Tanggal:22 June 2024

Apa Sih Trading Saham Itu? Yuk Kita Belajar Bareng Untuk Kamu Pemula!

Kalau sebelumnya kita membahas tentang investasi saham untuk kamu seorang pemula, kali ini kita akan membahas di topik yang tidak jauh dari saham lagi lho! Kira-kira kamu tahu gak nih akan bahas apa? Bagi kamu yang memiliki jawaban trading saham, jawabannya bener banget! Buat kamu yang pemula dan belum paham-paham banget, jangan sampai di skip ya pembahasan kita kali ini! 

Trading saham memiliki arti sebagai kegiatan membeli dan menjual saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap harinya. Apabila pada investasi saham kamu bersikap lebih pasif, pada trading saham kamu akan lebih aktif. Lalu, perbedaan antara saham sama trading apa sih? 

Investasi Saham dan Trading Saham itu Berbeda. Pokok perbedaan mereka adalah jangka waktu, yang dimana pada investasi fokusnya adalah waktu dengan tempo jangka panjang sedangkan trading adalah transaksi jangka pendek. Hal ini membentuk perbedaan pada strategi, prinsip serta tindakannya. 

Baca juga: Menguntungkan Investasi atau Trading?

Selanjutnya, kamu harus memperhatikan hal-hal yang harus kamu pelajari dan ketahui sebelum memulai trading saham. Ada apa aja ya? Yuk kita cek bareng!

1. Kenali Pasar Modal & Saham

Sebelum kamu melakukan sesuatu, pastinya kamu harus mempelajarinya agar kamu mengerti dan memahaminya dengan baik. Sama halnya dengan trading saham, kamu harus memulainya dengan mengenal apa itu pasar modal dan instrumen-instrumennya, termasuk saham. Untuk kamu pemula, kamu bisa mulai belajar di Sekolah Pasar Modal (PSM) yang difasilitasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

2. Belajar Analisis Dari Saham

Selanjutnya, kamu juga harus melakukan pembelajaran dalam analasis saham. Dengan itu, kamu akan terhindar dari minimal kerugian. Di Sekolah Pasar Modal (SPM) Level 2, kamu mendapatkan materi dasar-dasar analisis saham, baik Fundamental maupun Teknikal. 

3. Saatnya Memulai Trading Saham

Setelah kamu mempelajari dua poin tersebut, pastikan kamu sudah mempelajarinya sampai paham betul tentang saham dan dasar-dasar dari trading saham. Jika kamu sudah paham betul, saatnya kamu terjun ke dunia saham dan memulai trading!

Baca juga: Trading Saham Bagi Pemula

4. Buka Rekening 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka rekening. Pembukaan rekening ini tidak hanya rekening biasa aja lho, karena rekening yang akan dibuka adalah rekening efek. Proses pembuatannya dapat dilakukan dengan mendatangi perusahaan sekuritas. Persiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan, termasuk adalah fotokopi KTP, NPWP, buku tabungan, serta materai Rp6.000 sebanyak 2 lembar. Jangan lupa berkas-berkas yang dibutuhkan ya!

5. Setor Dana 

Saat kamu sudah membuka rekening, saatnya menyetor dana! Nominal awal sendiri yang harus kamu setor berbeda-beda ya, mengikuti ketentuan masing-masing perusahaan sekuritas yang ada. Dengan adanya penyetoran dana ke rekening efek, investor pun bisa mulai melakukan proses jual beli saham.

6. Investasi 

Langkah terakhir, saatnya kamu investasi! Sekarang, kamu tidak harus datang ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI), karena kamu dapat melakukannya secara online. Dengan akses internet, kamu bisa malakukan transaksi dimana saja dan kapan saja! Praktis dan mudah banget bukan?

Gimana nih kamu yang pemula di dunia trading saham, udah paham belum apa yang harus dipelajari dan dilakukan? Jangan lupa ya!

Baca juga: Tips Trading Saham di IDX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *