Tanggal:29 April 2024

7+ Jajanan Jadul yang Bisa Dijadikan Ide Bisnismu!

Jajanan jadul pastinya selalu dinantikan dan dirindukan oleh para pecinta makanan. Selain rasanya yang menggiurkan lidah, harganya pun cukup ramah di kantong. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaan jajanan jadul kian menghilang begitu saja. Padahal dahulu sangat populer pada masanya dan banyak digemari oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun.

Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai ladang bisnismu terutama dalam dunia kuliner. Tetapi, caranya gimana, ya? Kamu dapat mengembangkan jajanan jadul yang dahulu sempat populer. Tentunya agar masyarakat bisa bernostalgia dan berbondong-bondong ingin mencicipinya segera. Kamu bisa berjualan di tempat strategis yang ramai dilalui orang ataupun menjajakannya secara keliling dari satu daerah ke daerah lain menggunakan motor ataupun gerobak.

Nah, tentu saja rasa dari jajanan jadul sendiri membuat para penggemarnya tidak mau ketinggalan kesempatan. Siapa sih yang tidak tergiur dengan jajanan ini? Ingin tahu deretan jajanan jadul terenak dan populer? Yuk, kita intip beragam jenisnya. Dijamin bikin kamu akan ketagihan! Simak satu per satu hingga akhir, ya.

Jajanan Jadul yang Pernah Populer pada Masanya

Ilustrasi Penjual Jajanan (Pexels)

Kamu anak zaman sekarang yang belum mengetahui beraneka macam jajanan jadul? Tenang aja, ya. Vocasia akan sajikan rekomendasinya dan jangan lupa untuk kamu cicipi! Berikut adalah di antaranya:

1. Cenil

Rekomendasi jajanan jadul yang pertama berasal dari Jogja. Camilan ini penuh beragam warna dan bernama cenil. Jajanan ini sudah ada sejak zaman dahulu, lho. Pasti orang tua kamu semua sering mencicipinya. Cenil memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari pati ketela dan tepung kanji ataupun tapioka. Camilan ini kurang lengkap bila tidak ada taburan kelapa parut dan saus gula merah. Sensasi rasa gurih dan manis yang menyatu pada hidangan ini dan sangat menggiurkan lidah penikmatnya. Pada awalnya, cenil bukan termasuk jajanan. Tetapi, ia merupakan makanan alternatif pengganti makanan pokok bagi masyarakat yang sedang dilanda kesulitan.

2. Permen Jagoan Neon

Manisan Permen (Google)

Ketika permen jadul ini pertama kali muncul pada masanya, seluruh masyarakat, khususnya anak-anak, langsung menyerbunya karena penasaran. Permen ini berwarna biru pekat dan memiliki rasa yang manis. Keunikan warna biru pada permen ini bisa membekas di lidah dan seluruh bagian mulut kita, lho. Namun, hal tersebut aman kok. Jadi, kamu tak perlu risau saat mengonsumsinya karena produsen permen Jagoan Neon menggunakan pewarna makanan yang aman. Kemasan yang ada dalam permen tersebut bergambar seorang hero yang di senangi anak-anak.

3. Rambut nenek

Jajanan satu ini sangat populer hingga sekarang. Ia sering dijual di pasar malam ataupun di tempat wahana permainan. Rambut nenek sangat digemari semua orang. Ternyata jajanan manis ini memiliki penyebutan nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya rambut nenek, gulali, atau juga arumanis. Makanan yang berbahan dasar gula pasir ini biasanya disajikan dengan kerupuk tawar berbentuk lingkaran yang disajikan di atas dan bawah. Lalu, bahan tersebut diproses sedemikan rupa dan terciptalah serat-serat manis yang berbentuk seperti rambut. Variasi warnanya ada merah muda, oranye, hijau, dan kuning. Jajanan ini selalu menjadi incaran anak-anak saat bermain.

4. Biskuit kembang gula

Cemilan Manis (Pixebay)

Apa yang terlintas di benakmu saat pertama kali melihat gambar biskuit di atas? Apakah cara memakannya yang khas dengan menyantap kembang gula yang penuh dengan warna-warni terlebih dahulu, baru kemudian memakan biskuitnya? Jika iya, berarti kamu sudah masuk zona nostalgia masa kecil, nih. Memang jajanan satu ini memiliki ciri khas tersendiri ketika orang menyantapnya. Jajanan ini cocok banget disantap kala menemanimu sambil nonton drakor.

5. Kue rangi

Selanjutnya, kue rangi atau sagu rangi yang merupakan makanan tradisional khas Betawi. Kue rangi terbuat dari campuran tepung sagu dan kelapa parut. Tak lupa ia disajikan bersama dengan kinca gula (cairan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung sagu). Kamu termasuk tipe yang menyantap kue bersamaan dengan kinca gula atau tipe yang menyantapnya secara terpisah, nih?

Baca juga: 15 Makanan Khas Lebaran Di Indonesia, Ada Favoritmu?

6. Es gabus

Jika kamu termasuk dalam generasi tahun 90-an, tentu sudah kenal dengan es gabus lembut yang dibuat dari tepung hunkwe, bukan? Seiring berlalunya waktu, es gabus kini dibuat dengan berbagai aneka rasa dan juga warna. Saat ini banyak kreasi unik dengan menambahkan sari buah pada es gabus ini. Sangat menggoda sekali saat disantap ketika siang hari.

7. Surabi

Jajanan berikutnya dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku dari tanah liat. Ia terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan santan kelapa. Soal cita rasa dan penyajiannya tak perlu diragukan lagi. Jika dulu hanya tersedia rasa asin dan manis, sekarang sudah beraneka rasa.  Penyajiannya sendiri dapat ditambahkan saus kinca, saus durian, dan lain sebagainya. Dahulu topping khas dari surabi hanya mengandalkan kelapa dan pandan. Namun, sekarang lebih bervariasi rasanya.

8. Es Tong-Tong

Minuman Jadul Segar (Google)

Jika nama es tong-tong bagi kamu terdengar asing, mungkin kamu tahu es puter, es dung-dung, es dong-dong, atau es tung-tung? Dulunya es yang sama seperti es krim ini dijual dengan cara berkeliling di desa atau ngetem di sekolahan, lho. Ciri khasnya yaitu menggunakan contong atau cone yang digunakan sebagai wadah es krim.

9. Jajanan permen rokok

Bagi kamu yang lahir tahun 90-an tentu pernah menikmati jajanan permen manis berbentuk rokok ini. Jajanan ini masih dijual di beberapa toko online dengan berbagai pilihan warna. Ketika mencobanya, kamu akan diberikan sensasi rasa manis. Isian permen ini adalah serbuk cokelat yang aman untuk dikonsumsi.

Itulah deretan jajanan jadul yang bisa kamu jadikan ide bisnis supaya mendapatkan cuan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, ya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *