Tanggal:16 May 2024

Perlu diingat bahwa cara berkomunikasi merupakan salah satu poin penting dalam penilaian untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Namun sebagai fresh graduate atau intern yang belum memiliki pengalaman ini sering menganggap remeh hal tersebut. Salah satunya adalah disaat teman-teman mendapat email balasan berupa undangan interview ataupun yang lainnya.

Jadi pastikan juga bahwa email balasanmu tertulis dengan kalimat yang baik dan benar. Berikut 5 Template Balasan Email pada proses wawancara sebagai berikut:

Konfirmasi Hadir Interview

Subject Email: Konfirmasi Kehadiran Wawancara

Yth. Bapak/Ibu [Nama Rekruiter]

Dengan hormat,

Saya, [Nama lengkap], telah menerima undangan untuk menghadiri wawancara kerja pada [tanggal] pukul [waktu] di [nama perusahaan]

Melalui email ini, saya ingin konfirmasi bahwa saya akan hadir pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bertemu dengan Bapak/Ibu. 

Saya sangat bersemangat dan optimis tentang prospek bekerja di [nama perusahaan]. Besar harapan saya dalam wawancara kerja ini akan memberikan kesempatan untuk lebih memperjelas kualifikasi saya sebagai kandidat yang potensial.

Saya sangat mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan saya berharap dapat bertemu dengan Bapak/Ibu saat wawancara kerja tersebut.

Hormat saya,

[Nama kamu]

[No HP yang bisa dihubungi]

Menolak Undangan Interview

Subject Email: Konfirmasi Tidak Hadir Wawancara

Yth. Bapak/Ibu [Nama Rekruiter]

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya saat mengajukan lamaran kerja dan mengikuti proses seleksi di perusahaan Bapak/Ibu. Saya sangat menghargai atas waktu dan perhatian yang diberikan oleh Bapak/Ibu.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan permintaan maaf karena saya harus menolak tawaran interview pada [tanggal dan waktu interview]. Setelah mempertimbangkan sebelumnya, saya telah memutuskan untuk mengejar kesempatan lain yang lebih sesuai dengan keahlian saya saat ini.

Saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan sebelumnya. Saya juga berharap perusahaan Bapak/Ibu dapat menemukan kandidat yang cocok untuk posisi ini. Dan jika di kemudian hari saya diberikan kesempatan kembali, saya akan mempertimbangkan dan mengajukan lamaran kembali.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan Tim Rekruiter.

Hormat saya,

[Nama kamu]

[No HP yang bisa dihubungi]

Reschedule Jadwal Interview

Subject Email: Permintaan Mengubah Jadwal Wawancara

Yth. Bapak/Ibu [Nama Rekruiter]

Sebelumnya, terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti wawancara [nama posisi] di [nama perusahaan]. Sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat bergabung pada pertumbuhan perusahaan Bapak/Ibu.

Saya ingin mengucapkan permintaan maaf bahwa saya ingin meminta perubahan jadwal wawancara yang telah dijadwalkan pada [tanggal dan waktu interview]. Adapun demikian karena pada tanggal tersebut saya memiliki [alasan berhalangan]. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, saya juga sangat terbuka apabila Bapak/Ibu memiliki pilihan lain.

Terima kasih sebelumnya atas pengertiannya, besar harapan saya untuk dapat mengikuti wawancara tersebut bersama Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Nama kamu]

[No HP yang bisa dihubungi]

Ucapan Terima Kasih Setelah Proses Interview

Subject Email: Ucapan Terima Kasih

Yth. Bapak/Ibu [Nama Rekruiter]

Terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk berbincang dengan saya terkait [nama posisi yang dilamar] pada [waktu interview].

Sebuah kehormatan bagi saya yang telah diberikan kesempatan untuk mengenal [nama perusahaan] dana [posisi yang dilamar]

Saya sangat tertarik dengan [posisi yang dilamar] di perusahaan Bapak/Ibu.  Saya juga merasa pengalaman kerja yang saya miliki sudah sesuai sebagai kandidat yang ideal pada posisi tersebut.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kesempatannya yang diberikan. Jangan ragu juga untuk menghubungi saya untuk informasi tambahan.

Hormat saya,

[Nama kamu]

[No HP yang bisa dihubungi]

Ucapan Terima Kasih Jika Tidak Lolos Interview

Subject Email: Ucapan Terima Kasih

Yth. Bapak/Ibu [Nama Rekruiter]

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengikuti proses seleksi di perusahaan Bapak/Ibu. 

Meskipun saya sangat menyesal karena tidak berhasil mencapai tahap selanjutnya dalam proses seleksi. Saya sangat menghargai waktu dan perhatian yang telah diberikan Bapak/Ibu. 

Disini saya ingin menekankan bahwa saya masih tertarik untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga sangat berharap akan ada kesempatan di lain waktu. Saya yakin masukan yang diberikan sebelumnya akan dapat meningkatkan kualifikasi dan kemampuan saya.

Terima kasih sekali lagi atas kesempatan ini dan besar harapan saya untuk bergabung ke perusahaan Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Nama kamu]

[No HP yang bisa dihubungi]

Dari Penjelasan di atas gimana? apakah sudah sedikit terbayang tentang balasan email yang baik? Jika masih bingung bisa kunjungi link berikut https://bit.ly/3OZbh3C untuk mendapat pelatihan skill dalam persiapan sebelum kerja atau bisa kunjungi juga ke vocasia.id untuk mengikuti kursus lainnya

Penulis : Elsha Eriadisvi – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *