Tanggal:30 May 2024
Rekomendasi email marketing terbaik (pixabay.com/yourfreedesign)

5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik

Pengertian Email Marketing

digital marketing menggunakan email (sumber: Unsplash)

Email marketing adalah email yang berisi konten yang banyak dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan permasaran. Email tersebut berisikan pesan komersial yang dikirimkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan berupa informasi tentang produk, promo atau event yang sedang berlangsung. Tujuan marketing adalah membantu membangun relasi yang baik dan yang paling utama dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara lebih personal.

Baca Juga | 6 Tips Mudah Membuat Newsletter Marketing Dan Contohnya, Yuk Coba!

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan strategi marketing melalui email yaitu menggunakan email blast. Email blast merupakan teknik marketing dengan cara mengirimkan email kepada beberapa, bahkan banyak kontak email dalam waktu bersamaan dengan isi yang sama Pesan yang dikirim biasanya berupa diskon, newsletter, follow-up, atau hal lain yang berkaitan dengan marketing. 

Cara ini cukup diminati banyak pebisnis karena merupakan marketing yang efektif untuk mengirimkan pesan promosi kepada banyak pelanggan sekaligus itu. Cara marketing seperti ini juga efektif menarik pelanggan untuk berinteraksi dengan sebuah brand. Oleh karena itulah, email blast merupakan salah satu cara yang penting untuk menerapkan digital marketing 

Pentingnya Email Blast 

Pentingnya email blast (sumber: Pexels)

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu email blast merupakan cara yang cukup membantu dan keberadaannya sangat diperlukan dalam digital marketing. Email blast bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran untuk melakukan marketing daripada cara lainnya . Email blast juga meringankan pekerjaan karena marketer tidak perlu mengirim email promosi satu persatu kepada pelanggan. Selain itu, isi email dapat dipersonalisasi sesuai dengan minat pelanggan agar pesan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan mereka tertarik untuk bertransaksi. 

Aplikasi Email Marketing

Software email blast (sumber: Unsplash)

Active Campaign

ActiveCampaign adalah tool marketing all-in-one otomatis dengan berbagai fitur canggihnya. Hanya saja, penggunaan fitur-fitur tersebut terbatas jika Anda berlangganan paket lite. Bila memilih paket lite, Anda hanya bisa menggunakan formulir pendaftaran in-line untuk mengumpulkan kontak email. Lengkapi dengan field atau kolom tambahan untuk mengambil lebih banyak informasi kontak agar dapat dilakukan pengelompokkan.

Konten email ActiveCampaign mudah diatur dan dikelola sesuai keinginan Anda. Gunakan template atau buat dari awal. Tersedia juga editor email yang akan membantu Anda mengelola tampilan konten.

Ketika seseorang membuat akun atau berlangganan layanan Anda, sambutlah ia dengan mengirimkan email berseri. Melalui automation map, buat workflow pesan dan tinjau seberapa baik pesan tersebut saling terhubung.

Kirimkan pesan otomatis berdasarkan kriteria khusus yang sudah ditentukan. Dengan begini, email yang dikirimkan seolah dikhususkan untuk masing-masing kontak. Anda pun bisa mengirimkan pesan dalam jumlah tak terbatas bahkan bila paket yang digunakan adalah versi lite. Dapatkan reporting atau laporan yang mendetail. Cek email otomatis, percakapan, kampanye, kontak, penawaran, dan laporan ecommerce untuk membuat perencanaan yang lebih matang di kampanye berikutnya.

Baca Juga | Apa Itu Email Marketing Dan Seperti Apa Contohnya

Omnisend

Omnisend adalah salah satu email marketing tools baru. Namun, tool ini sudah menjadi salah satu software yang terbaik.Omnisend tidak hanya menawarkan fitur pengiriman email otomatis.

Tetapi, ada juga fitur tambahan berupa pengiriman SMS, notifikasi, bahkan integrasi dengan Google Ads, Instagram, Facebook Ads, Messenger, dan WhatsApp. Omnisend mengeluarkan klaim bahwa fitur-fitur tadi lebih memungkinkan untuk diklik oleh pengguna. Dengan menggunakan Omnisend, kamu tentu juga akan mendapatkan audience insight agar kamu dapat menyesuaikan isi pesanmu sesuai dengan perilaku dan kebiasaan audiens.

MailChimp

MailChimp merupakan penyedia layanan email marketing yang digunakan oleh jutaan bisnis bahkan perusahaan untuk mengirimkan email setiap harinya. aplikasi kirim email blast gratis ini memperkenalkan dirinya sebagai lembaga kajian (think-tank). Anda akan memperoleh insight berdasarkan data kampanye dan menerima saran atau tips khusus terkait langkah yang harus dilakukan ke depannya.

Versi gratisnya bisa digunakan selamanya dan Anda akan mendapatkan fitur-fitur dasar dengan nama brand MailChimp tertera di email. Di samping kampanye email, Anda juga bisa menerapkan strategi pemasaran lainnya untuk mencapai tujuan. Strategi tersebut bisa berupa landing page, formulir pop-up, dan postcard.

GetResponse

GetResponse merupakan penyedia layanan email marketing yang menjanjikan rate pengiriman sebesar 99% dan menawarkan tool marketing all-in-one. Software ini juga memiliki masa coba gratis 30 hari.

GetRespons dilengkapi dengan editor template drag-and-drop untuk mendesain dan mengatur tampilan newsletter, landing page, dan elemen marketing lainnya. Tersedia 500 template bawaan yang sudah didesain dan mudah dikustomisasikan. Untuk gudang gambarnya sendiri, software ini bekerja sama dengan shutterstock  dan menghadirkan 5000 gambar berlisensi yang bisa dijumpai di galerinya.

Aplikasi email marketing ini memiliki fitur otomatis (automation) dan autoresponder yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat dan mengirimkan email berseri setiap hari atau minggu. Dengan pengaturan waktu yang tepat, pengiriman email lebih optimal karena disesuaikan dengan waktu domisili kontak.

GetResponse juga memiliki Customer Relationship Management (CRM) yang akan memberikan  pemahaman lebih tentang hubungan dan interaksi yang terjalin antara Anda dan pelanggan. Integrasikan CRM dengan fitur pengaturan otomatis dan kirimkan email berseri berisikan pesan yang telah ditargetkan.

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Drip

Drip adalah layanan manajemen hubungan pelanggan ecommerce (ECRM) pertama di dunia. ECRM Drip memuat semua hal yang Anda butuhkan untuk mengenal pelanggan lebih jauh dan mendalam. Layanan ini menangani jutaan data dan hasilnya melampaui yang selama ini diberikan oleh CRM konvensional.

Manfaatkan kecanggihan push, pull, dan strategi marketing yang telah dipersonalisasikan. Dengan menggabungkan semua data poin, Drip akan menghubungkan jutaan data pelanggan dan menampilkannya di semua channel untuk menjalankan kampanye email di waktu yang tepat. Sistem scoring lead yang disediakan oleh penyedia layanan email marketing ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi pelanggan yang menjadi lead terbaik. Sistem ini akan mengumpulkan data berdasarkan level atau tingkat engagement.

Untuk menyempurnakan layanan otomatisnya, Drip memiliki pustaka aplikasi untuk integrasi bawaan (native). Integrasikan Drip dengan tool CRM, seperti Saleforce, tool bantuan pelanggan, seperti Drift, dan platfor Biaya berlangganan paket premium Drip sebesar 49 USD/bulan untuk paket basic dan 122 USD/bulan untuk paket pro. Sementara itu, untuk paket enterprise, harganya bisa disesuaikan. ecommerce populer, seperti Shopify, WooCommerce, dan lain-lain.

Baca Juga | Contoh Body Email Lamaran Kerja, Yuk Simak!

AWeber

AWeber merupakan salah satu penyedia layanan email marketing yang memiliki banyak fitur untuk menjalankan sebuah kampanye email. Pertama-tama, rekap semua data kontak atau pelanggan menggunakan tool buat formulir. Pada tool ini menyediakan banyak template yang bisa kamu sesuaikan dengan brand yang dimiliki. 

Lalu, edit dan atur tampilan konten menggunakan elemen grad and drop, setelah itu email langsung bisa dikirim. Tapi, alangkah baiknya kamu meninjau email tersebut untuk mengetes apakah tampilannya sudah pas dan bisa sampai di kotak masuk pelanggan. Selain itu, AWeber  juga memiliki fitur tracking untuk menganalisis tindakan yang dilakukan kontak. Lalu hasil ini akan memperlihatkan siapa saja yang membuka email, siapa yang mengklik link, dan berapa banyak orang yang jadi subscriber.

Baca juga | Kenali Apa Itu Landing Page, Fungsi, Dan Contohnya Untuk Memaksimalkan Website

ConverKit

ConverKit merupakan salah satu software dalam email marketing yang dibuat oleh dan untuk para creator. Software ini menawarkan interface user yang sederhana dan memiliki fitur yang paling dibutuhkan saja untuk marketing melalui email. Pertama-tama, buatlah formulir dan landing page lalu kumpulkan list subscriber atau penerima pesan tersebut. Lalu, pilih template yang tersedia di galeri atau buat template sendiri menggunakan elemen drag and drop.
Tampilkan formulir dalam tiga format yang berbeda yaitu inline, modal, dan slide in. Lebih baik kamu mengirimkan email yang menawarkan voucher atau kupon special sebagai trigger bagi para subscriber baru. Karena email selamat datang ini sengaja dibuat unik untuk meningkatkan engagementcontact dan link trigger akan menandai mereka kapanpun mereka mengklik link tersebut.

Edited by Romadhona S.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *