Tanggal:02 May 2024

Tips Menjadi Content Creator Sukses di TikTok!

Saat ini, aplikasi TikTok menjadi salah satu platform yang sering digunakan banyak orang. Tentu kamu sudah tahu TikTok bukan? Tiktok tidak hanya menjadi aplikasi penghibur bagi banyak orang. Namun, dapat menjadi platform yang menghasilkan uang dalam jumlah besar berintensitas tinggi, loh!

Menjadi content creator di TikTok saat ini dijadikan sebagai profesi yang bisa menghasilkan uang. Tentu penasaran bukan bagaimana caranya? Yuk, simak berikut ini.

Apa itu Content Creator

Content creator adalah seseorang yang membuat konten edukatif atau konten yang bersifat menghibur audiens sesuai keinginan. Konten yang dimaksud seperti foto, video, podcast, tulisan, digital art dan lainnya. 

Dalam konten yang dapat diunggah melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, Youtube, Facebook, blog dan lainnya. Kita menganggap menjadi content creator tentu mudah bukan? Hanya membuat konten lalu upload, seperti itu?

Tentu sesuatu pekerjaan itu tidak ada yang mudah, harus memiliki kemampuan dalam membuat ide, research, menyusun naskah, proses syuting, editing, dan promosi konten tersebut. Lalu apa saja skill yang harus dimiliki sebelum mulai menjadi content creator di TikTok? Simak berikut ini, ya! 

Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Content Creator TikTok

Sebelum kamu ingin menjadi content creator TikTok, kamu harus tau dahulu skill apa saja yang harus dimiliki, simak penjelasan berikut ini!

1. Melakukan riset

Ilustrasi Melakukan Riset Konten (Sumber: Pexels)

Kemampuan pertama yang harus dikuasai yaitu kuasai riset. Riset merupakan skill untuk mencari bahan ide serta inspirasi dalam pembuatan konten dengan menggali informasi suatu topik, yang relevan dan menarik. 

Menjadi seorang content creator harus bisa melakukan riset tentang apa saja topik yang sedang hangat saat ini atau mengikuti perkembangan tren digital. 

Tak hanya dalam topik saja. Tapi, harus riset terkait sasaran audiens, kata kunci, hastag, yang akan berkaitan dengan konten.

Baca Juga: 

2. Fotografi dan videografi

Ilustrasi Fotografi Content Creator Tiktok (Sumber: Pexels)

Tentu seorang content creator harus menguasai skill fotografi dan videografi. Karena pembuatan konten yang menarik dan sesuai komposisi, harus memahami teknik pengambilan foto serta video, mengatur kecahayaan, posisi dan sebagainya. 

3. Public speaking

Menjadi content creator yang mengajak audiens untuk menarik perhatian dalam konten yang dibuat tidak mudah. Kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, di hadapan kamera serta banyak orang. Hal tersebut untuk menarik ketertarikan audiens terhadap konten yang kamu buat.

4. Proses editing

Sebuah konten yang menarik, dapat dilihat dari segi teknik editing dan penataan desain yang baik di dalam konten. Seorang content creator harus bisa untuk mengedit video, bisa menggunakan tools atau aplikasi tertentu, seperti Inshot, Filmora dan lainnya.

5. Marketing

Dalam membuat konten perlu memahami strategi yang harus dibuat. Skill marketing merupakan kemampuan yang berfokus pada analisis pasar atau klien terhadap promosi.

Misalnya, ketika kamu membuat konten mengenai edukasi pembelajaran berhitung bagi anak, maka target audiens kamu adalah anak-anak dan strategi konten yang bisa kamu buat semenarik mungkin seperti tambahan gambar, lagu dan lainnya. 

Baca JugaApa itu Content Marketing?

6. Time management

Seorang content creator perlu mengatur waktu dengan baik karena dituntut dengan deadline yang terus dibuat. Dengan skill time management ini kamu dapat mengelola waktu dalam pembuatan konten yang produktif secara berkala.

7. Pemahaman Algoritma tiktok

Setiap media sosial pasti menerapkan sistem algoritma. Pemahaman sebuah sistem logika dari aplikasi untuk menampilkan konten sesuai dengan keinginan pengguna. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan rating akun dan menjangkau audiens lebih banyak.

Cara Menjadi Content Creator Sukses di TikTok

Untuk kamu yang ingin menjadi content creator TikTok, terdapat beberapa cara agar kamu bisa sukses dalam dunia tersebut. Simak berikut ini!

1. Tentukan Topik

Kamu harus tentukan satu topik yang menjadi ciri khas konten yang kamu buat! Awal kita bisa menentukan topik yang akan dipilih, sesuaikan minat dan passion kamu ada di mana, ya! 

Setelah itu, kamu bisa lakukan riset kompetitor yang sesuai dengan minat kamu, cari kelebihan dan kekurangan untuk bisa meningkatkan konten yang kamu buat. 

Misalnya, saat ini maraknya kulineran, bagi kamu yang punya passion di dunia kuliner. Biisa membuat konten video mengenai cara memasak suatu masakan, review makanan dan sebagainya.

Baca juga: 10+ Ide Konten Tiktok Untuk Mendapatkan Banyak Views

2. Mengikuti Trend

Ilustrasi Content Creator Tiktok (Sumber: Pexels)

Seperti yang kamu ketahui, tiap harinya trend memiliki perubahan. Kamu sebagai content creator harus bisa menyesuaikan dan mengikuti trend yang ada. Bisa kita lihat dari musik atau backsound yang sedang viral, serta efek yang hits

Musik dapat meningkatkan viewers, selain kamu menggunakan audio asli, kamu dapat variasikan ke genre yang berbeda. Selain itu, efek saat ini digemari para content creator TikTok dan berlomba-lomba menciptakan efek yang menarik sehingga cepat viral.

3. Gunakan aplikasi editing yang berkualitas

Jika kamu sudah membuat konten, perlu adanya proses editing video. Aplikasi edit video yang sering digunakan oleh para content creator TikTok, seperti VN, CapCut, YouCut, dan lainnya. Hal tersebut, akan melatih kreatifitas kamu dalam membuat konten. Sehingga bisa membuat konten yang informatif, inspiratif bagi banyak orang.

4. Tambah hastag yang relevan

Di TikTok juga terdapat istilah hastag atau tagar. Hastag berfungsi untuk mengelompokkan konten-konten yang sesuai dan serupa dengan keyword, selain itu hastag juga berfungsi untuk menaikan traffic konten yang dibuat. Contoh hastag #kuliner maka akan menampilkan yang serupa dengan kuliner, lalu contoh hastag #fyp yang membuat konten kamu akan naik traffic bahkan bisa masuk ke laman rekomendasi.

Baca juga: 5 Cara Agar Video TikTok Kamu FYP

Baca Juga: 

5. Konsisten membuat konten

Ilustrasi Kosisten Menjadi Content Creator Tiktok (Sumber: Pexels)

Cara yang paling penting agar kamu menjadi content creator sukses di TikTok, kamu harus konsisten dalam membuat konten. Tak hanya itu, kamu harus perhatikan juga kualitas konten yang telah dibuat.  Setelah mengetahui step by step cara menjadi content creator sukses di TikTok, gimana menurut kamu, nih? Makin tertarik dan semangat untuk memulai profesi ini pastinya, ya.

Kamu bisa mengasah basic fundamental yang dimiliki dengan belajar di kursus vocasia agar menjadi content creator yang sukses di tiktok! Hal yang paling penting, pelajari dan tetap konsisten terhadap konten yang kamu buat, ya. Tetap semangat dalam berkarya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *