Tanggal:13 May 2024
apa itu benefit

Benefit: Pengertian, Jenis, Faktor dan Contohnya Bagi Karyawan

benefit-adalah

Dalam dunia kerja, benefit atau manfaat merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kepuasan karyawan dan retensi tenaga kerja.

Benefit dapat berupa kompensasi tambahan yang diberikan kepada karyawan di samping gaji mereka.

Artikel ini akan menjelaskan pengertian benefit, jenis-jenis benefit yang umum diberikan oleh perusahaan, faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan benefit, serta memberikan contoh-contoh benefit yang biasanya diberikan kepada karyawan.

Apa Itu Benefit?

Benefit dalam konteks ini merujuk pada manfaat atau keuntungan tambahan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk kompensasi non-gaji.

Benefit yang diberikan kepada karyawan biasa disebut dengan employee benefit. 

Beberapa benefit yang diberikan perusahaan kepada karyawan biasanya sudah diatur dan berlandaskan hukum.

Namun, ada juga benefit yang diberikan sesuai dengan kebijakan dari perusahaan itu sendiri.

Benefit bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan motivasi karyawan, serta membantu perusahaan dalam menjaga dan menarik bakat-bakat terbaik.

Jenis-Jenis Benefit Karyawan

Ada beberapa jenis benefit yang didapatkan oleh seorang karyawan. Berikut beberapa jenis benefit yang perlu kalian ketahui, yaitu :

  • Benefit Secara Langsung, pertama keuntungan karyawan yang akan kamu dapatkan yaitu benefit secara langsung. Yaitu benefit berupa uang tunai bukan dalam bentuk barang. Contohnya gaji pokok, insentif, dan bonus dari perusahaan
  • Benefit Tidak Langsung, berbeda dengan benefit secara langsung benefit yang karyawan dapatkan sebagai tambahan selain uang. Contohnya asuransi kesehatan, jaminan hari tua, dan asuransi jiwa.
  • Benefit Non-Financial, adalah benefit yang tidak dapat menguntungkan karyawan dalam bidang keuangan atau bidang finansial.

Faktor Penentu Benefit

  • Kebijakan Perusahaan, kebijakan perusahaan dalam menentukan benefit berperan penting dalam menentukan jenis dan tingkat manfaat yang diberikan kepada karyawan.
  • Kondisi Keuangan Perusahaan, kemampuan keuangan perusahaan untuk memberikan benefit kepada karyawan menjadi faktor penentu dalam menentukan jenis dan tingkat manfaat yang dapat diberikan.
  • Kebutuhan Karyawan, menyesuaikan benefit dengan kebutuhan karyawan adalah faktor penting untuk meningkatkan kepuasan dan kesejahteraan mereka.
  • Pencapaian Karyawan, hal terakhir yang menjadi faktor penentu karyawan mendapatkan benefit adalah kinerja mereka sendiri. maka karyawan harus meraih suatu pencapaian dalam bidangnya. Penilaian pencapaian tersebut bisa dilihat dari tingkat produktivitas kerja.

Bentuk-Bentuk dan Contoh Benefit

  • Gaji Pokok, karyawan berhak mendapatkan imbalan berupa gaji tiap bulan. Selain gaji pokok ada juga imbalan harian seperti bonus atau tip.
  • Asuransi Kesehatan, memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya melalui program asuransi kesehatan yang disediakan oleh perusahaan.
  • Tunjangan Hari Tua (Pensiun), memberikan jaminan masa depan kepada karyawan melalui program pensiun atau dana pensiun yang disediakan oleh perusahaan.
  • Tunjangan Cuti, memberikan tunjangan tambahan selama periode cuti kepada karyawan.
  • Fasilitas, perusahaan akan menyesuaikan kebutuhan benefit fasilitas sesuai dengan posisi karyawannya. Contohnya seperti parkir gratis, akses tempat olahraga, kendaraan dan juga tempat tinggal.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang Benefit. Bagi Sobat Vocasia yang ingin mengetahui lebih banyak hal-hal yang berkaitan dengan Personal dan Career Development, kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas tentang Vocasia dan materi-materi yang mengedukasi lainnya. Yuk, mumpung lagi ada promo langsung aja daftar, yaitu caranya langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *