Tanggal:30 May 2024
bikin toko online

Cara Membuat Toko Online Mudah Untuk Pemula

Apakah sobat memiliki produk atau jasa yang ingin dijual secara online? Memiliki toko online dapat menjadi langkah yang tepat untuk memperluas jangkauan bisnis sobat dan meningkatkan penjualan. Meskipun terdengar menantang, membuat toko online sebenarnya tidaklah sulit, terutama bagi pemula yang ingin memulai. Dalam artikel ini, minvo akan membahas beberapa langkah mudah yang dapat sobat ikuti untuk bikin toko online sobat sendiri.

1. Rencanakan & Tentukan Produk

Sebelum memulai, pastikan sobat memiliki gagasan yang jelas tentang produk apa yang ingin sobat jual. Lakukan riset pasar untuk memastikan bahwa ada permintaan yang cukup untuk produk tersebut. Sobat juga perlu menentukan harga, keuntungan, dan strategi pemasaran untuk bisnis sobat.

2. Pilih Platform E-Commerce

Ada banyak platform e-commerce yang tersedia, seperti Shopify, WooCommerce, atau Magento, yang dapat membantu sobat membangun dan mengelola toko online sobat. Pilihlah platform yang sesuai dengan kebutuhan bisnis sobat. Pastikan platform yang sobat pilih mudah digunakan, memiliki fitur yang sobat butuhkan, dan menyediakan dukungan teknis yang memadai.

3. Pilih Nama Domain & Hosting

Nama domain adalah alamat online toko sobat, misalnya www.namatokoanda.com. Pilih nama domain yang relevan dengan bisnis sobat dan mudah diingat. Setelah itu, sobat perlu memilih penyedia hosting yang dapat menjalankan toko online sobat dengan lancar. Niagahoster dan Kencengsolusindo adalah dua penyedia hosting yang terkenal dan dapat diandalkan di Indonesia.

4. Desain Tampilan Toko Online

Tampilan dan desain toko online sobat harus menarik dan mudah dinavigasi. Pilihlah tema atau template yang sesuai dengan identitas merek sobat dan produk yang sobat jual. Pastikan tampilan toko online sobat responsif, sehingga dapat diakses dengan baik melalui perangkat seluler.

5. Tambahkan Deskripsi Produk & Foto Yang Menarik

Untuk setiap produk yang sobat jual, buatlah deskripsi yang informatif dan menarik. Gambarkan fitur-fitur produk, manfaatnya, dan tambahkan foto berkualitas tinggi yang memperlihatkan produk dengan jelas. Pastikan juga untuk memberikan informasi tentang harga, stok, dan opsi pengiriman.

6. Integrasi Pembayaran

Pastikan toko online Anda dapat menerima pembayaran secara online. Pilihlah penyedia pembayaran yang populer dan dapat diandalkan, seperti PayPal atau Tripay, dan terapkan integrasi pembayaran yang sesuai dengan platform e-commerce yang sobat gunakan.

7. Optimasi SEO

Agar toko online sobat dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari, lakukan optimasi SEO. Gunakan kata kunci yang relevan dalam deskripsi produk, judul halaman, dan meta tags. Buatlah deskripsi yang unik dan menarik untuk setiap produk sobat.

8. Promosikan Toko Online

Setelah toko online sobat siap, mulailah mempromosikan melalui media sosial, iklan online, atau email marketing. Manfaatkan platform-platform ini untuk meningkatkan visibilitas toko online sobat dan menarik pelanggan potensial.

Bikin toko online mungkin tampak menantang pada awalnya, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, sobat dapat memulai bisnis online sobat dengan mudah. Jika sobat ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan sobat dalam membangun toko online, minvo merekomendasikan mengikuti kursus “Membuat Website Toko Online dari 0 hingga Berhasil” bersama Kakanda Zyan di Vocasia. Kursus ini akan memberikan panduan langkah demi langkah dalam membangun dan mengelola toko online sobat. Kunjungi https://vocasia.id/home/course/membuat-website-toko-online-dari-0-hingga-berhasil/492 untuk informasi lebih lanjut.

bikin toko online

Selamat mencoba dan semoga sukses dalam membangun toko online sobat!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *