Tanggal:29 February 2024

7 Aplikasi Desain Arsitektur yang Wajib Dikuasai!

Seorang arsitek profesional dan mahasiswa arsitektur harus memiliki keterampilan menggambar dan merancang bangunan dengan baik. Jika dahulu mendesain dan perencanaan bangunan hanya menggunakan alat gambar dan kertas. Kini seiring berkembangnya zaman yang semakin canggih, arsitek dan mahasiswa arsitektur dituntut untuk bisa mendesain bangunan menggunakan bantuan aplikasi digital.

Saat ini, tersedia beragam aplikasi desain arsitektur yang dapat memudahkan dalam menciptakakan dan merancang desain bangunan. Mulai dari aplikasi yang dapat digunakan oleh pemula dan mereka yang memiliki sedikit pengalaman dalam desain arsitektur. Sampai pada aplikasi yang memiliki fitur-fitur canggih dan mengharuskan seorang arsitek yang berpengalaman untuk mengoperasikan aplikasi tersebut. Berikut beberapa aplikasi desain arsitektur yang wajib dikuasi oleh seorang arsitek pemula hingga professional.

1. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architect merupakan aplikasi desain yang paling sering digunakan dalam dunia Arsitektur. AutoCad Architecture adalah meja dan alat gambar seorang Arsitek karena keakuratan gambarnya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tools dan library untuk menggambar lantai, pintu, jendela, atap, dan lain-lain dalam bentuk 2D maupun 3D.

Keunggulan dari AutoCAD architecture adalah desainnya dikelola secara dinamis, dengan elemen konstruksi dan perhitungan dapat menyesuaikan setiap kali parameter berubah dan secara real time juga. Aplikasi ini juga memiliki interface sederhana yang dapat memudahkan pengguna untuk mempelajari desain sebuah bangunan.

2. Chief Architect

Aplikasi desain arsitektur selanjutnya adalah Chief Architect. Aplikasi desain ini menjadi favorit untuk sebagian arsitek dalam merancang desain rumah atau bangunan 2D atau 3D karena mudah digunakan dan selalu memberikan hasil yang mereka inginkan. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat desain interior maupun eksterior dari sebuah rumah tanpa memerlukan keterampilan desain khusus. Chief Architect mempunyai lebih dari 12.000 model interior yang siap digunakan untuk desain rumah kamu. Keunggulan dari Chief Architect ialah memiliki fitur otomatisasi yang dapat digunakan dalam proses desain rancang bangunan dan renovasi secara cepat dan akurat.

3. Autodesk Revit

Tampilan Autodesk Revit. Sumber: getintopcfile.com

Autodesk Revit merupakan salah satu aplikasi desain arsitektur berbasis BIM (Building Information Modelling)  dengan model 3D. Aplikasi ini memudahkan para desainer bangunan untuk menghasilkan desain yang berkualitas tinggi yang akurat. Autodesk Revit  mendukung informasi bangunan pemodelan alur kerja sehingga kamu bisa mendapatkan dan menganalisis setiap konsep, dokumentasi dan pembangunan keseluruhan proyek. Aplikasi desain arsitektur yang satu ini sangat fungsional. Autodesk Revit tersedia dalam edisi berbeda yang memiliki fitur khusus yang dapat memaksimalkan kebutuhan desain kamu.

4. Punch

Aplikasi desain arsitektur ini yang mengkombinasikan kekuatan NexGen dan LightWorks. Sehingga Punch dapat menghasilkan desain yang realistis dengan kualitas yang  sempurna.  Serta memungkinkan penggunanya untuk melakukan desain secara cepat meskipun dalam pengerjaan project yang cukup besar. Punch mempunyai paket yang dapat memenuhi kebutuhan para arsitek dalam merancang sebuah desain. Aplikasi desain arsitektur ini kompatibel dengan sistem operasi  Windows. Dengan latar belakang tampilan lansekap, hasil desain milikmu akan  tampak semakin natural. Meskipun, lisensi aplikasi ini masih tergolong mahal, namun sepadan dengan kelebihan yang ditawarkan.

5. ArchiCAD

Tampilan ArchiCAD. Sumber: archicad.it.malavida.com

ArchiCAD merupakan aplikasi desain arsitektur yang diciptakan Building Information Modelling (BIM) ini memiliki paket komplit. Karena dalam praktiknya aplikasi ini dapat digunakan untuk merancang desain bangunan dalam bentuk 2D dan 3D. Pengoperasian aplikasi ini juga sangat mudah, sehingga dapat digunakan oleh pemula hingga arsitek expert.

Diciptakan khusus untuk gambar arsitektur, ArchiCAD dilengkapi dengan perintah elemen bangunan yang lengkap seperti kolom, dinding, balok, atap, dan plat. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai komponen bangunan, interior, hingga pencahayaan. Kelebihan ArchiCAD adalah dinamis, fleksibel, memiliki antarmuka yang intuitif, detail, dan visualisasi foto yang realistis.

6. Revit Architecture

Revit Architecture merupakan aplikasi desain arsitektur berbasis building information modeling (BIM). Aplikasi BIM adalah aplikasi yang didesain khusus untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan bangunan. Revit Architecture dapat melakukan desain secara lengkap dan dinamis. Serta memiliki kemampuan dalam menampilkan informasi desain secara detail. Aplikasi ini  kompatibel pada sistem operasi berbasis microsoft windows.

Revit Architecture memiliki logika keterbangunan, sehingga dapat mempercepat pengerjaan dari gagasan ke gambar kerja. Aplikasi ini juga dilengkapi oleh komponen parametric. dalam proses perancangan pengguna dapat langsung menggunakan komponen-komponen yang sudah tersimpan dalam Revit, seperti pintu, tekstur bahan dan furnitur.

7. Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Tampilan Virtual Architect Ultimate Home. Sumber: www.getintodesktop.com

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 adalah aplikasi desain arsitektur yang serba lengkap, semua fitur-fiturnya sangat cocok untuk digunakan arsitek  pemula ataupun profesional. Aplikasi ini  menyediakan ribuan model 3D yang siap digunakan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari model 3D di Google.

Aplikasi desain arsitektur ini juga menghasilkan render 3D dengan kualitas tinggi, teksturnya begitu tajam dan terlihat seperti aslinya. Tampilan antarmuka yang dimiliki Virtual Architect Ultimate Home sangat memudahkan untuk pengguna yang tidak terbiasa pakai software editing. Namun aplikasi ini cukup membutuhka penyimpanan yang besar.

autocad
belajar photoshop
Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *