Tanggal:26 February 2024

6 Cara Mengajak Kerjasama Bisnis

ilustrasi pengembangan bisnis (pixabay.com)

Baca Juga : Definisi Dan Manfaat Kolaborasi

Bisnis yang sukses biasanya dimiliki oleh beberapa orang. Buat kamu yang saat ini sudah memiliki bisnis dan ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, alangkah baiknya kamu untuk mencari rekan bisnis yang bisa diajak bekerja sama untuk mengembangkan bisnis kamu.

Tetapi untuk bisa mendapatkan rekan bisnis, kamu harus bisa mengelola distribusi keuntungan yang sesuai. Maka dari itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin mencari rekan bisnis. Komitmen merupakan hal yang sangat penting dalam mencari rekan bisnis, mirip seperti pasangan nikah.

Pada dasarnya kerja sama bisnis bisa digolongkan menjadi dua, yang pertama yaitu kerja sama jangka panjang dengan perjanjian dibuat secara hukum dan kerjasama jangka pendek yang hanya sekedar ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Buat kamu yang ingin mencari rekan kerja sama bisnis yang tepat, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu mengenai bagaimana tips cara mengajak kerja sama bisnis yang oke

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia di bawah ini sampai tuntas!

Check it out!

1. Visi dan misi

Tentukan visi misi bersama

Tentukan visi misi bersama – @rawpixel.com

Langkah utama untuk mengajak kerja sama bisnis adalah mempersatukan visi dan misi. Apapun bidang bisnis yang kamu tekuni saat ini, visi dan misi yang selaras merupakan hal yang sangat penting.

Menyelaraskan visi dan misi akan menjadi jaminan mutlak menghindari permasalah yang banyak ketika suatu bisnis sudah berjalan. Pastikan tujuan dan metode kerja yang kamu dan rekan bisnismu tentukan sudah jelas dan sejalan.

Dengan begitu, perusahaan bisa fokus beroperasi untuk mencapai tujuannya.

Jangan pernah pelit meluangkan waktumu untuk mendiskusikan visi dan misis perusahaan, metode penyelesaian masalah bisnis, ide kreatif dan inovasi perusahaan yang cocok. Dengan begitu, bisnismu akan berjalan dengan ideal.

Baca Juga:

2. Harapan dan kebutuhan

identifikasi harapan dan kebutuhan bersama

identifikasi harapan dan kebutuhan bersama – @rawpixel.com

Semua orang memiliki harapan dan tujuannya masing-masing, tak terkecuali suatu perusahaan bisnis. Perusahaan bisnis juga harus memikirkan apa yang menjadi harapan dan kebutuhan untuk bisa mewujudkan visi dan menjalankan misi perusahaan. Tentu saja hal ini harus dipikirkan dengan matang.

Lakukanlah kerja sama yang nantinya bisa mewujudkan harapan perusahaan dan memenuhi kebutuhan perusahaan, biasanya kebutuhan dari suatu perusahaan yang bisa didapat melalui kerja sama bisnis adalah modal usaha, keahlian sumber daya manusia, networking atau jaringan dan lain sebagainya.

Tetapi kamu harus tetap bisa menjaga hubungan kerja sama agar terjaga dengan baik sehingga tidak memberikan dampak negatif terhadap perusahaan. Jagalah sifat egomu agar tidak mengganggu kepentingan bersama dan kepentingan perusahaan.

3. Keunggulan mitra

Hal ini merupakan hal yang tidak kalah penting. Sangat disayangkan jika kamu memiliki rekan bisnis yang tidak memberikan keuntungan apa-apa terhadap bisnis kamu apalagi jika sampai menghambat kemajuan perusahaan.

Sangat disarankan buat kamu untuk mengidentifikasi keunggulan apa saja yang akan perusahaan dapatkan jika calon mitra tersebut bergabung dengan perusahaan.

Setelah kamu melakukan identifikasi yang jelas, kamu bisa lanjut ke tahap diskusi untuk menyesuaikan harapan dan kebutuhan masing-masing. Ditambah lagi kamu bisa merencanakan peran-peran yang tepat bagi setiap mitra yang sudah bekerja sama.

Pada dasarnya hal ini akan membuat perusahaan menjadi awet dalam jangka panjang.

Baca Juga :

4. Saling melengkapi

Saling melengkapi satu sama lain

Saling melengkapi satu sama lain – @rawpixel.com

Setiap individu akan selalu memiliki kekurangan dan kelebihan. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kamu harus mengidentifikasi keunggulan dari mitra, tetapi kamu juga harus mengidentifikasi kekurangan dari mitra dan kekurangan dari pihak kamu sendiri. Cobalah untuk memikirkan bagaimana kelebihan dari kamu bisa menutupi kekurangan mitra dan keunggulan mitra bisa menutupi kekeurangan kamu.

Ketika sudah memiliki mitra, lakukanlah brainstroming secara berkala. Hal ini akan menjadi jalan keluar ketika perusahaan kamu mendapat masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh kamu seorang diri.

5. Mengatasi perselisihan

Jangan biarkan perasaan benci tumbuh antara satu sama lain dari waktu ke waktu. Buatlah aturan dimana masing-masing dapat melakukan pendekatan pada yang lainnya ketika ada sesuatu yang perlu ditangani.

Sekali dalam seminggu diperlukan dalam beberapa situasi, tapi minimal sebulan sekali buatlah agenda yang memungkinkan semua orang datang. Ini akan sangat baik untuk membicarakan pandangan kamu terhadap bisnis. Ungkapkan jika kamu melihat ada perubahan yang tidak diinginkan.

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi berbagai kursus bisnis menarik di Vocasia!

Baca Juga :

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *