Tanggal:23 April 2024

Brand Personality: Pengertian, Fungsi Dan Cara Menentukannya

Bisnis bukan lagi sekedar tentang produk atau layanan. Saat ini, identitas merek atau yang sering disebut dengan “Brand Personality” memiliki peran besar dalam membentuk hubungan dengan konsumen. Apakah kamu pernah berfikir kenapa kita merasa terhubung secara emosional dengan beberapa merek dan tidak dengan yang lain?

Nah, itulah mengapa Minvo akan membahas konsep yang menarik, yaitu Brand Personality. Dalam artikel ini, Minvo akan mengupas tuntas apa itu Brand Personality, mengapa hal ini penting, dan bagaimana kamu bisa menggunakan untuk mengembangkan bisnis.

Tetapi, sebelum Minvo mulai membahas, bagaimana jika minvo memberikan peluang yang sangat baik untuk kamu yang ingin  mengembangkan pengetahuan bisnisnya lebih lanjut? Vocasia menawarkan berbagai kursus yang dapat membantu kamu memahami dunia bisnis dan pemasaran dengan baik. Jadi, teruslah membaca dan nantikan rekomendasi kursus yang dapat membantu bisnis kamu berkembang di dunia kompetitif!

Apa Itu Brand Personality?

Brand Personality adalah karakteristik dari sebuah brand.

Dikutip dari Hubspot Brand Personality adalah serangkaian karakteristik manusia atau individu yang dikaitkan dengan  merek tersebut. Brand Personality juga dapat dikatakan sebagai salah satu yang bisa meningkatkan brand equity.

Brand Personality menciptakan hubungan  yang lebih dari sekedar transaksi bisnis. Ini memberikan nuansa khusus ketika kita berinteraksi atau berkomunikasi dengan merek tersebut. Sebagai contoh, ketika berbicara tentang Apple, mungkin terasa inovasi dan modern, bukan hanya produknya.

Intinya Brand Personality adalah identitas tambahan yang membuat suatu merek lebih hidup dan dapat terkoneksi dengan pelanggan. Dengan mengetahui karakteristik ini, kita sebagai konsumen dapat merasa lebih dekat dan lebih mengenal merek tersebut, membuat pengalaman belanja atau berinteraksi dengan merek lebih berkesan.

Fungsi Brand Personality

Berikut fungsi Brand Personality:

1. Membangun Koneksi Emosional

Brand Personality adalah cara bagi sebuah merek untuk menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan. Ketika sebuah merek memiliki karakter yang dapat dipahami dan dirasakan oleh konsumen, ini menciptakan emosional yang membangun kepercayaan dan loyalitas.

2. Diferensiasi dari Pesaing

Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, Brand Personality menjadi alat yang sangat efektif untuk membedakan diri dari pesaing. Ini bukan sekadar tentang produk atau layanan, tapi tentang kesan yang unik yang membuat pelanggan memilih satu merek daripada yang lain.

3. Memudahkan Strategi Pemasaran

Brand Personality membantu menyusun strategi pemasaran dengan lebih terarah. Misalnya, jika karakter merek terkait dengan inovasi dan keberanian, kampanye pemasaran bisa difokuskan pada eksplorasi ide-ide baru dan tantangan yang menarik.

Jadi, Brand Personality ini bukan hanya tentang identitas visual, tapi juga tentang bagaimana merek berbicara, berinteraksi, dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan di benak pelanggan. Inilah yang membuatnya menjadi elemen yang tak terpisahkan dalam dunia bisnis dan pemasaran.

Pentingnya Brand Personality Dalam Bisnis

Brand Personality bukan sekedar gaya, tapi mempunyai peran yang penting bagi suatu brand lho, berikut kenapa Brand Personality sangat penting bagi sebuah brand:

1. Pembeda dari Kompetitor

Dalam bisnis yang penuh dengan persaingan, Brand Personaliy adalah senjata ampuh yang membuat brand kamu berbeda dengan kompetitor, dengan begitu pelanggan akan memilih brand kamu bukan hanya karena produk atau layanan, tapi juga karena kesan dari brand personality.

2. Memperkuat Brand Story

Setiap merek punya cerita, dan Brand Personality ini seperti elemen kunci yang memperkuat cerita itu. Ketika karakter merek saling menyatu dengan cerita yang ingin kamu sampaikan, maka merek kamu akan menjadi lebih meyakinkan dan memiliki daya tarik yang lebih kuat.Mengembangkan koneksi emosional

3. Meningkatkan Loyalitas Brand

Pentingnya Brand Personality juga terlihat dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Ketika pelanggan merasa terkoneksi secara emosional dengan merek, mereka cenderung menjadi pelanggan setia yang lebih sulit dipengaruhi oleh pesaing.

Jadi, intinya, Brand Personality itu bukan sekadar tambahan, tapi fondasi yang membuat bisnis kamu lebih hidup, lebih berarti, dan lebih melekat di hati pelanggan. Itulah sebabnya penting banget untuk memikirkan dan merawat Brand Personality dalam setiap langkah bisnis kamu.

Tipe Brand Personality Dalam Bisnis

Berikut beberapa tipe Brand Personality:

1. Excitement (semangat)

Ini adalah tipe brand personality yang dapat membangkitkan semangat, kesenangan, dan kegembiraan. Merek dengan tipe ini selalu ingin memberikan pengalaman yang seru dan memacu adrenalin kepada pelanggan. Mereka sering terlihat dinamis, kreatif, dan selalu berusaha memberikan kejutan yang menyenangkan.

2. Sincerity (kejujuran)

Tipe ini menekankan pada kehangatan, kejujuran, dan kepedulian terhadap pelanggan. Merek dengan tipe sincerity ini terlihat autentik, ramah, dan selalu memberikan kesan bahwa mereka peduli dengan kebutuhan dan nilai pelanggan.

3. Ruggedness (ketangguhan)

Bagi merek yang ingin terlihat tangguh, kuat, dan berani, tipe ruggedness ini cocok. Merek-merek ini menonjolkan sifat ketangguhan, daya tahan, dan seringkali terlihat sebagai pilihan yang cocok untuk kegiatan-kegiatan yang menantang atau lingkungan yang keras.

4. Competence (kompetensi)

Tipe brand personality ini menyoroti aspek kompetensi, andal, dan profesionalisme dari sebuah merek. Merek yang mengusung competence terlihat seperti ahli dalam bidangnya, memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

5. Sophistication (kemewahan)

Ini cocok untuk merek yang ingin terlihat elegan, berkelas, dan mewah. Tipe sophistication menampilkan merek sebagai pilihan yang eksklusif dan memiliki daya tarik yang tinggi, seringkali dengan desain atau kualitas yang dianggap sebagai langkah di atas merek-merek lain.

Cara Menentukan Brand Personality

Menentukan identitas merek tidaklah sulit, sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam proses ini, yuk disimak!

1. Kenali Identitas dan Nilai Merek

Mulailah dengan mengenali identitas dan nilai merek kamu. Apa yang membuat merek kamu berbeda? Apa yang kamu pegang teguh sebagai nilai-nilai utama? Identifikasi ini penting karena akan menjadi dasar pembentukan karakter merek.

2. Kenali Target Pasar

Pahami siapa target pelanggan kamu. Apa kebutuhan, preferensi, dan gaya hidup customer? Dengan memahami siapa  yang ingin  kamu sasar, kamu bisa membentuk Brand Personality yang lebih relevan dan menarik bagi customer

3. Pertimbangkan Tone dan Voice dari Brand

Pertimbangkan tone (suara) dan voice (gaya bahasa) yang sesuai dengan karakter merek. Apakah kamu ingin terdengar santai, profesional, atau mungkin inovatif? Tone dan voice ini akan memberikan warna kepada brand personality kamu.

4. Ketahui Pesan yang Ingin Disampaikan

Apa pesan yang kamu sampaikan kepada pelanggan? Apakah kamu ingin dikenal sebagai merek yang penuh semangat, jujur, atau mungkin penuh keberanian? Pesan ini akan membantu membentuk Brand Personality yang konsisten dan mudah diingat.

5. Perhatikan Brand Personality Pesaing

Jangan lupakan untuk melihat apa yang tengah diterapkan oleh pesaing kita. Apa brand personality mereka?  Dengan memahami karakteristik pesaing, kita bisa memastikan bahwa Brand Personality kita unik dan dapat bersaing dengan efektif.

6. Uji dan Evaluasi Secara Berkala

Terakhir, jangan takut  untuk melakukan uji coba dan evaluasi secara berkala. Lihat apakah brand personality kamu masih relevan dengan perkembangan merek dan apakah masih sesuai dengan harapan pelanggan. Jika perlu, kamu bisa melakukan penyesuaian agar tetap fresh dan efektif.

Kembangkan Bisnismu Dengan Sukses Bersama Vocasia

Setelah Minvo membahas tentang Brand Personality, tentu saja kamu ingin memastikan  bahwa bisnis kamu tumbuh dan berkembang dengan sukses. Nah, disinilah peran Vocasia hadir untuk membantu, jadi gimana caranya?

Vocasia bukan sekedar penyedia kursus biasa, tapi lebih dari itu. Vocasia memahami bahwa di dunia yang terus berkembang, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat itu kunci. Oleh karena itu, Vocasia hadir dengan berbagai macam kursus yang dirancang khusus untuk membantu bisnismu lebih baik.

Kamu dapat mengikuti kursus Digital Marketing di Vocaisa, mengapa? karena digital marketing adalah kunci di era ini. Dengan kursus ini, kamu akan belajar cara memanfaatkan berbagai platform digital untuk mempromosikan bisnismu secara efektif. Agar bisnismu semakin dikenal oleh customer, kamu perlu berinteraksi secara langsung dengan customer lewat media sosial. Untuk kamu yang bingung bagaimana caranya membuat konten di media sosial, kamu dapat mengikuti kursus Belajar Cara Bikin Konten Di Social Media Instagram, Youtube dan Tiktok di Vocaisa, mengapa? karena di kursus ini kamu akan belajar cara membuat konten viral, cara membuat caption, hingga tips membangun personal branding. Yang di mana semua materinya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kehadiran bisnismu di media s

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *