Tanggal:21 February 2024

4 Aplikasi Terbaik Untuk Mengatur Keuanganmu

Kebanyakan orang sering kali tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran mereka sehari-hari. Akibatnya, mereka menjadi sangat boros karena tidak sadar dengan berapa banyak uang yang telah mereka keluarkan. Jangan sampai kamu adalah salah satunya ya! Padahal, untuk mencatatnya sangat praktis, bisa dengan menggunakan gadget. Saat ini, sudah banyak sekali aplikasi akuntansi yang bisa membantu kamu mengelola keuangan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut 4 rekomendasi aplikasi catatan keuangan untuk kamu:

1. Monefy

Image Source: Monefy

Monefy merupakan aplikasi dengan desain yang simpel sehingga memudahkan kamu untuk membuat catatan keuangan dengan praktis. Tentu, desain yang simpel sangat penting karena kamu sudah cukup berat dalam mengelola keuangan. Saat kamu perlu melihat aplikasi yang lebih kompleks, pengaturan keuangan kamu menjadi berantakan.

Di aplikasi ini, kamu dapat memasukkan pencatatan keuangan sebanyak mungkin serta menyesuaikan dengan jenis mata uang yang digunakan. Menariknya, aplikasi ini juga memungkinkanmu menambahkan lebih dari satu akun di Monefy dengan pencatatan yang bisa diatur secara terpisah.

Kamu akan mendapatkan laporan keuangan bulanan yang terpisah sesuai dengan akun yang ditautkan di sana. Monefy juga memiliki beberapa kategori yang dapat digunakan untuk mengatur anggaran-mu. Cukup masukkan jumlahnya, lalu pilih kategori yang sesuai.

2. Finansialku

Image Source: Finansialku

Finansalku merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu pilih untuk mencatat pemasukan maupun pengeluaran sehari-hari. Aplikasi ini sangat bagus dan aman karena sudah memiliki sertifikat CFP (Certified Financial Planner). 

Di sini kamu dapat menghubungkan akun Finansalku ke akunmu dengan menetapkan anggaran berdasarkan dana akun kamu. Jika kamu bingung saat membuat anggaran atau memiliki masalah keuangan, tanyakan saja langsung ke Finansialku. Mereka siap membantu kamu.

3. Money Lover

Image Source: Money Lover

Money Lover adalah aplikasi manajemen keuangan terpopuler. Aplikasi ini dapat melakukan pencatatan keuangan hanya dalam hitungan detik. Kamu bisa memasukkan pendapatan dan pengeluaran ke beberapa kategori yang jelas dan tervisualisasikan. Aplikasi ini juga bisa disinkronisasi dengan aman di seluruh perangkat dengan standar keamanan Bank untuk memudahkan kamu yang memiliki lebih dari satu device.

Selain itu, kamu juga bisa membuat batasan anggaran sesuai keinginan. Ketika pengeluaran sudah melewati batas, aplikasi Money Lover ini akan memberi notifikasi. Aplikasi ini juga akan menyarankan berapa pengeluaran yang ideal agar tidak melebihi budget yang sudah ditetapkan sendiri.

4. Money Manager Expense & Budget

Image Source: Money Manager

Aplikasi Money Manager tidak hanya membantu kamu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, tetapi juga dapat memperhitungkan pengeluaran maupun pemasukan. Dalam aplikasi pengatur keuangan ini, kamu bisa melihat grafik perbedaan antara budget yang ditentukan dengan pengeluaran. Aplikasi ini juga dapat terhubung dengan akun dari kartu debit.

Money Manager juga akan menyediakan laporan keuangan dalam bentuk grafik yang dapat kamu unduh ke ponsel dengan berbagai format, salah satunya PDF. Menariknya lagi, kamu dapat mengatur passcode pada aplikasi ini agar privasi kamu terjaga. Jika kamu mengganti gadget, semua datanya bisa disimpan dengan melakukan backup dan restore.

Itulah keempat rekomendasi aplikasi pengelola keuangan yang wajib ada di gadgetmu. Menggunakan aplikasi manajemen keuangan penting untuk menjaga cash flow menjadi lebih terarah. Kamu juga bisa mendistribusikan keuangan yang kamu punya agar sesuai dengan kebutuhan yang ada. Hidupmu akan menjadi lebih aman, nyaman, dan bahagia jika keuanganmu teratur. Jika punya pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Untuk kamu yang ingin mendalami bidang akuntansi, bisa mengikuti kursus Jago Akuntansi : Basic Accounting Course (IFRS) di Vocasia dengan harga promo hanya Rp26.000 saja! Klik gambar di bawah ini atau kunjungi vocasia.id untuk melihat kursus lainnya.

Penulis : Dwi Puspita Maharani – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *