Tanggal:26 February 2024

Arsiparis: Tugas, Skill, Gaji dan Tipsnya

1. Pengertian 

images source: https://tirto.id/apa-itu-kalimat-definisi-pengertian-dan-contohnya-gizi

Arsiparis adalah seseorang yang keahliannya di bidang kearsipan yang diperoleh melalui pendidikan formal dan pelatihan kearsipan.Mereka memiliki fungsi, tugas dan tanggung jawab untuk melakukan operasi kearsipan sebagai Pegawai Negara atau Swasta.

Berikut Beberapa definisi arsiparis yang dapat ditemukan adalah:

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Arsiparis adalah seseorang yang keahliannya di bidang kearsipan diperoleh melalui Pendidikan Formal atau Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan.
  • Menurut UU No. 43 Tahun 2009, arsiparis adalah seseorang yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan yang diperoleh melalui pendidikan formal dan/atau pendidikan dan pelatihan kearsipan serta mempunyai fungsi, tugas, dan tanggung jawab melaksanakan kegiatan kearsipan.
  • Menurut Permenpan No. 48 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Arsiparis, arsiparis adalah seseorang yang memiliki peran sebagai pengelola arsip.

2. Tugas

images source: https://www.wakalahmu.com/artikel/literasi-keuangan/tugas-dan-wewenang-ojk-otoritas-jasa-keuangan

Tugas dan fungsi Arsiparis meliputi:

  • Manajemen arsip dinamis : Mengelola arsip yang masih aktif dan sering digunakan dalam operasi sehari-hari.
  • Kelola arsip statis : Mengelola arsip yang sudah tidak aktif dan jarang digunakan, namun masih memiliki nilai sejarah atau hukum.
  • Pengembangan arsip untuk arsiparis : Memberikan pembinaaan dan pelatihan kepada staf kearsipan dalam pengelolaan kearsipan.
  • Buat daftar arsip : Membuat daftar bahan arsip untuk memudahkan penelitian dan pengumpulan data.
  • Berikan izin untuk menerbitkan arsip : Memutuskan apakah arsip dapat dipublikasikan di media massa atau diterbitkan.

Seorang arsiparis juga harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang budaya, sejarah dan kebudayaan. Mereka bekerja di berbagai lembaga seperti museum, lembaga budaya dan tempat-tempat yang membutuhkan arsip.

3. Skill

images source: https://kuliahdimana.id/index.php/news/read/717/6-Soft-Skills-yang-Fresh-Graduates-Harus-Kuasai

Vocasia adalah salah satu lembaga yang menyediakan kursus keahlian arsiparis.

Berdasarkan hasil pencarian, beberapa skill arsiparis yang dapat dipelajari melalui kursus di Vocasia antara lain:

  • Kemampuan pengelolaan arsip dinamis dan statis, Arsiparis harus mampu mengelola arsip yang masih aktif dan sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari (dinamis) dan arsip yang tidak lagi aktif dan jarang digunakan, tetapi masih memiliki nilai historis atau legal (statis).
  • Kemampuan pembinaan kearsipan bagi staf kearsipan, seseorang yang bekerja di kearsipan  harus mampu memberikan pembinaan dan pelatihan kepada staf kearsipan dalam hal pengelolaan arsip.
  • Kemampuan membuat daftar arsip, seseorang yang bekerja di kearsipan harus mampu membuat daftar arsip untuk memudahkan proses pencarian dan pendataan.
  • Kemampuan memberikan izin publikasi arsip, seseorang yang bekerja di kearsipan harus mampu memutuskan apakah arsip bisa di-ali-media atau dipublikasikan.

Melalui kursus di Vocasia, peserta dapat mempelajari keterampilan-keterampilan tersebut dan memperoleh sertifikat keahlian di bidang kearsipan. Selain itu, peserta juga dapat memperdalam pengetahuan dan pemahaman tentang budaya, sejarah, dan kebudayaan yang berkaitan dengan arsip. Dengan demikian, kursus di Vocasia dapat membantu peserta untuk menjadi arsiparis yang kompeten dan profesional.

Berikut adalah informasi mengenai gaji seseorang yang bekerja di kearsipan :

1. Tunjangan Jabatan Fungsional Arsiparis – Gaji dan TPP PNS

Utama atau Jenjang Ahli Utama: Rp1.300.000,00, Madya atau Jenjang Ahli Madya: Rp1.100.000,00, Muda atau Jenjang Ahli Muda: Rp800.000,00

2. Gaji Arsiparis Lengkap dengan Jenjang Karier 2022/2023 – BlitarKota

Tinggi gaji seseorang yang bekerja di kearsipan secara umum di Indonesia ada di angka Rp2.000.000 sampai dengan angka Rp5.000.000.

3. Gaji Arsiparis : Jobdesc Dan Prospek Kerja – BlackGarlic.ID

Rentang besaran gaji seseorang yang bekerja di kearsipan adalah mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000.

4. Jabatan Fungsional Arsiparis: Tingkatan dan Gaji – Pengadaan Buku Perpustakaan

Utama atau jenjang ahli utama: Rp. 1.300.000, Madya atau jenjang ahli madya: Rp 1.100.000

5. Tunjangan Jabatan Fungsional Arsiparis – Info ASN

Ahli Utama: Rp 1.300.000,00, Ahli Madya: Rp 1.100.000,00, Ahli Muda: Rp 800.000,00

Berdasarkan informasi di atas, gaji seorang yang bekerja di kearsipan bervariasi tergantung pada jenjang karier dan lembaga tempat bekerja. Gaji arsiparis di Indonesia umumnya berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000. Namun, terdapat juga tunjangan jabatan fungsional arsiparis yang diberikan oleh pemerintah dengan besaran yang berbeda-beda tergantung pada jenjang karier arsiparis tersebut.

4. Tips

images source: https://www.amazon.it/OxoWeb-Tips-para-ti/dp/B088GPTN9Z

Ada beberapa tips nih  untuk kalian yang mau belajar atau kursus mengenai arsiparis di Vocasia:

  • Tentukan kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Vocasia menyediakan berbagai macam kursus, seperti kursus desain, kursus digital marketing, dan kursus kearsipan. Pilihlah kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda agar dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari kursus tersebut.
  • Perhatikan jadwal kursus. Pastikan jadwal kursus tidak bertabrakan dengan jadwal kerja Anda. Jika Anda memiliki kesulitan untuk mengikuti kursus secara langsung, Vocasia juga menyediakan kursus online yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
  • Manfaatkan sumber daya yang tersedia. Vocasia menyediakan berbagai sumber daya, seperti video tutorial, e-book, dan forum diskusi, yang dapat membantu Anda untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan yang telah dipelajari.
  • Perbanyak praktek. Selain mengikuti kursus, perbanyaklah praktek agar dapat memperdalam pemahaman dan keterampilan yang telah dipelajari. Vocasia menyediakan tugas dan latihan yang dapat membantu Anda untuk mempraktikkan keterampilan yang telah dipelajari.
  • Jangan ragu untuk bertanya. Jika Anda memiliki kesulitan atau pertanyaan mengenai materi kursus, jangan ragu untuk bertanya kepada pengajar atau mentor di Vocasia. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan yang Anda miliki.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari kursus di Vocasia dan meningkatkan keterampilan yang Anda miliki dalam bidang kearsipan. Yuk daftarkan diri kalian untuk ikut Kursus di Vocasia Sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang peran seorang Aktuaris dalam industri asuransi dan keuangan, Anda dapat membaca lebih lanjut di sini.

Analisis SOAR: Pengertian, Keuntungan, Cara Melakukan dan Contohnya

Penulis : Asep – Vocasia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *