Tanggal:21 February 2024

9 Aplikasi Desain Website Terbaik, Wajib Kamu Tahu!

Jika dahulu, membuat sebuah desain website bukanlah perkara mudah. Dimana seorang web designer harus menguasai coding terlebih dahulu untuk bisa membuat desain website. Berbanding terbalik pada saat ini, dengan perkembangan teknologi yang pesat sudah tersedia  banyak pilihan aplikasi desain website yang dapat mempermudah pekerjaanmu.

Beragam pilihan aplikasi ini sangat membantu dalam pembuatan desain web, mulai dari yang memiliki fitur sederhana hingga fitur yang lengkap. Yang terpenting kamu tidak perlu memasukkan banyak coding lagi. Sehingga pembuatan desain web pun akan menjadi lebih cepat dan efisien. Nah, berikut ini beberapa aplikasi desain web terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mendesain website.

1. Adobe DreamWeaver

Tampilan Adobe DreamWeaver. Sumber: www.adobe.com

Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi desain web yang bisa kamu gunakan membuat website. Fitur yang ditawarkan Dreamweaver sangat beragam. Diantaranya editor WYSIWYG yang bisa menampilkan hasil editing secara langsung, kompatibilitas aplikasi dengan berbagai sistem operasi mulai dari Mac OS hingga Windows, fleksibilitas bahasa pemrograman untuk menulis PHP, JavaScript, HTML, CSS, JSP, XML, dan bahasa pemrograman lainnya. Tools yang dimiliki oleh aplikasi ini juga cukup mudah sehingga cocok digunakan untuk pemula bahkan yang sudah expert dalam desain web.

2. Figma

Figma adalah salah satu aplikasi design web yang multifungsi. Aplikasi desain ini  dapat dirancang untuk membuat mockup website dan wireframing. Aplikasi Figma ini dapat kamu gunakan secara gratis.  Fitur-fitur yang dimiliki Figma cukup menarik. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Figma adalah fitur kolaborasi tim. Fitur ini memungkinkan kamu untuk terhubung dengan tim desain kamu dan bekerja secara kolaborasi pada templat web yang sama.

3. WordPress

WordPress merupakan CMS paling populer saat ini, yang sudah digunakan lebih dari 30% di berbagai website. Aplikasi gratis ini dapat berfungsi untuk ]membangun website berbasis konten secara profesional dengan mudah. WordPress menyediakan banyak template tema yang bisa kamu gunkan untuk desain website kamu. Kamu bisa menggunakan plugin desain tambahan seperti; DIVI, Elementor, Beaver Builder, dan lainnya. Secara keseluruhan, WordPress merupakan aplikasi yang cara cepat dan mudah dalam membangun website profesional tanpa memerlukan keahlian koding.

Baca Juga: 7 Tips Optimasi SEO WordPress Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

4. InVision Studio

Tampilan Invision Studio. Sumber: invision-studio.en.softonic.com

InVision Studio merupakan salah satu aplikasi pembuat website dengan banyak fitur untuk menunjang kinerja programmer ataupun web developer. Aplikasi ini bermanfaat untuk menciptakan fast prototyping, mengkonversi website tradisional menjadi lebih responsif dan modern, hingga bekerja dengan sistem desain untuk menyelaraskan tampilan. InVision Studio juga memiliki fitur tools responsif dan layout engine otomatis yang dapat menyesuaikan tampilan desain website pada layar desktop, tablet, maupun smartphone. Fitur ini tentu mampu menghemat waktu.

Baca Juga: 8 Website Layout Desain Terbaik

5. Bootstrap

Saat ini Bootstrap dikenal sebagai aplikasi framework website mobile paling populer. Framework Bootstrap dapat digunakan untuk membuat desain website dengan HTML, CSS, dan JavaScript. Secara sederhana, aplikasi ini dapat menyederhanakan proses coding website dari awal. Fitur yang ditawarkan Bootstrap cukup banyak dan lengkap. Seperti sistem grid dan perpustakaan komponen yang membuat coding website lebih cepat dan mudah. Komponen ini termasuk header, navigasi, dan tombol. Bootstrap juga menyediakan template yang dapat kamu edit sesuai keinginan kamu.

Baca Juga:

6. Wix

Tampilan Wix. Sumber:wix.com

Wix adalah aplikasi pembuatan situs website yang diluncurkan sejak tahun 2016. Aplikasi ini dirancang untuk mendesain web. Wix memiliki banyak koleksi template dan widget yang menarik serta memiliki antarmuka intuitif. Dilansir dari TechRadar, setidaknya ada 500 template yang bisa kamu gunakan secara bebas. Tool yang dimiliki Wix sangat mudah digunakan oleh siapa pun dalam membuat website tanpa harus mempelajari coding dan bahasa pemrograman terlebih dulu. Kamu dapat mengoperasikan semua fitur dengan sistem drag-and-drop.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Desain Website

7. Bluefish editor

Bluefish editor adalah aplikasi pembuat website dengan ukuran terkecil. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengeksplor dan mengembangkan aplikasi website. Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Bluefish editor adalah dari segi fitur autocomplete syntax, resource yang ringan, serta bisa berjalan cross platform. Fokus utama dari Bluefish editor ialah HTML, sehingga desain antarmuka yang dihasilkan hanya berbentuk teks. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang menyukai tampilan bersih di antarmuka. Meski berfokus pada HTML, Bluefish mendukung bahasa pemrograman lain, termasuk PHP, Java, Javascript, SQL, XML dan CSS.

8. HotGloo

Tampilan HotGloo. Sumber: hotgloo.com

HotGloo adalah aplikasi desain web yang berfungsi untuk membuat wireframe online yang fungsional pada sebuah proyek website. Dengan tampilan antarmuka yang user-friendly, kamu dapat membuat dan berbagi wireframe dengan cepat. Ada pula fitur kolaborasi real-time dan berbagi output dengan klien secara langsung. Sebab itu, tidak salah bahwa HotGloo menjadi salah satu aplikasi software terbaik web design untuk mengerjakan sebuah proyek website profesional.

9. Sketch

Sketch merupakan aplikasi yang sempat memenangkan penghargaan desain dari Apple pada tahun 2010. Aplikasi ini berfokus pada penyederhanaan proses pembuatan mockup yang berkualitas tinggi. Tampilan antarmuka yang rapi dan intuitif membuat proses desain menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, Sketch juga sudah menambahkan beberapa fitur terkait pembuatan prototipe dan akses kolaborasi. Kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya dapat dioperasikan pada MacOS.

Baca Juga: Sejarah Steve Jobs & Perusahaan Apple

Nah, itu 9 aplikasi desain website terbaik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi-aplikasi desain website tersebut bisa mempermudah pekerjaanmu. Kamu bisa membuat desain website dengan lebih singat dan praktis. Namun bila kamu ingin mencoba membuat website secara manual dengan coding, kamu bisa belajar coding untuk pemula di Vocasia! Kllik disini untuk info lebih lanjut! Selamat mencoba!

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *