide yang terakhir ada dekorasi meja makan, mendekorasi adalah hal yang terlihat sulit namun sangat menginspirasi.

Kamu bisa bagikan ide-ide menarik untuk membuat meja makan kamu menjadi indah dilihat pada saat kamu menyediakan makanan untuk tamu yang datang. Kamu bisa hiasi dengan lilin, piring yang cantik, dan lainnya.

Nah, itulah 12+ ide konten lebaran 2023. Jadi, ide mana yang akan kalian pilih untuk dijadikan konten menjelang lebaran? Jangan lupa ikuti Kursus di Vocasia untuk Belajar Cara Bikin Konten Di Social Media Instagram, Youtube dan Tiktok. Semoga bermanfaat!

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *