Tanggal:21 February 2024

7 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Air dari Telinga

Siapa di antara kalian yang pernah kemasukan air telinganya? Pasti sangat mengganggu dan pendengaran kalian seperti terpendam, bukan? Hal ini kerap terjadi ketika kita sedang berenang ataupun setelah mandi. Hal tersebut akan menimbulkan rasa tak nyaman dan nyeri di dalam telinga. Untuk mengatasinya, banyak orang melakukan cara apa pun agar bisa segera mengeluarkan air dari telinga tersebut.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Cara menghilangkan air di telinga yang paling mudah dan sering dilakukan adalah dengan menggoyangkan dan menghentakkan kepala. Namun menurut para peneliti dari Cornell University, saat seseorang berusaha mengeluarkan air dari dalam telinga dengan cara tersebut bisa berakibat kerusakan pada otak, lho. Sayangnya, terkadang air yang masuk ini tak dapat keluar dengan mudah dan membutuhkan waktu yang lama sampai air di telinga kita keluar dan terasa benar-benar lega.

Jika air tak kunjung keluar selama dua hingga tiga hari, alangkah baiknya temui dokter THT. Tentunya agar bisa ditindaklanjuti masalah tersebut. Selain itu, kalian dihimbau jangan sesekali mencoba memasukkan cotton bud dan benda apa pun karena hanya meningkatkan risiko infeksi. Lantas, bagaimana cara menghilangkan air di telinga yang bisa kita lakukan? Kalian tak perlu panik, ya. Yuk, simak tips dari Vocasia selengkapnya berikut ini!

Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Mengatasi Telinga Kemasukkan Air (Pixebay)

Cara menghilangkan air di telinga harus dilakukan dengan metode dan langkah yang tepat. Bila caranya salah, justru bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius bahkan bisa terinfeksi. Berikut cara yang bisa kalian terapkan, di antaranya:

1. Teteskan obat telinga

Penanganan pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan obat tetes telinga. Pada umumnya, obat tetes untuk telinga berbahan dasar alkohol. Tetapi, kalian juga bisa membeli obat tetes telinga yang mengandung hidrogen peroksida. Namun, jangan memakai hidrogen peroksida ini jika kalian mengalami gendang telinga pecah ataupun infeksi telinga bagian luar, ya!

2. Gerakkan rahang dan mulut

Saluran sempit yang menghubungkan rongga telinga dengan bagian belakang lubang hidung bisa tersumbat dan membengkak sehingga air semakin sulit keluar. Ketika kalian melakukan peregangan mulut dan rahang seperti mengunyah dan menguap, hal itu dapat membantumu melegakan saluran yang tersumbat ini. Cobalah untuk menggerakkan rahang dan mulut sampai telinga kalian terasa normal kembali seperti sedia kala.

3. Kompres air hangat

Ilustrasi Kompres Air (Pixebay)

Kompres air hangat juga bisa membantu kalian mengeluarkan air dari telinga. Berikut cara yang bisa kalian ikuti:

  • Basahi kain berbahan lembut dengan air hangat (tidak perlu sampai panas berlebih) dan peras hingga air tidak menetes dari kain kompres.
  • Miringkan kepala ke sisi telinga yang bermasalah lalu tempelkan kompres pada bagian luar telinga.
  • Diamkan selama kira-kira 30 detik dan lepaskan.
  • Lalu, tunggu selama satu menit sebelum mengompresnya lagi.

Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak empat hingga lima kali. Jika air belum keluar juga dari telinga setelah dikompres air hangat, kalian bisa mempercepat prosesnya dengan teknik berbaring.

Baca juga: 7+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Bye Perut Buncit!

4. Hisap air menggunakan telapak tangan

Untuk mengeluarkan air, coba miringkan kepalamu ke sisi telinga yang sedang mengalami masalah. Selanjutnya, gunakan telapak tangan kalian untuk menutup telinga yang tersumbat air. Buatlah seolah kepala kalian bersandar pada telapak tangan tersebut. Gosokan telapak tanganmu pada telinga dengan gerakan naik turun agar permukaannya terasa lebih datar. Tekan telinga kalian sekuat mungkin lalu lepas dengan cepat sampai kalian merasakan sensasi hisapan pada telinga. Air yang terjebak dalam telinga akan segera terisap keluar.

5. Menggunakan larutan cuka berbahan alkohol

Ketika ada sumbatan, kotoran telinga mungkin menjadi salah satu faktor penyebab air bisa masuk ke telingamu. Oleh karena itu, cara menghilangkan air di telinga selanjutnya adalah dengan menguraikan sejumlah gumpalan kotoran telinga (serumen). Berikut cara yang bisa kalian lakukan untuk meracik dengan mudah obat tetes rumahan untuk mengatasi telinga kemasukan air.

  • Campurkan cuka berbahan alkohol dalam takaran yang seimbang, kira-kira dengan perbandingan 1:1.
  • Teteskan sebanyak tiga sampai empat tetes pada telinga yang kemasukan air.
  • Lakukan pijatan ringan bagian luar telingamu.

Jika air sulit keluar dari telinga kalian karena tersumbat gumpalan tersebut, cuka akan membantumu memecahkan gumpalan membandel ini. Sementara itu, alkohol bisa mempercepat proses penguapan air yang terjebak dalam telinga. Sehingga, air yang ada di telinga segera keluar tanpa waktu yang lama.

6. Memakai hair dryer (pengering rambut)

Pengunaan Hair Drayer (Freepik)

Hair dryer atau pengering rambut ternyata bisa digunakan untuk mengeluarkan air yang masuk di telinga. Caranya yaitu dengan mengarahkan hair dryer dengan kecepatan udara dan suhu rendah ke telinga yang sedang tersumbat. Beri jarak sekitar 30 cm dan keringkan menggunakan gerakan mendekati dan menjauhi telinga yang kemasukan air. Selain itu, kalian juga bisa menggoyangkan cuping telinga. Udara panas yang ditiupkan ke sekitar telinga diketahui bisa membuat air yang masuk lebih cepat menguap, lho.

7. Lompat sembari memiringkan kepala

Hal ini menjadi salah satu tips paling populer untuk menghilangkan air yang masuk ke telinga. Pasti banyak dari kalian yang sering melihat seseorang melompat di kolam renang atau pantai sambil memiringkan kepala mereka. Cara ini memang terkadang efektif, tapi berbaring pada sisi telinga yang kemasukan air lebih aman dibandingkan dengan cara ini.

Melompat dengan kepala dimiringkan ke satu sisi dapat membuat kalian pusing hingga kehilangan keseimbangan. Apalagi jika teknik ini dilakukan oleh anak-anak yang belum memiliki keseimbangan sempurna. Jadi, teknik ini hanya cocok diterapkan untuk orang dewasa, ya.

Nah, itulah deretan cara menghilangkan air di telinga. Kalian bisa mempraktikkannya secara langsung. Ketika telinga kalian kemasukan air, sebaiknya hindari memasukan apa pun untuk mengeluarkannya. Dikarenakan hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi lainnya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *