Tanggal:21 June 2024
alih profesi

Yuk Alih Profesi Bersama Vocasia Untuk Mulai Karir Barumu!

Memulai karir baru di bidang yang berbeda mungkin terdengar menakutkan, namun dengan dukungan dan pelatihan yang tepat, alih profesi dapat menjadi langkah yang tepat untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan. Vocasia, platform kursus dan pelatihan digital, dapat menjadi pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru di bidang yang berbeda dan meningkatkan peluang karir di masa depan.

Pengertian

Alih profesi adalah perpindahan atau perubahan pekerjaan dari bidang yang berbeda dengan pekerjaan sebelumnya. Alih profesi juga dapat diartikan sebagai perubahan karir yang dilakukan oleh seseorang untuk memperbaiki kualitas hidup dan meningkatkan peluang karir. Sebelum melakukan alih profesi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti risiko yang mungkin terjadi, kemampuan dan minat dalam bidang baru, serta peluang karir di bidang baru tersebut.

Lakukan Ini Sebelum Alih Profesi

Sebelum melakukan alih profesi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang agar dapat sukses dalam perubahan karir tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Menentukan alasan yang jelas dan kuat untuk melakukan perubahan karir.
  2. Memperoleh restu dari keluarga dan orang terdekat.
  3. Menyiapkan keuangan dengan matang, termasuk mempertimbangkan penghasilan yang mungkin berkurang atau tidak stabil di awal karir baru.
  4. Mempelajari dan memperoleh keterampilan baru yang dibutuhkan di bidang baru.
  5. Mempersiapkan mental dan emosi untuk menghadapi tantangan dan perubahan yang mungkin terjadi.

Dengan mempersiapkan hal-hal tersebut dengan matang, diharapkan dapat membantu seseorang untuk sukses dalam alih profesi dan mencapai tujuan karir yang diinginkan.

Siap Ganti Profesi?

Menurut laporan dari World Economic Forum (WEF), 23% tenaga kerja global di semua industri akan mengalami perubahan total dalam lima tahun ke depan, dengan beberapa pekerjaan menghilang dan profesi baru muncul. Laporan tersebut juga menyarankan bahwa untuk setiap profesi yang menghilang, banyak profesi baru akan muncul. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pikiran yang terbuka dan dapat beradaptasi dengan perubahan jika ingin mempertimbangkan perubahan karir. Beberapa industri yang diproyeksikan mengalami perubahan paling drastis dalam lima tahun ke depan termasuk media, hiburan, dan olahraga, dengan sekitar 32% pekerjaan di industri ini diharapkan menghilang atau digantikan oleh profesi baru.

Jika Anda mempertimbangkan perubahan karir, berikut adalah lima hal yang harus ditanyakan pada diri sendiri sebelum melakukan perubahan:

  • Mengapa saya ingin mengubah karir?
  • Apa kekuatan dan kelemahan saya?
  • Apa keterampilan yang dapat dipindahkan?
  • Apa tujuan keuangan saya?
  • Bagaimana pasar kerja untuk karir baru yang saya pertimbangkan?

Hal penting lainnya adalah melakukan riset karir baru secara menyeluruh dan memperoleh kualifikasi atau pengalaman yang diperlukan sebelum melakukan perubahan.

Manfaat 

Berikut adalah beberapa manfaat dari alih profesi yang dapat diambil dari beberapa sumber:

  • Meningkatkan peluang karir dan penghasilan yang lebih baik di bidang baru.
  • Memberikan kesempatan untuk mengejar passion dan minat yang sebelumnya tidak terpenuhi di pekerjaan sebelumnya.
  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang baru yang dapat meningkatkan nilai diri dan daya saing di pasar kerja.
  • Memberikan pengalaman baru dan tantangan yang dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi.
  • Meningkatkan kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup dengan melakukan pekerjaan yang lebih bermakna dan memuaskan.

Namun, sebelum melakukan, perlu dipersiapkan dengan matang dan mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi. Dengan persiapan yang matang, alih profesi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi seseorang dalam mencapai tujuan karir dan kehidupan yang diinginkan.

Alih Profesi Bersama di Vocasia

Jika kamu ingin melakukan alih profesi bersama di Vocasia, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Menentukan alasan yang jelas dan kuat untuk melakukan perubahan karir.
  • Mencari informasi mengenai kursus dan pelatihan yang tersedia di Vocasia yang sesuai dengan bidang yang diinginkan.
  • Memilih kursus atau pelatihan yang cocok dengan kebutuhan dan minat kita adalah langkah penting.
  • Mengikuti kursus atau pelatihan dengan serius dan konsisten.
  • Mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan perubahan yang mungkin terjadi selama proses alih profesi.
  • Mencari informasi mengenai peluang karir di bidang baru dan mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan di bidang tersebut.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, seseorang dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru yang dibutuhkan di bidang baru dan meningkatkan peluang karir di bidang yang diinginkan. Vocasia dapat menjadi pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin melakukan alih profesi bersama dengan memperoleh pelatihan dan keterampilan baru secara daring.

Dengan dukungan dan pelatihan yang tepat dari Vocasia, alih profesi dapat menjadi langkah yang tepat untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru di bidang yang berbeda. Yuk, mulai karir baru dan raih kesuksesan bersama Vocasia!

Penulis : Asep – Vocasia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *