Tanggal:21 July 2024
beauty vlogger

Beauty Vlogger: Tugas, Tanggung Jawab, Skill, Gaji dan Tipsnya

Dalam era digital yang semakin berkembang, industri kecantikan telah mengalami transformasi besar. Salah satu fenomena yang muncul adalah kehadiran beauty vlogger. Beauty vlogger adalah individu yang menggunakan platform digital, seperti YouTube atau Instagram, untuk berbagi pengetahuan, tips, dan tutorial seputar kecantikan.

Dalam artikel ini, minvo akan menjelajahi tugas, tanggung jawab, skill yang diperlukan, gaji yang mungkin didapatkan, serta beberapa tips untuk menjadi seorang beauty vlogger yang sukses. Tentunya artikel ini bersumber dari salah satu Beauty Vlogger yang ada di Vocasia

1. Pengertian

Beauty vlogger adalah seorang konten kreator yang fokus pada topik kecantikan. Mereka menggunakan media sosial dan platform berbagi video untuk mengunggah konten-konten terkait perawatan kulit, riasan wajah, produk kecantikan, dan tutorial kecantikan lainnya. Beauty vlogger memainkan peran penting dalam memberikan panduan dan inspirasi kepada penonton mereka.

2. Tugas dan Tanggung Jawab

Menurut Alinda Saskia Yugisthalia atau yang akrab disapa Alin salah satu 𝐘𝐨𝐮𝐭𝐡 𝐀𝐦𝐛𝐚𝐬𝐬𝐚𝐝𝐨𝐫 𝐨𝐟 @wardahbeauty serta salah satu mahasiswa Intrenship di Vocasia menyatakan, bahwa seeorang beauty vlogger memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab

Instagram: @yugisthalia

Tanggung jawab seorang beauty vlogger juga mencakup menjadi representatif dari merek skincare atau makeup tertentu. Sebagai seorang beauty vlogger, mereka memiliki peran sebagai influencer bagi para pengikutnya. Oleh karena itu, tanggung jawab mereka adalah memberikan informasi yang tulus dan jujur dalam ulasan terkait merek-merek produk tersebut dengan cara yang baik.

Sebagai seorang influencer, beauty vlogger memiliki peran penting dalam menciptakan kesadaran merek (brand awareness) yang jelas bagi penonton mereka. Melalui konten video mereka, beauty vlogger dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang dapat diharapkan dari produk tersebut. Hal ini juga dapat berdampak positif baik bagi para pengikutnya maupun merek kecantikan yang mereka promosikan.

Dalam melaksanakan tanggung jawab ini, penting bagi beauty vlogger untuk tetap mempertahankan integritas dan memberikan ulasan yang jujur. Mereka harus menghindari memberikan informasi yang menyesatkan atau merugikan konsumen. Tanggung jawab ini juga mencakup kerjasama dengan merek-merek kecantikan untuk mengembangkan konten promosi yang sesuai dengan visi dan nilai merek tersebut.

Sebagai beauty vlogger yang berpengaruh, mereka memiliki kesempatan untuk membentuk opini dan preferensi para pengikutnya. Oleh karena itu, mereka harus bertanggung jawab dalam membagikan informasi yang akurat, transparan, dan bermanfaat bagi penonton mereka. Dengan cara ini, beauty vlogger dapat membangun kepercayaan yang kuat dengan pengikutnya dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan merek kecantikan yang mereka promosikan.

Untuk tugas seorang beauty vlogger sendiri itu memberikan informasi yang ada dari beauty products dari sebuah brand, informasinya sendiri juga ada beberapa macam, seperti:

  1. Challenge
  2. Review Product
  3. Tutorial

Serta juga menjadi beauty vlogger itu secara tidak langsung memberikan awareness yang baik dari brand yang melakukan collab atau yang akan di up untuk keperluan konten serta meng-influence para audience/followers kita ✨

3. Skill

Bicara skills menjadi beauty vlogger, ini banyak sih. Bisa melihat dulu dari background masing masing orang yang mau memulai, mungkin ada yang ikut sekolah atau kuliah di dunia beauty/MUA. Ini jadi pegangan pertama tapi jangan khawatir kalau yang belum pernah sekolah seperti itu tetap bisa jadi beauty vlogger kok asal ada keinginan yang kuat! lalu skills content planning untuk bisa tergambar nnt nya up konten apa aja, lalu mau terus belajar hal baru (especially di beauty ya) terakhir harus bisa kreatif (ikutin tren yang lagi happening, dan tetap punya persona branding agar lebih baik) 😊

Selain itu Seorang beauty vlogger juga perlu mengembangkan beberapa skill penting untuk sukses dalam industri ini. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Keterampilan Komunikasi

Kemampuan berbicara dengan jelas dan efektif merupakan kunci utama dalam menyampaikan informasi dengan baik kepada penonton.

2. Pengetahuan Produk Kecantikan

Memahami berbagai jenis produk, merek, dan bahan-bahan yang digunakan dalam kecantikan adalah penting agar dapat memberikan ulasan dan rekomendasi yang informatif.

3. Keterampilan Editing Video

Mengedit video secara profesional akan meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan.

4. Kemampuan Membuat Konten Kreatif

Beauty vlogger harus dapat menghasilkan ide-ide segar dan kreatif untuk membedakan diri mereka dari yang lain.

5. Keahlian Dalam Membangun Hubungan Dengan Penonton

Interaksi positif dan responsif dengan penonton adalah kunci keberhasilan seorang beauty vlogger.

Untuk mengembangkan skill di atas, Vocasia adalah salah satu platform yang menyediakan kursus-kursus yang spesifik di bidang kecantikan dan media sosial. Dengan mengikuti kursus di Vocasia, seorang beauty vlogger dapat meningkatkan keterampilan mereka dan memperluas pengetahuan mereka tentang industri kecantikan.

4. Gaji

Gaji seorang beauty vlogger dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, seperti jumlah pengikut, popularitas, dan keterlibatan penonton. Beauty vlogger yang sukses dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan melalui beberapa sumber, termasuk iklan, endorsement, kolaborasi merek, penjualan produk kecantikan mereka sendiri, dan program afiliasi. Meskipun tidak ada angka pasti, beberapa beauty vlogger terkenal dilaporkan mampu menghasilkan pendapatan enam hingga tujuh digit dalam setahun.

5. Tips

Tips menjadi beauty vlogger menurut versi Alin ya, selama kurang lebih 1 tahun berjalan

  1. Mau mulai dulu buat konten dari yang kecil atau sesimple review skincare/makeup dan berkembang lagi nantinya
  2. Kedua kalau bisa itu kita suka or interest sama dunia beauty ini juga penting
  3. Ketiga, tanami mindset kita review suatu product yang tujuannya untuk influence para followers kita, bukan semata-mata mencari endorsement, *kalau ada yang ingin endorse ini jadi bonus
  4. Terakhir ini yang ga kalah penting harus konsisten buat konten yang mau di upload nya. 😉

Selain tips dari Alin, minvo juga ada beberapa tips yang bisa membantu sobat semua nih, diantaranya

  1. Temukan niche atau topik yang unik dan sesuai minat sobat.
  2. Buat konten yang berkualitas tinggi dan konsisten.
  3. Bangun interaksi yang positif dengan penonton melalui tanggapan dan kolaborasi.
  4. Gunakan media sosial dan platform lain untuk mempromosikan konten Anda.
  5. Jaga profesionalitas dan kepercayaan dengan mereview produk secara jujur dan transparan.
  6. Teruslah belajar dan tingkatkan skill sobat dengan mengikuti kursus-kursus di Vocasia atau platform pembelajaran lainnya.

Dengan dedikasi, kerja keras, dan pengembangan skill yang tepat, siapa pun dapat meraih kesuksesan sebagai seorang beauty vlogger. Penting untuk diingat bahwa kesuksesan tidak terjadi dalam semalam, tetapi melalui ketekunan dan dedikasi yang konsisten.

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *