Tanggal:22 February 2024

Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Kinerja Otak!

Siapa nih yang sukanya belajar sambil ngemil? Camilan memang sangat cocok dimakan ketika belajar, menonton film, bekerja, hingga saat bersantai. Namun, kamu perlu lebih selektif lagi dengan makanan yang kamu makan. Jangan sampai makanan tersebut menjadi penghambat dalam aktivitasmu, terutama saat kamu sedang belajar. 

Di artikel ini, kamu akan mengetahui makanan sehat yang bisa meningkatkan kinerja otak kamu. Yuk, simak sampai habis!

1. Dark chocolate

Image Source: Free PNG Logos

Dark chocolate (cokelat hitam) dan bubuk kakao kaya kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan otak, yaitu flavonoid, kafein, dan antioksidan. Flavonoid baik untuk otak karena dapat melancarkan aliran darah ke otak dan mengurangi peradangan sehingga bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat.

Antioksidan juga penting untuk kesehatan otak, karena sangat rentan terhadap stres oksidatif. Kondisi tersebut berpengaruh pada penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak. Adapun kafein di dalamnya dapat membantu meningkatkan fungsi otak jangka pendek.

2. Alpukat

Image Source: Buah A-Z

Jangan salah, alpukat juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan otak kamu. Bukan hanya rasanya saja yang enak, ternyata alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kekuatan otak.

Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal bisa mengurangi tekanan darah tinggi yang juga dapat menurunkan risiko penurunan kognitif. Tak hanya itu, alpukat juga diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang sudah terbukti baik untuk otak.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Image Source: PNGWing

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan yang baik untuk otak. Mengonsumsi kacang dapat berpengaruh pada fungsi otak yang lebih baik di usia yang lebih tua. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber antioksidan dan vitamin E yang melindungi sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung tinggi vitamin E, yaitu di antaranya:

  • Biji bunga matahari.
  • Kacang almond.
  • Kacang hazel.

4. Ikan

Image Source: PNGkit

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, atau sarden memiliki asam lemak omega-3 yang merupakan kunci kesehatan otak. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein yang dapat meningkatkan kinerja otak.

Faktanya, asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar beta-amyloid dalam darah, yaitu protein pembentuk gumpalan yang merusak otak pada penderita Alzheimer. Sebab itulah, rutin mengonsumsi asam lemak ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer serta bisa meningkatkan daya ingat. Untuk kesehatan otak, setiap minggu disarankan untuk menyantap dua porsi ikan.

5. Buah beri

Image Source: Free PNGimg

Mengonsumsi buah beri juga baik untuk kesehatan otak kamu. Buah beri yang dimaksud termasuk stroberi, blueberry, dan blackberry. Sama seperti dark chocolate, banyak buah beri juga mengandung antioksidan flavonoid. 

Zat antioksidan dalam buah beri bisa merangsang aliran darah dan oksigen ke otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

6. Gandum

Image Source: PNG Play

Otak tidak dapat bekerja tanpa energi. Kamu bisa dapatkan energi ini melalui asupan glukosa yang sebagian besar ditemukan dalam karbohidrat. Makanan dari gandum, seperti biskuit gandum dan roti gandum mengandung banyak karbohidrat dan glukosa. Glukosa sangat dibutuhkan untuk otak agar bisa berfungsi dengan baik. 

Selain itu, makanan dari gandum utuh juga mengandung vitamin B yang dapat mengurangi peradangan otak sehingga berpotensi meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta kondisi mental berpotensi jadi lebih baik. Gandum dikombinasi dengan keju pun dapat menjadi camilan yang bagus. Keju mengandung protein yang lama dicerna sehingga kamu akan merasakan efek kenyang yang lebih banyak.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini. Pastikan makanan di atas menjadi menu makananmu ketika sedang atau ingin beraktivitas, ya! Sebab, nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat memberikan pengaruh pada fungsi dan kerja otak. Jika kamu punya pertanyaan terkait pembahasan ini, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Nah, setelah tahu makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak, saatnya kamu melatih otak kamu dengan mengikuti kursus di Vocasia! Vocasia saat ini memiliki promo JURAGAN (Juni Beragam Diskon) dari tanggal 8 – 21 Juni 2023 untuk berbagai kursus dengan hanya Rp26.000-, saja. Klik gambar di bawah ini atau kunjungi vocasia.id untuk melihat kursus lainnya.

Penulis : Dwi Puspita Maharani – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *