Tanggal:29 February 2024

Pahami Matematika dengan 5 Cara Cepat Ini, Kamu Wajib Simak!

Siapa dari kamu yang masih menganggap matematika adalah pelajaran paling sulit? Mungkin masih banyak anggapan seperti itu. Padahal, Ilmu pasti ini pasti memberikan jawaban sesuai rumusnya. Kamu tidak perlu mengarang atau bahkan membuat narasi yang panjang ketika berhadapan dengan pelajaran matematika.

Kursus online belajar grammar vocasia

Dengan metode belajar yang tepat dan menyenangkan, mungkin tidak akan ada anggapan lagi mengenai matematika sebagai pelajaran yang sullit. Selain itu, dengan menguasai matematika kamu akan memiliki banyak keuntungan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Cepat Memahami Matematika

Sebagaimana pemaparan di atas metode belajar yang tepat dan menyenangkan akan membuat matematika sebagai ilmu yang mudah dipelajari. Dalam artikel ini akan membahas 5 cara cepat pahami matematika. Bagi kamu yang masih mengalami kesulitan dalam matematika, coba disimak dulu ya!

1.    Ubah Mindset Tentang Matematika

Mengubah mindset kamu mengenai matematika. Sumber: pexels.com

Untuk dapat memahami matematika, coba untuk berpikiran positif kepada matematika. Segera buang jauh-jauh rasa tidak senangmu terhadap matematika karena ini adalah salah satu yang menghambat kamu untuk memahami pelajaran matematika. Hindari mengeluh dan coba untuk tersenyum saat pelajaran matematika berlangsung. Kamu bisa menganggap matematika sebagai teka-teki seru yang berusaha kamu cari jawabannya, ini akan lebih memudahkan kamu untuk mengubah mindset yang negatif.

Baca juga: 7 teori media massa menurut para ahli

2.    Buat Catatan Matematika yang Rapi dan Berwarna

Buat catatan rapi dan berwarna. Sumber: pexels.com

Catatan yang rapi dan berwana menjadi daya tarik tersediri bagi si pembaca ataupun yang menulis. Ini juga dapat kamu terapkan dalam rumus-rumus matematika yang kamu tulis dalam buku. Agar matematika lebih menyenangkan, cara yang satu ini patut kamu coba. Sebab, menuliskan rumus dengan rapi dan menarik dapat membuat kamu lebih mudah memahaminya. Jika kamu kesulitan untuk langsung menulis dengan rapi, kamu bisa menulis seadanya terlebih dahulu dan menulis kembali saat kamu belajar. Ini tidak hanya mengasah ingatan akan materi yang dipelajari, akam tetapi kamu juga mendapatkan hasil tulisan yang indah untuk dibaca.

Baca juga: tips interview kerja fresh graduate

3.    Hindari Menghafal Rumus

Pahami rumus dan minimalisir menghafal rumus. Sumber: pexels.com

Hal yang satu ini masih sering dilakukan oleh setiap pelajar. Kamu perlu segera meninggalkan cara ini menghafal rumus ini. Pasalnya, rumus yang dihafalkan tidak selalu membuat kamu mengingatnya dalam jangka waktu yang panjang. Coba untuk mulai terapkan dengan memahami rumus berdasarkan konsepnya. Konsep akan lebih mudah dimengerti dan diingat secara otomatis. Jadi, soal matematika sesulit apapun bisa kamu kerjakan dengan konsep pengerjaan yang telah kamu kuasai, deh.

Baca juga: apa itu tes JLPT

4.    Membuat Forum Diskusi Matematika 

Membuat diskusi. Sumber: pexels.com

Membuat forum diskusi bersama teman-teman mengasyikkan bukan? Selain kamu dapat sharing mengenai matematika, kamu juga akan banyak mengeksplor masalah matematika apa yang mereka turut rasakan. Hal tersebut akan membantu kalian untuk menyelesaikan persoalan matematika bersama-sama.

Selain itu, forum diskusi ini bisa kamu pergunakan untuk mengerjakan soal matematika yang dijadikan pekerjaan rumah. Kamu dan teman lainnya dapat membantu satu sama lain dan itu juga memperat keakraban kalian masing-masing. Tapi jangan sampai forum diskusi matematika ini berubah menjadi forum gosip, ya!

Baca juga: cerita awal stephanie poetri the next pop queen in indonesia

5.    Rajin Bertanya Langsung kepada Guru atau Orang Ahli Matematika

Rajin bertanya mengenai matematika. Sumber: pexels.com

Malu bertanya sesat di jalan. Hal ini dapat kamu terapkan saat guru menjelaskan materi matematika. Setelah mengubah mindset dalam tips awal, akan lebih baik saat menyimak pembelajaran diakhir sesi kamu bertanya apa yang menjadi kendala kamu dalam mengerjakan matematika. Jangan segan untuk mengajukan pertanyaan tatkala kamu tak mengerti mengenai rumus atau materi yang berkaitan dengan matematika. Ingat bahwa daam proses belajar pasti ada saatnya kamu merasa kebingungan.

Jika kamu mengalami kesulitan saat tidak berada di sekolah, kamu dapat mengajukan pertanyaan kepada orang lain yang ahli dalam matematika yang ada di lingkungan sekitarmu. Ajukan pertanyaan dan gali terus hingga kamu memahami bagian matematika yang tadinya menjadi kesulitan. Pasti ada di sekitar lingkunganmu yang kira-kira dapat membantu memahami matematika. Solusi terakhir adalah kamu bisa menggali informasi dengan mencarinya di internet.

Baca juga: jurusan yang cocok untuk jadi CEO

Itu dia 5 cara cepat pahami matematika yang dapat kamu terapkan sehari-hari. Ingat untuk selalu berpikir positif mengenai matematika karena hal tersebut adalah kunci utama berlangsungnya pelajaran matematika. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik disini. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *