Tanggal:20 September 2024

Kosakata Bahasa Inggris mengenai Lebaran, Ada Istilah THR?

Keberagaman istilah Bahasa Indonesia yang berhubungan dengan acara perayaan muslim seperti Idul Fitri atau yang juga sering kita sebut Lebaran belum banyak yang diketahui padanannya dalam bahasa Inggris. 

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Kita dapat mengambil satu contoh yaitu kata THR yang memiliki singkatan Tunjangan Hari Raya sebagai salah satu istilah yang identik digunakan saat lebaran berlangsung.  

Istilah THR tidak hanya akrab digunakan sebagai tradisi dalam lingkungan rumah, akan tetapi digunakan pada semua perusahaan untuk memberikan Tunjangan Hari Raya kepada seluruh karyawan.

Buat kamu yang masih minta THR, sudah tahu apa padanan kata THR dalam Bahasa Inggris? Kalau belum, artikel ini bisa menjawab pertanyaan kosakata dalam Bahasa Inggris apa saja yang ada saat lebaran, lho! Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Kalimat Kecewa dalam Bahasa Inggris

Apa Bahasa Inggris dari THR?

Apa Bahasa Inggris dari THR. Sumber: pexels.com

Muslim tersebar di seluruh penjuru dunia. Hari perayaan umat muslim seperti Idul Fitri turut diikuti setelah menunaikan puasa selama satu bulan setiap tahunnya. 

Sebagaimana penjelasan di atas, banyak istilah yang hadir saat perayaan Idul Fitri berlangsung. Istilah yang tidak asing kita dengar di antaranya mudik, salat ied, takbiran, dan lain-lain. 

Namun, dibalik istilah-istilah tersebut tahukah kamu berbagai padanan kata dalam Bahasa Inggris mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran? Buat kamu yang masih kebingungan, berikut dibawah ini penjelasannya!

Baca juga: Kata Bijak Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

1. Idul Fitri

Idul Fitri merupakan perayaan umat muslim yang dilakukan setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh. Hari Raya Idul Fitri kita sebutkan sebagaimana padanan Bahasa Indonesia yang semestinya. Namun, dalam Bahasa Inggris kamu dapat menyebutkan Idul Fitri dengan Eid al-Fitr. Istilah ini dapat digunakan ketika kamu berada di luar negeri atau sedang berkomunikasi dengan native speaker, ya!

2. Tunjangan Hari Raya (THR)

Di Indonesia mewajibkan semua perusahaan baik lembaga swasta maupun negeri untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh karyawan mereka. Padanan kata dari tunjangan Hari Raya (THR) dalam bahasa Inggris disebut religious holiday allowance atau bisa juga holiday bonus

Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya digunakan untuk berbelanja baju baru untuk dipakai saat Lebaran atau bisa dibelikan hadiah dan bingkisan untuk dibagikan kepada kerabat dan relasi di sekitarnya. Kalau THR kamu biasanya dibelanjakan apa?

3. Mudik

Mudik adalah salah satu tradisi yang sangat umum di Indonesia. Saat Idul Fitri, banyak orang berbondong-bondong kembali ke kampung halaman mereka masing-masing untuk bertemu dan berkumpul dengan sanak keluarga. Arus mudik biasanya dilakukan satu minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam, sudah mengetahui arus lalu lintas menjelang mudik biasanya meningkat tajam. Oleh sebab itu, mudik telah dipersiapkan jauh-jauh hari mulai dari memesan tiket atau mencari rute-rute alternatif yang paling efisien. 

Istilah mudik sebagai budaya lokal sendiri sebenarnya tidak memiliki terjemahan khususnya dalam bahasa Inggris. Namun, dalam Bahasa Inggris banyak yang menyebutnya sebagai homecoming

4. Salat Ied

Salat Ied merupakan kegiatan ibadah yang dilakukan saat Idul Fitri sebagai tanda berakhirnya ibadah puasa. Meskipun salat Ied bersifat sunah, tetapi tetap dianjurkan untuk sebaiknya dilakukan selagi mampu dan sehat. 

Biasanya Salat Ied dilakukan pada pagi hari berjamaah di rumah bersama keluarga ataupun mengikuti salat di masjid. Dalam bahasa Inggris Salat Ied disebut Eid Prayer. Selain saat Idul Fitri, Salat Ied juga dilakukan pada hari perayaan seperti lebaran haji atau Idul Adha.

Baca juga: Kata Marah dalam Bahasa Inggris

5. Halal bi-halal

Lagi-lagi di Indonesia terdapat tradisi yang dilakukan saat lebaran dan dikenal dengan halal bi-halal. Halal bi-halal dilakukan dengan mengunjungi sanak saudara, kerabat, dan koleganya sebagai tanda hormat sekaligus saling meminta maaf untuk menjaga dan menyambung tali silaturahmi. 

Biasanya, halal bi-halal dilakukan selama atau setelah Idul Fitri. Umumnya yang dikunjungi pertama kali yang lokasinya terdekat seperti keluarga dan tetangga-tetangga di sekitar rumah, kemudian hari berikutnya mengunjungi kerabat dan saudara lainnya, dan terakhir silaturahmi dengan rekan kerja dan relasi lainnya. Halal bi-halal sebagai tradisi lokal yang hanya terdapat di Indonesia tidak memiliki padanan kata dalam Bahasa Inggris sehingga kita tetap dapat menyebutnya dengan istilah halal bi-halal.

6. Ziarah

Ziarah atau berkunjung ke makam sanak saudara juga menjadi tradisi lain yang digunakan menjelang lebaran. Ziarah dilakukan untuk mengenang dan mendoakan anggota keluarga yang sudah tiada. Orang yang melakukan ziarah atau peziarah biasanya membacakan surat Yasin dan melakukan tahlil di makam. Dalam bahasa Inggris, ziarah disebut dengan visiting the graves of loved ones.

7. Takbiran

Istilah takbiran yang juga sebagai tradisi lokal di Indonesia tidak memiliki terjemahan dalam bahasa Inggris. Kalimat yang dapat menjelaskan kegiatan takbiran adalah dengan menyebutkan the night before Eid Al-Fitr where people gather to celebrate and welcome the day of victory with parades and music played with drum.

Baca juga: Kosakata Nama Buah dalam Bahasa Inggris

Nah, itu dia beberapa kosakata Bahasa Inggris yang sering hadir di sekeliling kita mengenai perayaan Idul Fitri atau Lebaran. Padanan kata ini penting untuk kamu ketahui agar menambah pengetahuan dan tidak salah bahkan asal-asalan saat menggunakannya. Selain itu, kekayaan terhadap istilah ini dapat kamu gunakan jika kamu sedang berada di luar negeri agar orang lain memahami apa yang kamu ucapkan. 

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa juga ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu dapat menemukan pembelajaran yang dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris hanya dengan klik tautan berikut

Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu makin meningkat! 

Baca juga: Ingin Menjadi Editor Video Profesional Ikuti Cara-Cara Berikut

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *