Tanggal:05 May 2024

Kenali Profesi Canvasser, Kunci Sukses Penjualan!

Canvasser adalah seseorang yang bertugas menawarkan produk dalam suatu proses penjualan secara langsung kepada konsumen. Profesi canvasser sebagai bagian dari metode canvassing. Canvassing sendiri merupakan aktivitas untuk melakukan komunikasi langsung dengan konsumen. Saat terjun ke dalam profesi ini, tentu saja kamu dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni. Komunikasi yang dilakukan dapat melalui telepon dan email ataupun melakukan kunjungan ke tempat konsumen. Kamu harus piawai dalam merebut perhatian dan ketertarikan konsumen agar berhasil melakukan pembelian produk.

Profesi canvasser menjadi fokus utama dalam meraih kesuksesan penjualan. Melakukan pendekatan terhadap konsumen sudah menjadi makanan keseharian bagi profesi ini. Kamu juga harus pandai memahami dan mengerti setiap keinginan konsumen. Kamu harus sabar dan pandai membaca celah yang tepat untuk merebut perhatian konsumen. Menjadi seorang canvasser memang bukanlah hal yang mudah. Kamu butuh keahlian yang cukup dalam melakukan komunikasi persuasif. Yuk, pelajari lebih dalam mengenai profesi ini.

Skill Profesi Canvasser

1. Product Knowledge 

Ilustrasi Menjelaskan Product Knowledge (pexels)

Kemampuan utama seorang canvasser adalah memahami tentang seluk-beluk produk yang akan dijual. Hal ini meliputi spesifikasi, cara penggunaan, dan detail lain terkait produk. Kamu harus memahami secara utuh tentang produk yang hendak dijual. Semua pengetahuan yang kamu miliki akan sangat membantu konsumen. Konsumen akan merasa terpenuhi akan detail informasi produk. Kamu pun harus pintar dalam menanggapi berbagai hal yang diutarakan oleh konsumen. Produk yang kamu pasarkan harus mampu menjawab segala keluhan yang dirasakan konsumen. Dengan ini, konsumen juga akan memiliki rasa kepercayaan tersendiri.

2. Negosiasi

Ilustrasi Proses Negosiasi (pexels)

Dalam melakukan penawaran, tentu saja kamu perlu melakukan negosiasi. Tahap negosiasi harus kamu lakukan dengan tetap mengutamakan kenyamanan konsumen. Kemampuan kamu dalam melakukan lobby juga sangat membantu proses negosiasi yang dilakukan. Hal ini karena calon konsumen bisa saja melakukan penawaran harga. Kamu harus pandai bernegosiasi dengan baik. Sebagai canvasser, kamu harus paham kapan saatnya menanggapi hal tersebut serta bagaimana caranya. Tujuannya agar barang dapat terjual, namun tetap mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

3. Komunikasi

Ilustrasi Kemampuan Komunikasi (pexels)

Kemampuan utama yang dibutuhkan seorang canvasser ialah komunikasi. Skill ini sangat penting untuk mendukung kesuksesan penjualan produk. Kamu harus pandai memberikan informasi yang dikemas dengan model komunikasi menarik. Kamu juga harus pandai membuat konsumen nyaman saat melakukan komunikasi bersama-sama. Hal ini agar apa yang disampaikan mendapatkan timbal balik yang baik. Timbal balik yang kamu dapat akan mendorong keberhasilan penjualan produk. Secara tidak langsung konsumen menanggapi penawaran yang kamu lakukan dengan baik. Pastikan tetap memperhatikan kenyamanan dan pesan informatif yang disampaikan, ya.

Tugas Profesi Canvasser

1. Melaksanakan kegiatan penjualan di berbagai media

Tugas utama seorang canvasser adalah melaksanakan penjualan kepada konsumen. Kamu harus pandai memutar otak dalam menentukan media yang sesuai untuk menggaet konsumen. Kamu pun harus mahir mengemas produk dengan tampilan menarik dan komunikatif. Berbagai media sosial bisa kamu manfaatkan seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga email. Namun, cara tradisional seperti penggunaan telepon dan mendatangi kediaman konsumen juga termasuk jitu, loh. Kamu hanya perlu menerapkan penggunaan media sesuai dengan strategi pemasaran yang digunakan. Tujuannya tetap sama, yakni mendukung kesuksesan penjualan.

2. Menghadiri berbagai kegiatan atau event

Event merupakan salah satu cara perusahaan untuk dapat lebih dekat dengan calon konsumen. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Bahkan, kamu bisa menciptakan event marketing tersendiri untuk mewujudkan keberhasilan penjualan. Seorang canvasser diwajibkan untuk menghadiri berbagai event dalam rangka menawarkan produk atau jasa perusahaan. Kamu dituntut sigap dan siap kapan pun untuk melakukan promosi penjualan. Event hanya sebagai perantara atau jembatan penghubung mewujudkan transaksi jual beli produk.

Baca Lebih Banyak : Tips Menjadi Sales Motoris Profesional, Cocok untuk Pemula!

3. Menghubungi konsumen di waktu tertentu

Canvasser harus pandai menggaet konsumen baru. Tak hanya itu, menjaga hubungan dengan konsumen juga perlu dilakukan dengan baik. Kamu harus sigap di beberapa waktu tertentu untuk menghubungi konsumen. Tujuannya tentu saja melakukan promosi dan penawaran produk kepada konsumen. Namun, kamu perlu membaca situasi dan menentukan waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi tersebut. Kamu bisa menghubungi konsumen di saat jam-jam santai atau istirahat. Konsumen pastinya akan merasa terbuka dengan kehadiran kamu sebagai canvasser produk.

Nah, itulah penjelasan mengenai profesi canvasser. Canvasser menjadi profesi penting dalam mendukung keberhasilan penjualan. Pahami kemampuan dan tugas seorang canvasser dengan baik. Pasalnya, keberhasilan penjualan sangat mendukung kesuksesan suatu bisnis. Tentu kamu ingin bisnis yang dirintis bisa mencapai kesuksesan, bukan? Semoga berhasil dengan adanya profesi canvasser ini, ya.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *