Tanggal:20 April 2024

Apa Itu Seminar? Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Contohnya

Pengertian Seminar

Seminar adalah pertemuan sekelompok orang untuk membahas suatu topik dan mencari solusi dari topik atau masalah tersebut dengan memperkenalkan seorang mentor yang ahli di bidangnya untuk menjelaskan solusi dari masalah yang sedang dibahas. Secara etimologi, kata seminar berasal dari bahasa latin seminary yang berarti tanah tempat benih ditanam.

Kalimat ini tidak dapat diartikan secara harfiah, melainkan merupakan bentuk kalimat konotatif, yang lebih mengacu pada suatu bentuk pengajaran akademik dan pembinaan diri yang dilakukan oleh suatu komunitas atau organisasi pendidikan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa acara seminar adalah pertemuan massal yang diadakan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu yang sarat ilmu, termasuk diskusi ilmiah yang bermanfaat bagi banyak pihak.

Tujuan Seminar

Tujuan utama seminar adalah menyampaikan ilmu pengetahuan, pendapat, motivasi, atau inovasi kepada peserta seminar. Selain itu, beberapa tujuan dari seminar adalah sebagai berikut:

  • Kesimpulan atau solusi yang disampaikan dalam seminar bertujuan agar peserta bisa mengaplikasikan ilmu atau wawasan tersebut dalam kehidupannya.
  • Seminar sebagai salah satu sarana menyampaikan aspirasi dan ide kepada peserta seminar sehingga informasi tersebut bisa tersebar kepada khalayak yang lebih luas.
  • Selain sebagai media untuk menyampaikan dan memberikan wawasan baru, tujuan lain dari seminar adalah untuk meningkatkan kompetensi dari pesertanya.
  • Seminar sebagai salah satu sarana untuk mengasah kompetensi peserta seminar.
  • Seminar sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat yang ditujukan untuk mendapatkan suatu pengakuan atau kualifikasi dalam pekerjaan.
  • Seminar sebagai tempat atau sarana untuk mencari ilmu.
  • Seminar sebagai tempat untuk menambah relasi, teman, network.
  • Seminar sebagai upaya untuk menambah portofolio.
  • Seminar sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri.
  • Seminar sebagai salah satu cara bersosialisasi dalam forum resmi.

Fungsi Seminar

Fungsi seminar adalah guna menyampaikan sebuah gagasan maupun sesuatu yang baru terhadap para peserta seminar serta berharap para peserta bisa memperoleh ilmu dan nantinya bisa dikembangkan dengan baik guna menyelesaikan masalah.

Contoh Seminar

Seminar dapat dilakukan pada berbagai jenis bidang dan dibedakan berdasarkan maksud dan tujuan tertentu. Beberapa contoh seminar adalah sebagai berikut:

1. Seminar Nasional

Contoh pertama seminar adalah seminar nasional. Seminar ini memiliki skala nasional dan biasanya dilaksanakan oleh lembaga tertentu yang juga bisa melakukan kerja sama dengan pihak lainnya. Pada umumnya, peserta seminar adalah pihak seperti peneliti hingga masyarakat umum.

2. Seminar Internasional

Selanjutnya, contoh seminar adalah seminar internasional. Hampir mirip dengan seminar nasional, bedanya terletak pada skala seminar. Seminar ini memiliki skala internasional dan biasanya dilaksanakan lembaga internasional. Peserta seminar adalah berbagai pihak dari berbagai negara.

3. Seminar Proposal

Contoh ketiga seminar adalah seminar proposal. Saat menjadi mahasiswa akhir, kamu mungkin pernah menjadi salah seorang yang menyelenggarakan seminar proposal ini. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan rencana penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing. Peserta seminar adalah dosen penguji, dosen pembimbing, dosen wali, serta mahasiswa dari prodi yang sama atau lainnya. Seminar ini biasanya menjadi syarat kelulusan mahasiswa.

4. Seminar Skripsi

Contoh keempat seminar adalah seminar skripsi. Seminar ini adalah seminar lanjutan setelah seminar proposal. Bedanya, jika seminar proposal dilakukan di awal, maka seminar skripsi ini adalah seminar yang dilakukan di akhir. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan hasil penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing dan dosen penguji.

5. Seminar Teknologi

Contoh kelima seminar adalah seminar teknologi. Tujuan seminar adalah untuk memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan berbasis teknologi yang dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan seseorang secara luas di bidang teknologi.

6. Seminar Matematika

Contoh selanjutnya dalam seminar adalah seminar matematika. Seminar matematika adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk memberikan informasi terkait ilmu tentang kuantitas, ruang, struktur, serta perubahan. Tujuan seminar adalah agar peserta seminar dapat belajar untuk menemukan pola, merumuskan dugaan baru, serta membangun kebenaran melalui metode yang telah disampaikan.

7. Seminar Budaya

Contoh ketujuh seminar adalah seminar budaya. Bahasan dalam seminar adalah informasi terkait ilmu maupun aspek penting mengenai ilmu budaya. Sedangkan tujuan seminar adalah untuk mengajak para peserta melestarikan budaya tersebut.

8. Seminar Keperawatan

Berhubungan dengan kesehatan, contoh selanjutnya dalam seminar adalah seminar keperawatan yang berupa kegiatan pembelajaran maupun pelatihan. Tujuan seminar adalah untuk memberikan bekal serta ilmu seputar keperawatan agar memiliki kesiapan serta memahami kode etik menjadi seorang perawat. Sesuai dengan namanya, pada umumnya peserta seminar adalah perawat atau calon perawat.

9. Seminar Kefarmasian

Masih berhubungan dengan kesehatan, contoh lain dari seminar adalah seminar kefarmasian. Tujuan seminar adalah untuk untuk menyampaikan ilmu seputar dunia farmasi, misalnya mempelajari cara membuat, mencampur, dan meracik formulasi obat.

10. Seminar Kewirausahaan

Dalam bidang bisnis, salah satu contoh seminar adalah seminar kewirausahaan. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan informasi seputar peluang usaha maupun bisnis, memberikan wawasan kepada peserta seminar terkait cara menghadapi berbagai resiko yang mungkin dihadapi dalam berbisnis, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Webinar? Pengertian, Manfaat Dan Contohnya

Sukses karir profesional - personal development
basic excel training

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *