Tanggal:17 June 2024
Aplikasi Saham

6 Aplikasi Saham untuk Pemula, Sudah Terdaftar OJK!

Popularitas saham di kalangan masyarakat saat ini telah menyebabkan menjamurnya aplikasi saham online yang dapat digunakan untuk investasi dan trading saham online. Maka dari itu, sebagai generasi muda, yuk, jangan sampai lewatkan untuk berinvestasi. 

Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, investor semakin mudah untuk melakukan investasi, loh. Ada juga aplikasi investasi yang sangat ramah untuk pemula. Nah, kamu bisa nih dapat dengan mudah memulai investasi hanya dengan menyiapkan smartphone.

Saat ini berbagai aplikasi saham online untuk smartphone Android dan iOS sudah banyak digunakan di Indonesia. Namun, seperti yang sering terjadi, ada hal yang banyak diminati, banyak juga modus kejahatan yang muncul dengan memanfaatkan tren yang ada.

Nah, biar kamu gak bingung dan gak buntung di tengah resesi dan anjloknya harga saham saat ini, yuk, cek rekomendasi aplikasi saham dari Vocasia untuk pemula di bawah ini. Sstt! Dijamin aman dan terpercaya, loh karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Rekomendasi 6 Aplikasi Saham Online Terbaik dan Terpercaya

Ilustrasi Aplikasi Saham (Sumber: Pexels.com)

1. Ajaib

Siapa, sih, yang gak tau Ajaib? Aplikasi trading saham online dengan analisis yang komprehensif. Buat kamu yang belum tau, Ajaib dimiliki oleh Ajaib Group, yang menampung dua perusahaan: Ajaib Sekuritas (PT. Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksadana (PT. Takjub Teknologi Indonesia).

Aplikasi saham online ini ramah banget buat pemula karena tampilan interface-nya yang mudah dipahami. Alasan lainnya adalah jumlah investasi awal dengan modal minimal Rp0. Biaya transaksi juga relatif rendah, hanya 0,1% untuk transaksi harian di bawah Rp150 juta.

Kamu juga gak perlu bingung saat pertama kali berinvestasi di Ajaib. Ajaib memiliki pedoman dan rekomendasi produk yang sesuai dan paling bermanfaat untuk situasi keuangan kamu. Ajaib juga memberikan peringatan tentang waktu terbaik untuk membeli atau menjual saham sehingga kamu dapat memaksimalkan keuntungan atau mengurangi kerugian kamu. 

Selain itu, salah satu aplikasi investasi saham online terbaik ini juga telah mendapatkan izin operasional dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan OJK.

2. MNC Trade New 

Ilustrasi Aplikasi MNC Trade New (Sumber: Pexels.com)

MNC Trade New adalah aplikasi saham untuk pemula yang dikembangkan oleh MNC Sekuritas, anak perusahaan MNC Group. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989.

Aplikasi yang satu ini menawarkan banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi MNC Sekuritas seperti pesanan tindak lanjut, pesanan interupsi, pesanan GTC dan lainnya.

Hal lain yang menarik dari MNC Trade New adalah modal awal yang rendah hanya Rp100.000. Biaya penjualan adalah 0,28%, sedangkan biaya pembelian adalah 0,18%. 

Modal awal relatif murah, tetapi pastikan kamu tau cara bermain saham untuk pemula agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda!

3. RTI Business 

Aplikasi jual beli saham terpercaya yang terkenal di kalangan investor? Ya, RTI Business! Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi seputar pasar modal Indonesia. Dengan menawarkan kutipan harga, grafik, data keuangan, analisis, informasi tentang keputusan perusahaan saat ini, berita pasar modal dan saham, dan banyak lagi.

Kamu juga dapat melihat gambaran lengkap tentang kinerja perusahaan kamu selama lima tahun terakhir melalui laporan laba rugi, arus kas, profitabilitas, neraca, dan pertumbuhan pendapatan.

Aplikasi saham terbaik PT RTI Infokom 2022 ini juga mengajarkan kamu cara berinvestasi saham secara online karena memiliki IDX Virtual Online Trading yang dikenal dengan fitur simulasi perdagangan saham.

4. Stockbit (Diskusi & Analisa) 

Ilustrasi Stockbit (Sumber: Pexels.com)

Stockbit merupakan aplikasi saham online untuk Android yang disponsori oleh PT Sinarmas Sekuritas. Faktanya, Stockbit sekarang menjadi startup di sektor ekuitas.

Aplikasi yang satu ini canggih banget! Cocok banget buat kamu yang ingin berdiskusi, analisis, dan investasi saham dalam satu tempat, loh! Aplikasi jual beli saham ini termasuk dalam kategori aplikasi saham komunitas online. Jadi, kamu bisa mendiskusikan investasi dengan trader di forum komunitas yang cukup besar.

Di sini, investor yang tidak berpengalaman dapat menggunakan fitur forum ini untuk mempelajari analisis dan perkiraan saham. Keuntungan lain dari Stockbit adalah kamu dapat membeli dan menjual saham langsung dari aplikasi ini. Keamanan juga sempurna dengan fungsi Touch ID.

Aplikasi investasi saham ini juga menyediakan fitur virtual trading dan simulasi perdagangan saham sesuai dengan data pergerakan real-time Bursa Efek Indonesia.

5. Bareksa (Investasi Reksadana & SBN Online) 

Kalau kamu sedang mencari aplikasi yang menjual berbagai reksa dana dan SBN secara online sekaligus terpantau oleh OJK maka Bareksa adalah pilihan yang tepat! Aplikasi ini tidak memerlukan dokumentasi fisik, sehingga mudah untuk berpartisipasi. Jadi, semuanya bisa dilakukan secara online.

Setelah mendaftar, kamu dapat memilih lebih dari 150 produk reksa dana tradisional dan syariah. Aplikasi ini juga memiliki lebih dari 50 manajer investasi, yang tentunya membuat investasi menjadi lebih mudah. 

Keistimewaannya, aplikasi ini mendukung berbagai metode pembayaran, baik transfer ke bank maupun melalui e-wallet. Jadi, jika kamu ingin bertransaksi, bisa lebih cepat, mudah dan tidak repot.

6. Bibit (Investasi Reksadana Otomatis)

Aplikasi Bibit mungkin bisa menjadi pilihan buat kamu yang baru terjun ke dunia investasi saham. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu ribet melakukan investasi, seperti reksa dana yang dapat diperdagangkan secara otomatis.

Salah satu fitur keren dan penting dari Bibit adalah Robo Advisor. Fitur ini memungkinkan Bibit menjadi asisten virtual kamu, membuat pilihan berdasarkan profil, usia, pendapatan, risiko, dan tujuan investasi kamu.

Selain itu, karena mendukung berbagai dompet elektronik, transaksi dengan aplikasi ini sangat mudah. Jumlah minimum transaksi juga sederhana, yaitu Rp10.000. Jadi, jika kamu seorang pemula yang ingin mencari aplikasi yang mudah dan tentunya berutang budi kepada OJK, kamu bisa menggunakan Bibit.

Keistimewaan dari Bibit adalah ia juga menawarkan berbagai reksa dana, mulai dari obligasi hingga ekuitas syariah. Jadi, tergantung keinginan dan penghasilan, kamu bisa memilih untuk menggunakan aplikasi ini sebagai sarana investasi atau tidak.

Berminat Berinvestasi di Aplikasi Saham Online? Berikut Caranya!

Ilustrasi Trading (Sumber: Pexels.com)

Untuk bermain saham dengan menggunakan aplikasi saham, kamu perlu melakukan hal berikut:

1. Siapkan dokumen pribadi dengan format sebagai berikut:

  • ID Card: KTP/KITAS/Paspor
  • NPWP
  • Sampul Buku Tabungan
  • Nomor Induk KSEI
  • Jika seorang ibu rumah tangga, fotokopi KTP suami
  • Materai Rp6.000.

2. Identifikasi perusahaan sekuritas saham online yang sesuai.

Daftar perusahaan investasi yang menawarkan fasilitas pendaftaran online dapat dilihat di tautan ini: https://www.cermati.com/artikel/main-saham-online-cara-buka-rekening-dan-jual-beli-saham-untuk-pemula

3. Isi formulir dengan lengkap dan jujur sesuai petunjuk.

4. Buka RDI (Rekening Dana Investor).

RDI sendiri dirancang untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham.

5. Tunggu proses pembukaan rekening selesai.

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk membuka rekening. Setelah menyelesaikan proses pembukaan rekening, investor akan diverifikasi dengan nomor RDI yang dibuka.

Baca Juga: Cara Trading Saham Bagi Pemula

Itu dia rekomendasi aplikasi saham online terbaik untuk pemula sekaligus cara berinvestasi di aplikasi saham online versi Vocasia. Aplikasi yang disebutkan Vocasia di atas sudah bersertifikat OJK, loh, jadi sudah terbukti keamanannya.

Kamu ingin memulai investasi tapi masih ragu dan takut buntung? Ikut kursus terkait bisnis dan investasi di Vocasia aja! Banyak pilihan kursus yang siap membantu kamu untuk memahami lebih jauh bagaimana cara berinvestasi yang baik dan benar. Silahkan klik tautan ini untuk melihat berbagai pilihan kursus lainnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *