Tanggal:30 April 2024
person in charge

Person In Charge: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Perlu Dikuasai

Pengertian Person In Charge

Person In Charge atau disingkat PIC merupakan istilah yang sering disebutkan di dunia kerja. Berdasarkan arti dalam bahasa Inggrisnya, PIC memiliki arti orang yang bertanggung jawab. Apabila ditelaah lebih lanjut, istilah ini mengacu pada orang yang memegang tanggung jawab pada suatu proyek maupun tugas tertentu di suatu perusahaan. Oleh karena itu, seorang PIC perlu memiliki kemampuan yang mumpuni serta memiliki sifat kepemimpinan untuk menjalankan tugas tersebut. 

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa PIC memiliki peranan yang cukup penting dalam suatu perusahaan. Mereka akan memegang tanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diberikan, baik yang bersifat jangka panjang maupun pendek. 

Baca Juga | Yuk Simak! Teori Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli, Lengkap Beserta Penjelasannya Wajib Tahu Loh

Maka, dapat disimpulkan PIC merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam suatu proyek atau tugas di suatu perusahaan dengan mempertimbangkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki. 

Tugas dan Tanggung Jawab Person In Charge

tugas dan tanggung jawab Person In Charge

Ilustrasi tugas Person In Charge (pixabay.com)

Berdasarkan paparan di atas telah disebutkan bahwa seorang PIC memiliki tanggung jawab terhadap suatu proyek. Selain itu, mereka juga memegang peranan sebagai pengawas dan pengontrol pengerjaan proyek 

Baca Juga | 5 Tipe Kepemimpinan Di Dunia, Yang Manakah Kamu ?

Disamping itu, seorang PIC perlu melakukan pemantauan atas perkembangan yang terjadi pada proyek dan membuat laporan kepada manajer atau kepala divisi yang bersangkutan. Apabila pekerjaan mereka dilakukan dengan maksimal dan mencapai target yang telah ditentukan, penilaian positif dari atasan akan mereka dapatkan. Sebaliknya, apabila pekerjaan yang dilakukan menghasilkan output yang tidak maksimal dan jauh dari perkiraan, penilaian negatif akan mereka dapatkan. 

Seorang penanggung jawab juga bertugas untuk memberikan saran, ide, atau kritik dalam rangka menyukseskan proyek yang dikerjakan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dalam bentuk moral dan materi dalam pelaksanaan proyek tersebut. 

Baca Juga | 8 Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan, Coba Yuk!

Kesempatan untuk menjadi seorang penanggung jawab dalam suatu proyek tentu akan memberikan nilai plus dalam perintisan karier. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk mengasah skill dan meningkatkan kinerja yang dapat berguna di kemudian hari. 

Skill yang Perlu Dikuasai Person In Charge 

Menjadi seorang penanggung jawab perlu memiliki kemampuan pengelolaan dan pengontrolan dalam menjalankan tugasnya. Namun, hal itu tidak cukup untuk mengemban suatu proyek, apalagi jika proyek yang dikerjakan termasuk besar dan memerlukan orang berkompeten dalam pelaksanaannya. Untuk itu, mari simak skill yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang penanggung jawab berikut. 

Baca juga | Apa Itu Leadership? Pengertian Dan Cara Membangunnya!

1. Komunikasi 

Person In Charge

ilustrasi komunikasi (pexels.com/olia danilevich)

Komunikasi menjadi skill yang perlu dikuasai oleh seorang PIC. Segala arahan dan informasi yang berhubungan dengan proyek perlu disampaikan secara jelas dan efektif pada setiap pihak yang terlibat. Oleh karena itu, mereka yang mengemban tugas sebagai pemimpin dalam proyek tersebut perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Baca Juga | Berikut Seputar Komunikasi Publik Yang Perlu Kamu Ketahui!

2. Problem solving 

Dalam setiap pelaksanaan proyek, tentu akan timbul banyak kendala dan masalah. Seorang penanggung jawab perlu memiliki kemampuan problem solving yang baik untuk menangani masalah yang terjadi sehingga tidak mengganggu proses pengerjaan proyek sampai tuntas nanti. 

Baca Juga | 6 Cara Mengajak Kerjasama Bisnis, Wah Wajib Tahu Loh!

3. Interpersonal 

Person In Charge

Ilustrasi interpesonal (cr. pixabay)

Tak dapat dipungkiri, sebuah proyek dilaksanakan dengan melibatkan banyak pihak dengan berbagai latar belakang dan karakter yang berbeda-beda. Seorang penanggung jawab perlu menjalin hubungan yang baik untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung dalam bekerja. Kemampuan interpersonal yang baik pasti akan membantu proses ini. Kemampuan tersebut juga dapat memudahkan komunikasi yang baik antar berbagai pihak selama proyek berlangsung. 

Baca juga | Berikut Ini Job Desk Manager Yang Harus Kamu Ketahui!

Itulah pengertian, tugas, dan skill yang perlu dikuasai oleh seorang PIC. Berbagai manfaat dan kelebihan akan banyak didapat ketika menjadi penanggung jawab. Tidak ada salahnya untuk terus mengasah dan meng-upgrade skill supaya posisi penanggung jawab dapat diperoleh. 

Untuk melatih kemampuan berkomunikasi kamu yang pastinya akan sangat berguna bagi keberlangsungan kariermu, gabung bersama vocasia di kelas Komunikasi Efektif di Dunia Kerja. Tak hanya didampingi oleh mentor yang kompeten di bidangnya, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Ayo, tunggu apalagi segera bergabung dengan vocasia!

Baca juga | 8 Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan, Coba Yuk!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *