Tanggal:29 April 2024

Audio Visual: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cirinya

Sebagai salah satu jenis media, audio visual pasti tidak asing di telinga kita. Namun apakah kamu memahami apa itu audio visual, manfaat audio visual, fungsi audio visual, dan ciri-ciri dari audio visual? Pada pembahasan kali ini, Vocasia akan membahas mengenai audio visual. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Audio Visual

Audiovisual adalah salah satu istilah yang mengacu pada penggunaan komponen gambar dan suara. Jadi, kedua komponen tersebut akan diolah secara bersamaan untuk kemudian disajikan ke dalam sebuah presentasi, tontonan, dan juga program acara yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya media audio visual ini, diharapkan penyampaian informasi dapat lebih jelas dan juga menarik.

Pendapat Wina Sanjaya mengenai media audio visual adalah jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat diasumsikan bahwa media audio visual adalah media yang memiliki unsur suara dan gambar yang digunakan sebagai perantara dalam menyampaikan pesan-pesan dari bahan pembelajaran untuk mencapai target pembelajaran.

Fungsi Media Audio Visual

Media Audio Visual memiiliki beberapa fungsi, terkhusus untuk dijadikan sarana komunikasi. Berikut beberapa fungsi dari audio visual:

1) Fungsi Edukasi

Audio visual berfungsi sebagai edukasi yang berjalan dengan cara memberikan pengalaman bermakna dan memperluas pengetahuan. Selain itu, juga bisa penyampaian nilai-nilai pendidikan sehingga mampu membantu untuk berpikir kritis.

Pemilihan media audio visual ini sebagai sarana dalam menyampaikan nilai pendidikan sehingga target audiens diharapkan dapat memahami maknanya dengan lebih mudah.

2) Fungsi Ekonomis

Dengan menggunakan media audio visual, tujuan yang bisa dicapai akan lebih efisien. Penyampaian materi atau informasi dapat dilakukan dengan menggunakan biaya, tenaga, dan waktu seminimal mungkin.

Meskipun begitu, tetap tidak mengurangi efektivitas pencapaian tujuan. Informasi di atas dapat membuatmu memahami apa itu pengertian audio visual.

3) Fungsi Sosial

Media audio visual juga dapat berfungsi untuk menyampaikan informasi di berbagai bidang sekaligus konsep bagi setiap orang sehingga dapat memperluas pergaulannya.

Media ini juga dapat membantu seseorang dalam upayanya untuk memeroleh pemahaman terkait dengan orang lain ataupun adat istiadat.

Manfaat Media Audio Visual

Media audio visual memiliki beberapa manfaat dalam penggunaannya. Berikut beberapa manfaat dari media berbasis audio visual:

  • Tidak membosankan dalam artian audio visual memiliki variasi film, animasi 3D atau 4D, dokumenter, dan konten lainnya membuat siswa tidak bosan saat belajar. Hal ini dapat menghasilkan konten yang menarik bagi siswa.
  • Dengan menggunakan media audio visual dapat mendorong rasa keingintahuan dengan konten audio-visual yang menarik dan mencakup gambar yang dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat anak-anak dan mendorong mereka untuk ingin tahu lebih banyak.
  • Mempermudah dalam menyajikan, menerima pembelajaran, ataupun informasi serta dapat menghindarkan salah pengertian.

Ciri-Ciri Audio Visual

Audio visual tidak lepas dari yang namanya teknologi. Teknologi audio visual merupakan sebuah cara untuk menampilkan materi dengan menggunakan mesin mekanis serta elektronik dalam penyampaian pesan audio dan visual.

Contoh dari teknologi audio visual ini adalah proyektor film atau tape recorder. Ada beberapa ciri utama dari teknologi media audio visual:

  1. Bersifat linier.
  2. Menyajikan visual yang dinamis atau selalu berubah dan bergerak.

  3. Representasi fisik dari sebuah gagasan yang nyata atau abstrak.
  4. Diterapkan dengan cara yang telah digunakan oleh perancang sebelumnya.
  5. Dikembangkan berdasarkan pada prinsip psikologis kognitif dan behaviorisme.

Kelebihan & Kekurangan Audio Visual

Setelah mengetahui manfaat dan ciri-cirinya di bagian sebelumnya, mimin akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari media audio visual. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

1) Meningkatkan minat dan motivasi

Media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Penggunaan media yang menarik seperti video dan animasi dapat membuat proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.

2) Mempermudah pemahaman

Pembelajaran melalui audio visual dapat membantu mempermudah pemahaman materi karena dapat memperkuat input informasi yang disajikan kepada otak. Adanya gambar, video, atau animasi dapat memperjelas konsep dan memudahkan siswa untuk mengingatnya.

Itu dua kelebihan utamanya, lalu di bawah ini adalah kekurangan pembelajaran melalui audio visual.

Kekurangan

1) Terbatasnya interaksi

Pembelajaran melalui audio visual memiliki keterbatasan di input informasi yang disajikan. Kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa dapat mempersulit pemahaman atau menjawab pertanyaan. Interaksi antara guru dan siswa sangat penting karena mempengaruhi pemahaman siswa akan suatu materi. Oleh karena itu, interaksi secara langsung juga harus menjadi pertimbangan

2) Keterbatasan ketersediaan

Pembelajaran melalui audio visual memerlukan peralatan khusus seperti televisi atau komputer yang bisa menjadi hambatan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran.

Terlepas dari kekurangannya, pembelajaran melalui audio visual bisa berpotensial dalam melaksanakan media pembelajaran yang efisien.

Sekian artikel mengenai pembelajaran audio visual. Ayo kunjungi situs blog Vocasia dengan menekan link di bawah ini!!

Home personal – Vocasia

Kursus menjadi youtuber pro vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *