Tanggal:30 May 2024

Annual Report: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuatnya

Halo sobat Vocasia, gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu dan bersemangat untuk terus menambah ilmu ya sobat.

Kali ini minvo mau berbagi seputar Annual Report nih. Sudah pada penasaran kan, yuk simak artikel berikut ini. Artikel ini dibuat agar sobat mengerti apa itu Annual Report, fungsi, tujuan, dan cara membuatnya.

1. Apa Itu Annual Report?

Laporan tahunan atau Annual Report adalah laporan tahunan yang berisi informasi mengenai perkembangan dan pencapaian yang diterima oleh perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Oleh karena itu, laporan tahunan harus berisi informasi yang akurat supaya isinya bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, laporan tahunan juga berisi ringkasan informasi yang dikeluarkan perusahaan kepada pemegang saham, investor, kreditur, atau pihak eksternal berkepentingan lainnya. Berdasarkan informasi yang tertera di laporan tahunan, para pemegang saham juga bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan strategi apa yang akan dilakukan di masa mendatang.

2. Fungsi Annual Report

Secara umum, fungsi laporan tahunan atau annual report adalah:

  • menyajikan informasi keuangan dan pencapaian perusahaan dalam satu tahun;
  • memberikan informasi lengkap neraca dan laporan laba rugi dalam satu tahun;
  • sebagai alat pemasaran untuk menunjukkan citra perusahaan yang baik;
  • menarik minat konsumen, investor, dan calon investor untuk berinvestasi di suatu perusahaan;
  • memamerkan produk dan inovasi perusahaan atau proyek di masa depan; dan
  • sebagai alat evaluasi bagi investor untuk menilai efektivitas investasi pada suatu perusahaan.

3. Tujuan Annual Report

Diterbitkannya annual report oleh perusahaan memiliki tujuan utama, yaitu sebagai sarana penyampaian informasi yang valid mengenai perusahaan selama setahun yang berkaitan tentang kondisi keuangan, kinerja, perubahan, keputusan, kegiatan, dan sebagainya.

4. Cara Membuat Annual Report

Membuat laporan tahunan atau annual report yang tidak membosankan memang memerlukan keahlian khusus. Ini agar calon investor dan kreditor tertarik untuk menanamkan dan meminjamkan modal di bisnis sobat. Yap, tidak hanya untuk perusahaan besar, bisnis kecil juga bisa menggunakan annual report sebagai strategi bisnisnya untuk menarik investor.

Tips untuk Membuat Laporan Keuangan Tahunan yang Baik

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat annual report laporan tahunan yang baik:

1. Berisi Informasi yang Lengkap dan Komprehensif

Laporan tahunan (Annual report) harus berisi informasi selengkap mungkin mengenai perusahaan/bisnis kamu dan harus bisa menjelaskannya dengan baik agar mudah dimengerti. Isinya terdiri dari riwayat perusahaan, profil bisnis, visi dan misi, pencapaian (milestone), dan lain sebagainya.

2. Highlight Pencapaian Perusahaan

Pencapaian perusahaan adalah sorotan utama oleh investor. Pencapaian perusahaan tidak hanya sebatas persoalan pendapatan, melainkan juga hal-hal lain yang (pada intinya) berdampak positif pada keberlangsungan perusahaan. Sertakan informasi-informasi pendukung agar bagian ini terlihat menarik, seperti mencantumkan testimoni.

3. Visualisasi Angka

Agar tidak monoton, penyampaian angka-angka dalam laporan sebaiknya disajikan dengan menarik melalui infografis. Tidak hanya menarik, infografis juga dapat memudahkan pembaca memahami informasi yang disampaikan dengan cepat. Sebagai tips, sobat bisa membuat infografis dengan tema tertentu sesuai karakteristik perusahaan.

4. Menggunakan Tema yang Sesuai Karakteristik Perusahaan

Penggunaan tema yang sesuai dengan karakteristik perusahaan dalam infografis akan memberikan nilai ketertarikan tersendiri. Adopsi seluruh elemen dengan satu tema yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Mulai dari jenis font, warna, desain, foto, ilustrasi, dan lainnya.

Penerapan tema yang sesuai pada annual report ini secara tidak langsung membantu meyakinkan pembaca bahwa perusahaan memiliki profesionalitas dan kredibilitas yang tinggi.

5. Menyajikannya dengan Interaktif

Sobat bisa menggunakan kertas pop up untuk konten infografis atau menambahkan QR code pada bagian tertentu. Jadinya pembaca bisa memindai QR code tersebut untuk melihat video melalui perangkat mobile (smartphone) mereka.

Nah itulah sobat seputar Annual Report. Buat para sobat yang ingin semakin jago dalam membuat laporan keuangan akuntansi, minvo punya rekomendasi Kursus Jago Akuntasi : Praktik Membuat Laporan Keuangan

Dengan mengikuti kursus ini, sobat akan mempelajari praktik membuat laporan keuangan, bukti transaksi sampai menganalis laporan keuangan. Klik tombol di bawah ini untuk mengikuti kursus ini!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *