Tanggal:14 May 2024

Contoh Kalimat Penggunaan ‘As If’ dan ‘As Though’ sebagai Bentuk Pengandaian!

Dalam Bahasa Inggris dikenal kata hubung yang dapat digunakan dalam suatu kalimat. Kata hubung ini berfungsi sebagai ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Contohnya antara lain or, and, dan also yang mungkin sudah familiar kamu gunakan dalam sebuah kalimat. Namun, bagaimana dengan as if dan as though? Apakah kamu telah mengetahui bagaimana cara penggunaan pada keduanya? 

Baca juga: Kosakata Nama Hewan dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Penggunaan ‘As If’ dan ‘As Though’

Penggunaan ‘As If’ dan ‘As Though’. Sumber: pexels.com

Kata hubung dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah conjunction. Penggunaan as if dan as though tidak hanya sekadar menyambungkan dua kalimat biasa, tetapi kalimat pengandaian. 

Kalimat pengandaian seperti apa? Kedua kata ini digunakan untuk menjelaskan suatu ide atau kondisi yang tidak benar kenyataannya apabila diikuti oleh unreal tense (tenses yang menggunakan past atau past perfect).

Kalimat pengandaian berisi kondisi kejadian yang seolah-olah tidak terjadi, tetapi seperti akan terjadi. Secara sederhana as if dan as though memiliki arti seolah-olah, seakan-akan, atau juga seperti.

Baca juga: Arti Fungsi dan Pedoman Penulisan Intro Feature

Contoh Kalimat Penggunaan ‘As If’ dan ‘As Though’

Berikut contoh kalimat penggunaan as if dan as though untuk memudahkan kamu dalam mempelajarinya. Mari simak bersama-sama, yuk!

  •  It is cloudy as if it is going to rain. (Saat ini cuaca mendung seolah-olah akan turun hujan.)
  • You look very confident as though you will pass the exam. (Kamu tampak percaya diri seolah-olah kamu akan lulus ujian ini.)

Kedua kalimat di atas memiliki kondisi kenyataan yang belum terjadi. Kalimat pertama kenyataannya saat itu belum turun hujan, jika hujan memang akan turun juga belum terjadi. Kalimat kedua kenyataan mengenai seseorang itu belum terjadi karena kenyataannya nilai ujian belum keluar dan belum ada kepastian akan lulus dengan nilai bagus. Kedua kalimat pengandaian ini bisa bermakna seolah-olah akan terjadi, tetapi belum terjadi.

Jika diperhatikan, dua contoh kalimat di atas tidak diikuti oleh bentuk past tense dan past future tense. Hal tersebut disebabkan karena sang pembuat kalimat tahu kejadian tersebut dan kemungkinan besar pasti terjadi. 

Baca juga: Kalimat Kecewa dalam Bahasa Inggris

Penggunaan as if dan as though dalam suatu kalimat juga biasanya diawali dengan kata feel dan look. Contoh:

  • My sister looked as if she’d had some funny jokes. 

Kalimat di atas mengekspresikan kakak yang terlihat seperti seseorang yang menerima lelucon lucu. Kalimat ini hanya perkiraan yang belum tentu kebenarannya atau bahkan kemungkinan besar tidak terjadi karena diikuti oleh bentuk past tense.

  • I felt as though I was insane.

Hampir sama dengan contoh kalimat sebelumnya, kalimat ini menggambarkan bahwa seseorang berpikir ia gila. Namun, ini hanya berupa kalimat pengandaian yang tidak terjadi. Sehingga, bentuk kalimat yang digunakan adalah menggunakan past tense atau bentuk dalam masa lampau.

  • They looked as if they knew their mistakes

Dalam kalimat ini bentuk yang digunakan adalah present bukan past tense atau lampau. Hal ini disebabkan pembicara sudah mengetahui jawabannya, namun ia memberikan kesan atau terlihat seperti mengetahui jawabannya.

  • You seem as thought you haven’t slept for days. 

Kata seem juga dapat digunakan untuk menunjukkan pembicara yang menilai seseorang yang terlihat seperti tidak tidur selama beberapa hari, tetapi tidak tahu kebenarannya. Kalimat ini termasuk dalam kalimat pengandaian atau prediksi yang seolah-olah terjadi, tetapi bisa saja tidak terjadi.

  • Hazel talked as though she had been always right. 

Dalam kalimat ini menjelaskan bahwa Hazel bertingkah seperti seolah-olah ia selalu benar. Pada kenyataannya, ia tidak selalu benar dan memiliki kesalahan-kesalahan yang tidak sadari. Oleh sebab itu diikuti oleh bentuk kalimat lampau karena tingkah laku Hazel berbanding terbalik dengan kenyataannya.

Baca juga: Kata Bijak Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

Itu dia penggunaan as if dan as though yang dapat digunakan pada bentuk kalimat pengandaian. Kamu dapat mempelajarinya untuk menambah pengetahuanmu dalam Bahasa Inggris.

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa juga ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu dapat menemukan pembelajaran yang dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris hanya dengan klik tautan berikut

Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu makin meningkat! 

Baca juga: Kata Marah dalam Bahasa Inggris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *